Puluhan Rumah Rusak Diterjang Bencana Longsor di Kalijaya Ciamis

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Bencana Longsor di Kalijaya Ciamis
Kondisi rumah yang rusak diterjang longsor di Ciamis, Jawa Barat. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, Senin (26/10/2020) malam, menimbulkan sejumlah kejadian. Bencana longsor melanda Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya, puluhan rumah rusak diterjang longsor.

Kepala Desa Kalijaya  Yosep Kurniawan membenarkan adanya kejadian bencana tanah longsor yang merusak puluhan rumah. Kondisinya rusak ringan 9 rumah dan rusak berat 1 rumah.

“Ada sepuluh rumah yang tertimpa longsor. Namun yang paling parah ada satu rumah. Sisanya hanya mengalami rusak ringan, ” katanya melalui Sambungan WhatsApp Selasa (27/10/2020).

Rumah yang mengalami kerusakan berat itu milik Darsim, warga Dusun Kaligamping RT 15 RW 04 Desa Kalijaya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana longsor ini. Hanya kerugain materil yang kini masih dalam tahap penghitungan.

“Rumah milik Darsim rusak parah akibat tertimpa longsor tebing. Keluarga saat ini sudah kami ungsikan ke rumah kerabatnya,” terangnya.

Pemilik rumah bersama warga dan aparat setempat kini bergotong royong membersihkan material tebing longsor tersebut.

Selain kejadian bencana puluhan rumah rusak rusak diterjang longsor. Hujan deras juga menimbulkan bencana banjir melanda wilayah Kecamatan Banjarsari dan Banjaraanyar. Banjir luapan beberapa sungai ini melanda 7 Desa di 2 Kecamatan.

Menurut informasi, siang ini genangan air mulai surut. Namun warga khawatir bila terjadi hujan deras, banjir luapan air dari sungai akan kembali terjadi. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang