Peringatan Sumpah Pemuda di Ciamis dengan Menanam 10 Ribu Porang

Peringatan Sumpah Pemuda di Ciamis dengan Menanam 10 Ribu Porang
Pemuda dari berbagai elemen di Kabupaten Ciamis memperingati sumpah pemuda dengan menanam porang. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020, DPD KNPI Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan “Ngebon jeung ngawangkong” dengan mengambil tema “Kebon hejo rakyat ngejo”, Rabu (28/10/2020).

Kegiatan peringatan sumpah pemuda ini di Agrowisata Cibungureun Leuwikeris, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar, Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan Darmawan, Anggota DPRD Ciamis Nurmutaqin. Serta beberapa organisasi mahasiswa Ciamis.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis, Tohirin, S,Pd mengatakan, pemuda KNPI bersama Karang Taruna, DPC PPPN Ciamis dan organisasi mahasiswa Ciamis melakukan kegiatan ngebon dan ngawangkon. Salah satu agendanya yaitu diskusi dan penanaman pohon porang.

“Ini bukti nyata kita para pemuda, pasalnya berkebun atau ngebon itu identik oleh orang yang sudah berusia tua. Padahal, pemuda juga harus bisa berkebun untuk kehidupan masa depan,” katanya.

Menurutnya, menanam pohon ini merupakan bagian dari peringatan sumpah pemuda. Maka, dari itu para pemuda jangan malu untuk terjun berkebun. Karena, dengan berkebun bisa menentukan ketahanan pangan masa depan.

“Jangan kita biarkan lahan kosong, maka dari itu mari kita penuhi lahan dengan sandang pangan. Apalagi masa pandemi ekonomi sangat turun drastis. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan kebun kosong untuk menanam pohon dan sandang pangan,” tuturnya.

Sementara itu, kata Tohirin, ngawangkon atau diskusi pada kegiatan hari ini. Pihaknya mengajak kepada seluruh pemuda dan masyarakat agar berpikir bagaimana agar ketahan pangan bisa tercukupi.

“Dalam peringatan sumpah pemuda ini, kita akan berdiskusi dengan rekan-rekan pemuda dan dari Pertanian, DPRD, serta akademisi. Sebagai upaya untuk sama-sama memikirkan tentang ketahanan pangan dan kemandirian pangan untuk kehidupan kita nanti,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang