Rumah Warga Kota Banjar Tersambar Petir Hingga Terbakar

Rumah warga Kota Banjar hangus terbakar akibat tersambar petir. Foto: Istimewa.
Rumah warga Kota Banjar hangus terbakar akibat tersambar petir. Foto: Istimewa.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Rumah warga Kota Banjar, Jawa Barat, tersambar petir hingga menimbulkan kebaran. Rumah tersebut milik Hermayati, warga Lingkungan Awilar, RT. 17, RW. 05, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Rumah warga tersebut tersambar petir saat hujan deras dan angin kencang mengguyur wilayah Kota Banjar, pada Kamis (29/10/2020) sore tadi.

Kejadian rumah warga Kota Banjar yang tersambar petir hingga terbakar itu sempat membuat masyarakat setempat panik. Mereka berhamburan keluar rumah untuk membantu memadamkan api.

Menurut keterangan salah seorang warga setempat, Undang Suherman, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Waktu itu hujan turun sangat deras dan angin bertiup kencang dengan petir terus menggelegar. Kemudian, saat ada petir berkekuatan besar, rumah Ibu Hermayati ikut tersambar. Kemungkinan kebakarannya akibat sambaran petir,” kata Undang, saat HR Online menghubunginya.

Setelah itu. Lanjut Undang, warga langsung keluar rumah sambil membawa ember mengangkut air. Warga berusaha memadamkan api agar tidak membakar seluruh bagian rumah.

Pada saat kejadian, pemilik rumah tengah berada di rumah anaknya yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah korban. Sehingga, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga : Banyak Gedung Perkantoran di Banjar Belum Miliki Proteksi Kebakaran

“Kondisi rumah pada waktu kejadian kebetulan sedang kosong. Korban lagi ke rumah anaknya,” terang Undang.

BPBD Terjunkan 2 Unit Mobil Damkar

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi, mengatakan, setelah mendapatkan informasi mengenai adanya rumah warga Kota Banjar yang tersambar petir hingga terbakar, petugas BPBD bersama relawan PMI dan Tagana langsung mendatangi lokasi.

Tim petugas menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu warga memadamkan api yang membakar rumah Hermayati.

“Kebakaran ini kemungkinan dari korsleting listrik yang sebelumnya tersambar petir, lalu menjalar ke bagian rumah,” ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut, lanjut Dedi, bagian atap rumah korban hangus terbakar. Kemudian, perabotan rumah tangga seperti TV, dispenser, dan kipas angin juga ikut terbakar.

Tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah hanya mengalami kerugian material akibat terbakar dan tersambar petir. Kerugiannya diperkirakan sekitar 5 jutaan,” kata Dedi. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah