PMI Ciamis Pastikan Stok Darah Aman Selama Pandemi Covid-19

Stok Darah Aman PMI Ciamis
Wakil Ketua Bidang Kebencanaan PMI Ciamis Ganjar M Yusuf. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- PMI Ciamis menyebutkan selama pandemi Covid-19 stok darah aman dan tidak terganggu. Sehingga pasien yang membutuhkan donor darah bisa dengan cepat terpenuhi.

Wakil Ketua Bidang Kebencanaan PMI Ciamis Ganjar M Yusuf mengatakan, kegiatan donor darah untuk yang datang ke PMI tidak terganggu. Sehingga para pendonor bisa dengan mudah datang ke PMI Ciamis.

“Meski sedang pandemi Covid-19, pendonor masih datang ke PMI Ciamis, tidak ada masalah. Sehingga stok darah aman, selalu ada. Artinya ketika ada pasien yang membutuhkan donor darah bisa segera terlayani,” ujar Ganjar kepada HR-Online, Senin (26/10/2020).

Ganjar melanjutkan, donor darah itu sifatnya rutin, sehingga tidak ada masalah meski pandemi covid-19 ini. PMI Ciamis juga terus berkomunikasi dengan Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan. Bahkan setiap kegiatan, PMI Ciamis juga terkoneksi dengan baik bersama BPBD.

Baca Juga: Pria asal Cikoneng Ciamis Ditemukan Tewas Membusuk di Kamarnya

Ganjar mengatakan tidak ada syarat khusus bagi para pendonor yang datang ke PMI. Misalnya harus membawa bukti rapid test dan itu tidak ada.

“Yang jelas sekarang stok darah aman, bahkan ketersedian darah buat Thalasemia PMI ciamis juga tidak pernah terganggu persediannya. Sebab itu demi kemanusian, tidak boleh tidak ada harus tetap tersedia,” jelasnya.

Ganjar mengakui, ada beberapa golongan darah yang persediaannya cukup sulit, seperti A plus, B plus dan AB plus. Sehingga ketika ada yang membutuhkan, PMI Ciamis selalu meminta bantuan dari daerah lain yang stok darah dengan kriteria tersebut ada.

Program PMI Ciamis pun berjalan dan terkendali dengan baik. Seperti ketika terjadi gempa bumi, pihaknya langsung terkoneksi dengan pihak BPBD Ciamis. Hal tersebut terkait penanganan apabila ada warga yang terdampak.

“Selama ini kegiatan PMI terus dapat dukungan dari Pemkab Ciamis. Maka dari itu kinerja yang dilakukan terus kita tingkatkan, terlebih dalam masalah ketersedian darah,” pungkasnya (Eli/R9/HR-Online)

Editor: Dadang