RSUD Ciamis Tolak Pasien BPJS Kesehatan, Warga Kecewa

RSUD Ciamis Tolak Pasien BPJS Kesehatan
Reni, salah satu peserta atau pasien BPJS Kesehatan yang ditolak oleh pihak RSUD Ciamis. Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lagi, rumah sakit kembali menolak pasien BPJS Kesehatan. Kali ini rumah sakit yang menolak adalah RSUD Ciamis, Jawa Barat.

Tentunya dengan adanya penolakan tersebut, membuat warga Ciamis yang ingin berobat menjadi kecewa.

Seperti yang diungkapkan Endang Sutiana, warga Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

“Kecewa sekali. Saya datang-datang jauh jauh dari lumbung pukul 05.00 WIB, bersama keluarga untuk berobat jalan. Setelah sampai, malah pihak rumah sakit menolak,” ungkapnya kepada HR Online, Senin (5/10/2020).

Endang menambahkan, bahwa ia belum mengetahui mengenai tidak bisanya pasien BPJS Kesehatan berobat ke rumah sakit Ciamis.

Pasalnya, sebelumnya belum ada pemberitahuan resmi dari pihak rumah sakit. Sehingga, ia tidak mempersiapkan uang yang cukup untuk berobat, ketika pihak rumah sakit menyuruhnya beralih untuk berobat secara umum.

“Bawa uang hanya pas-pasan, ketika masuk loket harus berobat umum. Sedangkan untuk periksa lab sendiri harus menyiapkan uang minimal Rp 400 ribu. Belum lagi obat dan lain-lain. Sedangkan uang yang saya bawa tidak cukup,” tukasnya.

Bukan hanya Endang yang merasakan kekecewaan. Warga lainnya, Reni, warga Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, juga merasakan hal yang sama.

Dengan penolakan pasien BPJS Kesehatan ini, Reni pun merasa kecewa sekali atas pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD Ciamis.

“Saya mengidap penyakit TBC dan hari ini obat saya habis. Maka dari itu datang ke RSUD Ciamis karena harus rawat jalan,” ucapnya.

Reni pun akhirnya terpaksa harus mengikuti aturan dari RSUD Ciamis, untuk beralih menjadi pasien umum.

“Harus pulang lagi ke rumah untuk bawa uang. Bagaimana lagi, karena hari ini obat sudah habis dan saat ini saya sangat membutuhkannya,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto