Rotasi Layar Tidak Berfungsi, Berikut Cara Mengatasinya!

Rotasi Layar Tidak Berfungsi
Ilustrasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi, Foto: Istimewa

Rotasi layar tidak berfungsi merupakan salah satu masalah yang kerap pengguna ponsel hadapi. Pada dasarnya, fitur rotasi layar untuk mempermudah penggunaan ponsel kita.

Namun apa jadinya jika fitur yang satu ini bermasalah? Bukannya membantu setiap pekerjaan, rotasi layar yang non-fungsional justru bakal membuat pekerjaan kita bertambah.

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Sebelum mengetahui cara memperbaiki fitur rotasi pada ponsel, alangkah lebih baiknya mempelajari soal akar dari masalah yang satu ini.

Secara umum, masalah pada fitur rotasi ponsel dapat terjadi karena tiga hal. Pertama, yakni masalah pada sensor Accelerometer ponsel itu sendiri.

Baca Juga : Mengatasi Kamera HP Terbalik, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Sensor Accelerometer dalam penyediaan fitur rotasi pada layar ponsel hadir layaknya otak yang mengatur pergerakan tubuh. Tentu jika otak tergantung, maka seluruhnya juga dapat terganggu.

Selanjutnya, adalah memasang custom yang tidak sesuai dengan kapasitas ponsel. Masalah ini biasa pengguna hadapi terutama mereka yang terlalu kreatif dalam mengembangkan ponsel. Yang terakhir, masalah pada fitur rotasi juga dapat disebabkan oleh tindakan rooting yang pengguna lakukan.

Lalu apa yang perlu kita lakukan ketika masalah paling mainstream ini terjadi? Tidak perlu risau dan tidak perlu panik, berikut ulasan lengkap tutorial untuk mengatasi masalah tersebut.

Lakukan Testing pada Fitur Sensor Accelerometer

Setiap sensor yang terpasang pada ponsel, tentu semuanya memuat fitur pengecekan. Yang menjadi masalah, biasanya tiap merek mempunyai cara tersendiri untuk mengecek sensor-sensor yang terpasang.

Misalnya saja, untuk mengecek sensor Accelerometer dalam rangka memperbaiki rotasi layar tidak berfungsi. Pada ponsel Samsung, pengguna tinggal melakukan panggilan ke kode *#0#*. Setelah menu terbuka, pengguna tinggal memilih menu “test” dan menunggu ponsel melakukan tugasnya sendiri.

Cara ini pada dasarnya hanya berfungsi untuk melakukan pengecekan saja. Jika terdapat masalah saat melakukan cara ini, maka selanjutnya perlu anda lakukan cara lanjutan yang lainnya.

Lakukan Pembersihan Cache

Pasca melakukan pengecekan fitur Accelerometer seperti yang kami jelaskan sebelumnya, maka cara yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah pembersihan cache. Cara pembersihan cache tiap ponsel biasanya berbeda-beda.

Namun, pada intinya pengguna hanya perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan dan mencari menu pembersihan. Jika yang anda gunakan adalah ponsel Xiaomi, langkah pembersihan cache dapat anda lakukan dengan memanfaatkan menu Keamanan dan Clear Memory.

Baca Juga : Cek Tipe HP, Simak Cara Mudah dan Cepatnya Berikut Ini!

Pada dasarnya, cache sendiri merupakan sampah yang dapat muncul karena penggunaan ponsel kaitannya dengan internet. Terlalu banyak sampah tentu dapat mempengaruhi fungsi ponsel yang salah satunya juga membuat rotasi layar tidak berfungsi.

Reboot Ponsel

Jika rotasi ponsel belum juga dalam keadaan yang normal, cara selanjutnya yang dapat anda coba adalah dengan melakukan soft reboot pada ponsel. Cara ini pada dasarnya adalah membuat ponsel menjadi lebih ringan dengan memuat ulang atau merestart ponsel.

Untuk melakukannya, ikuti cara berikut ini:

  1. Silahkan matikan ponsel
  2. Kemudian ambil SIM Card
  3. Setelah itu, ambil Memori Card
  4. Biarkan ponsel dalam keadaan mati beberapa saat
  5. Pasang kembali SIM Card dan Memori Card

Setelah melakukan lima langkah tersebut, maka ponsel siap anda hidupkan kembali. Pastikan untuk mengecek apakah rotasi layar tidak berfungsi tersebut sudah teratasi atau belum.

Manfaatkan Aplikasi Tambahan

Cara selanjutnya yang layak anda coba dalam mengatasi masalah fitur rotasi adalah menggunakan aplikasi yang bernama Ultimate Rotation Control. Memanfaatkan aplikasi tentu dapat menjadi pilihan untuk pengguna yang memang tidak ingin repot.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Cek Pulsa, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Pengunduhan aplikasi ini dapat anda lakukan, baik melalui Google Play maupun melalui laman pencarian. Setelah terunduh, pengguna tinggal mengikuti petunjuk yang tersisa dalam aplikasi tersebut.

Factory Reset

Andai keseluruhan cara di atas tidak mampu memperbaiki masalah rotasi layar tidak berfungsi pada ponsel anda, maka cara terakhir adalah Factory Reset. Meski cara ini terbilang sangat ampuh, pastikan betul bahwa ini adalah cara terakhir yang anda gunakan.

Pasalnya, Factory Reset akan membuat file yang tersimpan pada ponsel hilang semua. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu:

  1. Silahkan masuk ke menu “Setting”
  2. Pilih menu “Backup and Reset”
  3. Pilih “Reset”
  4. Tunggu hingga proses selesai

Setelah proses reset berhasil, maka ponsel akan kembali seperti saat pertama kali anda beli. Rotasi layar tidak berfungsi juga teratasi. (R10/HR-Online)