Satpol PP Ciamis Gencar Sosialisasikan Prokes 3M Kepada Masyarakat

Satpol PP Ciamis Gencar Sosialisasikan Prokes 3M Kepada Masyarakat
Satpol PP Ciamis sosialisasikan prokes 3M kepada pengunjung salah satu bank di Kabupaten Ciamis. Foto : Ferry Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis gencar sosialisasikan protokol kesehatan (prokes) 3M kepada masyarakat.

“Kami terus melakukan operasi dan patroli dengan memberikan imbauan kepada masyarakat. Yaitu, tentang pentingnya prokes dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala Bidang Trantib Satpol PP Ciamis, Muhamad Iskandar, Kamis (22/10/2020).

Sebab, lanjutnya, Satpol PP Ciamis juga merupakan bagian dari bidang penegakan hukum dan pendisiplinan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis.

Maka dari itu, pihaknya sering berpatroli ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat. Seperti pasar, terminal, kawasan wisata serta alun-alun Ciamis.

“Kami datang untuk memberikan imbauan dan sosialisasikan prokes 3M, salah satunya yaitu tentang jangan berkerumun,” imbuhnya.

Terlebih, saat ini di bank setiap hari ramai oleh masyarakat yang mengantri untuk mengecek bantuan UMKM.

“Kita sering mengingatkan kepada masyarakat yang mengantre di bank tentang penerapan prokes 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” katanya.

Bahkan, Satpol PP Ciamis juga sudah meminta kepada pihak bank, untuk menyediakan tempat cuci tangan dan menyediakan kursi dengan jarak berjauhan.

Menurutnya, hal itu supaya bisa meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19, yang nantinya akan menjadi klaster baru.

Selain sosialisasikan prokes 3M, Satpol PP Ciamis juga sering melakukan razia Yustisi bersama TNI dan Polri.

“Hal tersebut, supaya masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Rutin Sosialisasikan Prokes 3M, Kini 80% Masyarakat Ciamis Taat Imbauan Pemerintah

Iskandar mengklaim, bahwa kini sekitar 80% masyarakat Kabupaten Ciamis sudah disiplin dalam menerapkan prokes Covid-19. Salah satunya adalah dengan selalu memakai masker saat keluar rumah.

“Memang secara umum 80% masyarakat taat memakai masker. Namun, kalau kita tidak melakukan operasi patroli, ditakutkan ada penurunan. Makanya kami sering patroli untuk melakukan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Meskipun vaksin atau obat Covid-19 sudah ada, lanjut Iskandar, pendisiplinan penerapan prokes khususnya 3M harus tetap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai anjuran Bupati Ciamis, bahwa kita harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan kendor, selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dari kerumunan,” katanya.

Iskandar menambahkan, dalam penanganan Covid-19 perlu adanya kebersamaan semua pihak dan elment masyarakat. Supaya, dapat bersinergi dan pencegahan penyebaran Covid-19 bisa teratasi.

“Kami juga sudah mengusulkan kepada Sekda Ciamis, agar membentuk tim Satgas. Jadi tim ini bukan hanya tingkat kabupaten saja, tapi juga tingkat kecamatan dan desa harus ada. Supaya kita bisa bersinergi dengan semuanya,” terangnya.

Iskandar berpesan kepada masyarakat, agar selalu “Ingat Pesan Ibu”. Jika sayang kepada keluarga harus selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak dari kerumunan.

“Ingat pesan ibu, kita harus disiplin menerapkan 3M, dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Itu supaya kita terhindar dari Covid-19,” pungkasnya. (DSW/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto