Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom yang Perlu Diketahui

Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom
Ilustrasi Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom. Foto Istimewa

Perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom ini sangat berhubungan dengan hereditas. Seperti yang kita ketahui bersama jika makhluk hidup memiliki karakteristik yang terpengaruh oleh induknya.

Oleh sebab itu, bisa mengandung pengertian jika setiap organisme mempunyai tampilan yang berbeda dengan organisme yang lain meskipun dalam satu spesies. Terdapat pula beberapa perbedaan dari fisik yang masuk ke dalam kategori kelainan atau abnormal.

Biasanya, hal tersebut terjadi penampilan yang tak seperti spesies pada umumnya. Dapat menjadi contoh fisik abnormal adalah ular berkepala dua, sapi berkaki lima, dan seterusnya. Kejadian tersebut adalah akibat adanya mutasi.

Baca Juga: Mutasi Genetik Langka Terjadi Pada Tubuh Manusia

Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom

Melansir dari Wikipedia, mutasi adalah perubahan pada material genetik. Baik pada tingkatan gen atau juga pada tingkatan kromosom. Mutasi yang terdapat pada tingkatan gen dapat kita sebut dengan mutasi titik.

Sedangkan, mutasi yang ada pada tingkatan kromosom biasa kita kenal dengan aberasi. Akan tetapi, perubahan atau mutasi tak selalu mengandung pengertian yang negatif. Tentang teori evolusi, peran mutasi sangat penting sebagai bahan utama dari variasi genetik.

Mutasi juga dapat turun-temurun dari generasi ke generasi. Mutasi pada gen bisa mengarah ke munculnya alel yang baru serta menjadi dasar adanya berbagai variasi baru pada tiap spesies. Proses ini terjadi pada frekuensi yang rendah, pada umumnya hanya terjadi dengan rasio 1:10.000 individu.

Perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom juga berupa mutasi yang terjadi di alam. Mutasi yang ada dalam alam bisa muncul karena zat pembangkit mutasi yang kita kenal dengannya nama mutagen (termasuk karsinogen).

Kemudian, juga terjadi karena adanya pengaruh radiasi surya, radioaktif, sinar UV, hingga loncatan energi listrik, misalkan petir. Lalu, individu yang mengalami perubahan tersebut dapat kita sebut dengan mutan.

Baca Juga: Mutasi Baru Virus Corona, Dapat Menular 10 Kali Lebih Cepat

Mutasi Gen

Mutasi ini dapat kita kenal juga dengan nama mutasi titik, yakni sebuah perubahan pada basa N dari RNA atau DNA. Jenis mutasi ini relatif sering terjadi, akan tetapi efeknya bisa berkurang oleh mekanisme tentang pemulihan gen.

Perubahan pada gen ini akan berakibat pada urutan asam amino protein. Kemudian, juga menyebabkan berkurang atau hilangnya fungsi dari enzim. Teknologi saat ini membuat masker dengan mengandalkan mutasi gen atau mutasi titik ini.

Perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom tersebut berguna dalam mempelajari perubahan pada gen yang kemudian akan berkaitan dengan perubahan fenotipe. Contoh dari mutasi gen berupa reaksi adenin dengan asam nitrit hingga menjadi hipoxanthine.

Zat ini akan berada pada posisi adenin yang asli serta menjadi pasangan sitosin (bukan dengan timin). Kemudian, mutasi frame sit atau framing error juga terjadi saat setelah terjadi transkripsi dari sintesis protein. Ketika nukleotida tambahan telah terpasang atau menyisip pada untai pembongkaran DNA.

Lalu, juga terdapat kemungkinan nukleotida yang hilang dari urutan tersebut. Kemudian terjadi pembatalan setelah adanya transkripsi. Mutasi ini terjadi bisa sebagai inersi atau juga delesi.

Baca Juga: Temuan Mutasi Virus Corona di Indonesia, Benarkah Tidak Lebih Ganas?

Mutasi Kromosom (Aberasi)

Aberasi atau mutasi kromosom juga sering kita sebut dengan mutasi besar. Perubahan ini merupakan perubahan pada jumlah kromosom serta susunan gen pada kromosom.

Perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom juga dapat kita lihat dari pengertian ini. Mutasi ini juga sering terjadi akibat kesalahan meiosis serta sedikit mitosis. Terdapat tiga macam yang utama dalam mutasi ini, yakni duplikasi, inversi, serta delesi.

Saat bagian tertentu dalam untaian DNA akan melakukan penggandaan, maka jumlah gen dalam kromosom juga akan meningkat. Kemudian, hal ini mengakibatkan kedua perubahan numerik dan struktural pada kromosom.

Inti Perbedaan Kedua Mutasi

Setelah terdapat beberapa penjelasan tentang kedua perubahan atau kedua mutasi berdasarkan tingkatannya tersebut, maka dapat dapat kita ambil kesimpulan tentang perbedaan keduanya.

Perbedaan keduanya juga dapat kita ketahui dari urutan nukleotida. Mutasi gen merupakan suatu perubahan dalam urutan nukleotida, dalam sel tertentu. Sementara itu, perubahan kromosom merupakan suatu perubahan yang ada dalam beberapa gen dalam kromosom.

Dalam mutasi ini terdapat pada perubahan struktural yang terjadi. Jika dalam mutasi titik terdapat sedikit perubahan pada struktural, maka mutasi kromosom terjadi perubahan, baik struktural atau numerik, dalam semua untaian DNA.

Lalu, jika perubahan gen adalah sebuah perubahan kecil, maka perubahan kromosom dapat kita perkirakan sebagai perubahan yang besar dan serius. Dalam gen dapat kita perbaiki, namun dalam perubahan kromosom tidak bisa kita koreksi. Sehingga, perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom dapat kita ketahui dengan adanya perubahan struktural keduanya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang