Puskesmas di Ciamis Diminta Tingkatkan Layanan dalam Penanganan Covid

Puskesmas di Ciamis Diminta Tingkatkan Layanan dalam Penanganan Covid

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Drs. H. Wagino Thoyib, meminta Kepala Puskesmas di Kabupaten Ciamis meningkatkan layanan dalam hal penanganan covid-19.

Wagino mengungkapkan, pihaknya beberapa waktu terakhir ini mendapati informasi soal penutupan beberapa Puskesmas. Hal itu menyusul adanya tenaga kesehatan di Puskesmas yang terpapar covid-19.

“Kita perlu terus meningkatkan kewaspadaan dan juga penanganan yang ekstra. Terlebih di kecamatan yang banyak kasus positif covid-19,” katanya.

Menurut Wagino, Komisi D DPRD Ciamis merasa prihatin terhadap penambahan kasus positif covid-19. Pihaknya optimis, para petugas kesehatansetiap puskesmas melakukan upaya penanganan secara maksimal.

“Dinas Kesehatan perlu melakukan penutupan terhadap Puskesmas kalau ada perawat atau dokternya terpapar covid-19. Meski mengganggu pelayanan, akan tetapi kebijakan itu demi kebaikan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wagino juga meminta para Kepala Puskesmas di Ciamis untuk terus meningkatkan pelayanan dalam hal penanganan covid-19.

“Kepala Puskesmas harus lebih ketat kembali terutama saat melayani warga berobat. Sosialisasikan terus program 3M agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut Wagino, Puskesmas juga berhak mengetahui kehidupan sehari-hari masyarakat, terlebih kepada mereka yang sering bepergian keluar kota. Karena kelompok warga seperti ini harus mendapatkan perhatian khusus.

Selain kepada mitra Komisi D (Puskesmas di Ciamis), Wagino juga mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk program 3M.  

“Jangan lupa, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tandasnya. (Es/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi