Petugas TNI dan Polri Pantau Penggunaan Masker di Kota Banjar

Petugas TNI dan Polri melakukan pemantauan penggunaan masker di Kota Banjar. Foto: Hendra Irawan/HR.
Petugas TNI dan Polri melakukan pemantauan penggunaan masker di Kota Banjar. Foto: Hendra Irawan/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Petugas TNI dan Polri melakukan pemantauan penggunaan masker di Kota Banjar. Petugas TNI dari Koramil 1325 Langensari, serta petugas Polri dari Polsek Pataruman melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan dalam giat Operasi Yustisi, Selasa (13/10/2020).

Danramil 1325 Langensari, Mayor Inf. Agung Subekti, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk imbauan kepada masyarakat, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan hari ini kami yang mendampingi anggota Polsek Pataruman, serta beberapa petugas penegakan dan penindakan protokol kesehatan Kota Banjar. Kami melakukan pemantauan penggunaan masker di sekitar Alun-alun Banjar, pasar dan sekitarnya,” terangnya, kepada HR Online.

Pemantauan penggunaan masker merupakan kegiatan rutin petugas TNI dan Polri dalam mendukung penerapan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Kami dari Koramil 1325 Langensari sebagai tim penegak prokes melakukan kegiatan ini sebagai langkah habituasi atau pembiasaan kepada masyarakat, untuk tetap memakai masker,” kata Mayor Inf. Agung Subekti.

Bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker, maka akan kena sanksi sebagai efek jera. Namun, sanksinya tetap bersifat edukasi, seperti sanksi push up, menyanyikan lagu nasional, serta pembacaan teks Pancasila.

“Sanksi ini kami lakukan sebagai cara edukasi dalam menciptakan masyarakat untuk lebih cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan. Rata-rata yang terjaring dalam razia masker ini mereka sudah lupa dengan lagu-lagu nasional, ataupun lupa teks Pancasila,” katanya.

Mayor Inf. Agung Subekti, mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu merupakan salah satu upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Masyarakat harus selalu berprilaku hidup sehat. Ikuti himbauan pesan Ibu tentang 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan selalu menjaga jarak. Istirahat secukupnya, konsumsi makanan bergizi, tingkatkan keimanan dan ketakwaan, serta selalu berdo’a agar wabah ini segera berlalu,” pungkasnya. (HND/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro