Satgas Covid-19 Nasional Sebut Vaksin Terbaik Saat Ini Adalah Protokol Kesehatan

Satgas Covid-19 Nasional
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo. Foto: Istimewa

Satgas Penanganan Covid-19 Nasional menyatakan vaksin terbaik saat ini untuk melawan corona adalah mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Satgas Covid-19 Nasional, Doni Monardo, mengatakan, pihaknya mendorong penguatan penanganan di daerah dengan adanya perubahan perilaku dan penegakan prokes sebagai pencegahannya.

“Sebelum adanya vaksin ataupun obat, mematuhi prokes adalah yang terbaik untuk saat ini,” kata Doni saat Rakor penanganan covid-19 wilayah Provinsi Gorontalo, Rabu (7/10/2020).

Doni juga mengajak agar pemerintah daerah terus meningkatkan sosialisasi melalui berbagai medium sesuai dengan kearifan lokal dan melibatkan peran tokmas.

Selain itu, ia pun menganjurkan memanfaatkan media yang ramah bagi warga, seperti medsos, televisi, poster serta lainnya. Paling penting adalah masyarakat paham dengan apa pesannya dan bisa melaksanakannya.

Doni pun menyakini peran tokmas sangat begitu penting, apalagi masyarakat akan lebih mendengar pesan dari mereka.

“Maka dari itu, penguatan literasi tidak hanya oleh pemerintah semata, namun peran elemen lain juga sangat perlu untuk memberikan pemahaman tentang penerapan 3M,” ujarnya.

baca juga: Perkembangan Kasus Covid-19 Jabar, Sepekan Terakhir Turun 28 Persen

Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie, mengapresiasi kinerja Satgas yang responsif terhadap berbagai kebutuhan daerah dalam upaya pencegahan virus corona.

Kesungguhan pemerintah ini menjadi motivasi bagi pihaknya dan jajaran untuk terus bersinergi melawan corona.

“Ini jadi motivasi untuk kami dan pemerintah daerah dalam upaya penanganan maupun pencegahan terhadap penyebaran covid-19,” ujarnya.

Dalam agenda rapat koordinasi ini Satgas memberikan bantuan 2 unit ventilator, 2000 alat tes PCR, 2.000 RNA Test, 2.000 VTM Test, 15.000 APD, 10.000 Masker N95 serta 500.000 Masker Kain kepada Pemprov Gorontalo. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid/HR