Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan di Cafe Ciamis

Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan di Cafe Ciamis
Petugas mendatangi cafe di Ciamis saat penegakan protokol kesehatan 3M. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Diduga melanggar protokol kesehatan, petugas gabungan bubarkan kerumunan di sebuah cafe jalan Ir H Juanda Ciamis, malam Minggu (3/10/2020). Pembubaran ini sebagai langkah tegas dalam upaya mendisiplinkan masyarakat agar selalu menerapkan protkol kesehatan 3M.

Kapolsek Ciamis Kompol Nia Kurnia menegaskan petugas gabungan dari Polsek Ciamis, Satpol PP, TNI dan Petugas Kesehatan terus secara mobile melakukan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan. Terutama memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Tadi malam kami telah bubarkan kerumunan yang terjadi pada sebuah cafe Jalan Ir H Juanda Ciamis. Karena hampir setiap malam terutama saat malam minggu selalu berkerumun sehingga abai dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Nia kepada wartawan, Minggu (4/10/2020).

Nia pun menyatakan dalam situasi pandemi saat ini, setiap tempat hiburan, tempat makan sebaiknya membatasi tamu yang datang supaya tidak terjadi kerumunan. Pengelola cafe harusnya menaati imbauan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan, utamanya tidak ada kerumunan. Pasalnya, saat ini angka kasus Covid-19 Ciamis mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Kalau tidak taat menerapkan protokol kesehatan 3M maka kami dengan tegas langsung bubarkan kerumunan,” ucapnya.

Nia menyarankan kepada pengelola cafe atau pun rumah makan lebih banyak melayani take away atau tidak untuk makan pada tempat tersebut. Dengan upaya ini, tentunya membantu pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Kepada masyarakat sebaiknya pesan makanan lalu bungkus dan bawa ke rumah saja. Mari bersama-sama untuk mencegah penyebaran virus corona. Tentunya upaya-upaya seperti ini akan sangat bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetap jalankan protokol kesehatan, pakai masker dan tidak berkerumun,” pungkasnya. (Es/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

Aegis Boost Pro