Reparasi Tas Kulit yang Mengelupas dengan Cara Mudah dan Tepat

Reparasi Tas Kulit yang Mengelupas dengan Cara Mudah dan Tepat
Ilustrasi reparasi tas kulit yang mengelupas. Foto ist/net

Reparasi tas kulit yang mengelupas bisa anda lakukan dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa membantu tas tersebut cantik kembali.

Tas merupakan salah satu item fashion yang ada sejak dulu. Kebutuhan tas kini semakin banyak saja, apalagi untuk kaum wanita.

Banyaknya peminat membuat item fashion yang satu ini juga hadir dengan ragam pilihan. Banyak pilihan dari segi model, desain, warna, hingga pemilihan jenis bahan.

Salah satu yang banyak menjadi pilihan item fashion yaitu tas bahan kulit. Bahan yang satu ini memang cukup populer dan memiliki peminat yang banyak.

Selain mampu membuat tampilan terlihat elegan dan berkelas, bahan kulit juga memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi bahan tersebut terbuat dari kulit asli.

Namun, jika pemilihan bahan tas terbuat dari kulit sintetis, harganya cukup terjangkau. Sayangnya ketika anda gunakan, lama-kelamaan kulit sintetis tersebut bisa mengelupas.

Dengan adanya hal ini, anda butuh memberikan perawatan khusus agar bisa mengatasinya. Jika sudah terjadi, reparasi tas kulit yang mengelupas wajib anda lakukan.

Baca juga: Mencuci Tas Kulit Dilakukan dengan Tepat untuk Menjaga Kualitasnya

Ketika tas kulit yang anda kenakan tiba-tiba mengelupas, pastinya merasa kesal. Hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya yaitu karena penyimpanannya kurang tepat.

Reparasi Tas Kulit yang Mengelupas

Saat beraktifitas, sebagian besar wanita menggunakan tas sebagai aksesoris tambahan gaya penampilan. Selain itu, tas juga berfungsi membawa barang bawaan ketika pergi keluar rumah.

Hal ini membuat tas menjadi kebutuhan yang tidak bisa anda tinggalkan begitu saja. Tidak jarang saat ini banyak orang yang membeli tas untuk barang koleksi karena desain dan modelnya yang unik.

Agar tas awet, tentu perlu anda berikan perawatan yang tepat. Namun, merawatnya harus anda sesuaikan dengan bahan pembuatan tas. Salah satunya yaitu dengan merawat tas kulit.

Jenis item fashion yang satu ini memang perlu perawatan khusus. Reparasi tas kulit yang mengelupas bisa anda lakukan sendiri dengan beberapa cara.

Salah satu hal yang bisa membuat tas kulit mengelupas yaitu karena merawatnya yang salah. Jika item fashion yang anda miliki sudah terlanjur mengelupas, berikut ini langkah yang tepat dalam mengatasinya.

Keringkan Tas

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tas kulit yang mengelupas yaitu dengan mengeringkannya terlebih dulu. Keringkan dengan tisu atau bahan penyerap air.

Berhati-hatilah ketika mengeringkan bagian yang terkelupas. Jika masih tetap basah, anda bisa jemur di bawah sinar matahari langsung.

Membersihkannya

Bersihkan terlebih dulu tas kulit dari debu dan kotoran yang menempel. Bisa gunakan minyak kayu putih atau pasta gigi. Sehingga reparasi tas kulit yang mengelupas bisa teratasi.

Oleskan salah satu alat tersebut pada bagian yang kotor. Gosokkan dengan perlahan agar bagian yang mengelupas tidak semakin lebar.

Oleskan Lem

Reparasi tas yang mengelupas bisa dengan gunakan lem saja. Hal ini bisa anda lakukan jika bagian yang mengelupas bersatu kembali.

Baca juga: Tas Vintage Kulit Berkualitas Menambah Gaya Trendy yang Fashionable

Gunakan lem dengan daya rekat yang tinggi dan tidak merusak bahannya. Gunakan cutton bud untuk merekatkan lem dan bagian tas yang mengelupas. Diamkan hingga benar-benar merekat.

Menambal

Jika tidak bisa anda satukan bagian yang mengelupas, jalan satu-satunya yaitu dengan menambalnya. Gunakan bahan sejenis untuk menambal dan menutupi tas kulit yang mengelupas.

Jangan lupa untuk menggunakan lem dengan daya perekat yang tinggi. Diamkan dan pastikan penambalan berhasil sehingga bisa menutupi bagian tas yang mengelupas.

Menutupinya

Reparasi tas kulit yang mengelupas memang susah-susah gampang. Jika beberapa langkah sebelumnya belum bisa mengatasinya, sekarang tinggal dengan cara menutupinya.

Tutupi bagian tersebut dengan spidol permanen, selotip, bahkan aksesoris yang cantik. Spidol permanen bisa menutup sempurna tas yang mengelupas pada bagian bawah.

Baca juga: Tas Mini Lucu, Mampu Membuat Tampilan Kasual Semakin Fashionable

Sebab, itu tidak akan terlalu kelihatan. Pastikan warna spidol permanen yang anda gunakan sama dengan tas kulit tersebut. Jika menggunakan selotip, sebaiknya gunakan kreatifitas agar penampilan lebih menarik.

Apabila bagian yang terkelupas lebih menonjol, gunakan aksesoris untuk menutupinya. Tempelkan aksesoris yang pas agar tas kulit tidak terlihat mengelupas.

Reparasi tas kulit yang mengelupas bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Gunakan langkah yang tepat agar tidak mengganggu penampilan. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid