Percepat Zero Covid-19, Pemdes Karangkamulyan Ciamis Perketat 3M

Zero Covid-19
M Abdul Haris, Kepala Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kecamatan Cijeungjing menjadi wilayah paling banyak warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tercatat sebanyak 17 orang positif Covid-19 berdasarkan hasil swab. Karena itu untuk mempercepat menjadi wilayah zero Covid-19, seluruh kepala desa terus melakukan penanganan di wilayah desa masing-masing.

Seperti halnya Desa Karangkamulyan yang terus mengimbau warga supaya tetap menjalankan protokol kesehatan 3M. Program 3M ini yakni, Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir).

“Kami bersama perangkat desa dibantu oleh RT/RW kepala dusun dan karang taruna terus berupaya mengingatkan warga Karang Kamulyan setiap hari. Supaya mereka mengerti dan patuh terhadap aturan pemerintah dalam menjalankan program 3M,” ungkap Kepala Desa Karangkamulyan M Abdul Haris, Senin (26/101/2020).

Haris melanjutkan, agar warga tetap patuh pada peraturan, maka pihaknya di setiap RT dan RW memberikan imbauan penanganan Covid-19 melalui spanduk. Selain itu sosialisasi juga disampaikan langsung oleh ibu-ibu Posyandu dalam setiap acara.

Karena, kata Haris, untuk penanganan pandemi Covid-19 ini dibutuhkan kerjasama semua pihak baik warga dan juga pemerintah Desa itu sendiri. Terlebih untuk wilayah Kecamatan Cijengjing tertinggi kasus dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Saya di berbagai kegiatan yang dilakukan Desa Karang Kamulyan bersama warga masyarakat, terus menyosialisasikan terkait penanganan Covid-19. Dengan begitu program 3M dan protokol kesehatan terus dijalankan,” jelasnya.

Haris mengatakan, agar warga Desa Karangkamulyan tidak terpapar Covid-19, yang harus dilakukan yaitu terus menjalankan hidup sehat dan bersih setiap hari. Serta tidak lupa memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan setiap hari dan menghindari kerumunan atau jaga jarak.

Imbauan Bagi Pedagang Obyek Wisata Karangkamulyan

Selain itu, imbauan yang terus ditekankan pihak desa kepada seluruh pedagang yang ada di obyek wisata Karangkamulyan. Sebab tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar Ciamis.

“Perketat protokol kesehatan di tempat wisata dengan spanduk pemberitahuan. Sehingga setiap wisatawan bisa memahami peraturan di tempat wisata terlebih wisatawan dari luar Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Bahkan kata Haris, para pedagang juga diingatkan untuk membantu mengingatkan wisatawan yang datang supaya mereka ketika datang bisa melaksanakan 3M terlebih dahulu.

“Karena kami ingin untuk Kecamatan Cijeungjing segera jadi kawasan zero kasus Covid-19. Makanya kerja sama perlu dilakukan dalam melakukan penanganan,” tandasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu