Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPermudah Akses Petani, Wabup Ciamis Letakan Batu Pertama Pembangunan Jalan

Permudah Akses Petani, Wabup Ciamis Letakan Batu Pertama Pembangunan Jalan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meletakkan batu pertama pembangunan Jalan Tani, Dusun Pasirboma, Desa Werasari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (3/10/2020).

Kasman, sebagai ketua panitia sekaligus ketua kelompok Tani Sumber Ladang Andalan, mengaku, senang Wabup Ciamis hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan jalan tani tersebut.

Menurutnya, jalan yang dibangun sejauh 700 meter. Pembangunan jalan tersebut untuk mempermudah akses bagi para anggota kelompok tani Sumber Ladang Andalan.

Camat Sadananya yang hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan jalan tani tersebut mengatakan, tanah pertanian yang ada di Dusun Pasirboma sudah ditanami warga dengan berbagai macam tumbuhan.

“Luas lahan kurang lebih ada 24 hektar. Kelompok tani di sini menanami lahan tersebut dengan berbagai tanaman, seperti durian, kelapa semi kopyor, mangga sampai lengkeng. Sementara itu untuk proses pemasarannya sudah ada kerja sama dengan BUMDES Werasari,” katanya.

Sambutan Wabup Pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jalan

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis menyebut apa yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut sesuai dengan visi misi Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah Kelompok Tani Sumber Ladang Andalan ini sejalan dengan Visi Kabupaten Ciamis, yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera untuk Semua,” katanya.

Yana mengatakan, perkembangan ekonomi saat ini modal utamanya adalah pertanian. Apalagi Ciamis adalah kabupaten agraris. Mayoritas penduduknya sebagian besar adalah petani.

“Karena itu lahan pertanian seluas 24 hektar ini bisa dimanfaatkan sehingga punya nilah tambah. Nantinya akan meningkatkan kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Yana  menambahkan, tahun ini seharusnya visi misi Kabupaten Ciamis terealisasi. Namun terhambar lantaran anggaran banyak digunakan untuk penanganan Covid-19 yang berdampak pada semua sektor.

Meskipun begitu, Yana menegaskan akan memprioritaskan anggaran untuk pemulihan ekonomi.

“Komitmen kami pemulihan ekonomi menjadi prioritas. Karena itu jangan sungkan-sungkan untuk komunikasi dengan Dinas Pertanian. Karena sektor ini adalah salah satu sektor yang bertahan di tengah Covid-19 dibanding dengan sektor lainnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Yana juga mengingatkan masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Semakin disiplin, maka wabah akan segera cepat selesai. Sebaliknya jika tidak disiplin, wabah akan semakin lama, itu berarti ekonomi semakin turun,” tandasnya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -