Raja Galuh Ciamis Dinobatkan Sebagai Tokoh Budaya Nusantara

Tokoh Budaya Nusantara
Raden H Rasich Hanif Radinal saat menerima penghargaan di Kesultanan Cirebon, Sabtu (24/10/2020). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Raden Rasich Hanif Radinal, budayawan Ciamis, Jawa Barat menerima penghargaan dari Pangeran Raja Abdulgani Natadiningrat. Pangeran Raja Abudlgani Natadiningrat dari Kacirebonan IX tersebut menobatkan Raden Hanif sebagai Tokoh Budaya Nusantara.

Penghargaan juga diberikan kepada Raden Hanif sebagai Human Excelence 2020 dari Yayasan Peduli Anak Indonesia yang dipimpin oleh BRAy Erna Santoso. Pemberian penghargaan tersebut juga dalam rangka perayaan 75 tahun PBB.

Pemberian penghargaan di Kesultanan Cirebon pada Sabtu, 24 Oktober 2020 lalu itu, dihadiri oleh sejumlah Raja-raja nusantara, para budayawan, dan anggota Sarikat Dagang Indonesia. Terlihat hadir juga Wakil Walikota Tegal. Sementara motor penggerak acara ini adalah seorang pejuang perdamaian sekaligus sutradara film, Damien Dematra.

“Benar kemarin baru saja mendapatkan penghargaan. Semoga langkah dan niat kami ini dalam mempersiapkan generasi Indonesia utk 100 tahun Sumpah Pemuda 2028 dan 100 tahun Indonesia Emas 2045 mendapat Ridho Tuhan Yang Maha Esa. Tak luput terima kasih kepada semua sahabat. Persahabatan ini tak akan lekang oleh waktu,” ujar budayawan yang pernah dinobatkan sebagai Raja Galuh, Senin (26/10/2020).

Raja Galuh yang baru dinobatkan sebagai Tokoh Budaya Nusantara ini berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah dan akademisi untuk menjaga dan melestarikan adat tradisi budaya yang ada di nusantara.

Ia menyebut tradisi budaya merupakan sebagai aset, jati diri dan pemersatu bangsa dalam frame Bhineka Tunggal Ika. Salah satunya dengan mengusung adanya hari Budaya Nasional maupun Internasional. 

“Khusus sehubungan dengan Kebudayaan di Ciamis, budaya Kegaluhan adalah budaya yang sangat dikenal secara luas (international). Kegaluhan mempunyai nilai-nilai yang sangat adhiluhung. Sehingga kita patut berbangga dan menjadikan spirit dalam pembangunan kabupaten Tatar Galuh Ciamis,” pungkasnya.

Raden Rasich Hanif Radinal sendiri saat ini ditunjuk sebagai Plt Ketua Forum Silaturahmi  Keraton Nusantara (FKSN). Raden Hanif menggantikan jabatan ketua sebelumnya yakni PRA Arief Natadiningrat, Sultan Sepuh Cirebon yang meninggal beberapa waktu lalu. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu