Sejarah Baru, Seorang Difabel Jadi Anggota DPRD Ciamis

Seorang Difabel Jadi Anggota DPRD Ciamis
Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, lantik Supriyatna Gumilar, seorang difabel, menjadi anggota DPRD Ciamis dari Fraksi PAN perioda 2019-2024, Jumat (16/10/2020). Foto : Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Supriyatna Gumilar membuktikan bahwa seorang difabel bisa atau mampu meraih prestasi. Sebelumnya, Supriatna adaalah salah seorang atlet nasional dari cabang olahraga tenis meja.

Kini, ia menjadi anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masa bakti tahun 2019-2024. Sekaligus menjadi sejarah baru, seorang difabel yang berhasil duduk menjadi wakil rakyat di Kabupaten Ciamis.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Supriyatna Gumilar menjadi anggota DPRD Ciamis berlangsung pada Jumat (16/10/2020). Ia merupakan anggota DPRD Pergantian Antar Waktu (PAW) dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). 

Ketua DPD PAN Kabupaten Ciamis, Yana D Putra, yang juga Wakil Bupati Ciamis, mengatakan, dilantiknya Supriyatna atau yang sering disapa Cuking, merupakan sebuah prestasi luar biasa.

Sebab, baru pertama kali bahkan hanya satu di Indonesia, seorang difabel menjadi anggota DPRD untuk Kabupaten Ciamis.

“Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Karena ia membuktikan dan bisa bersaing dengan orang yang tidak memiliki kekurangan fisik. Sehingga, bisa sejajar karena sekarang menjadi anggota DPRD,” katanya kepada HR Online, Sabtu (17/10/2020).

Yana melanjutkan, dari awal masuk sebagai anggota PAN, sudah membuktikan pada saat pemilihan legislatif. Meski menjadi urutan kedua, akan tetapi sekarang malah menjadi anggota DPRD, setelah menjadi pengganti anggota fraksi PAN karena terkena PAW.

Yana berpesan, menjadi anggota DPRD Ciamis tidak lah mudah. Maka dari itu, harus bisa menjaga amanah yang baik yang rakyat berikan. Sehingga menjadi wakil rakyat sesuai dengan keinginan warga masyarakat Ciamis.

“Semoga dengan Supriyatna menjadi anggota DPRD Ciamis ini, menjadi motivasi tersendiri bagi para kaum difabel Ciamis, untuk bisa mengikuti jejaknya yang bisa menjadi anggota dewan,” pungkasnya.

Tanggapan Supriyatna Gumilar, Seorang Difabel yang Jadi Anggota DPRD Ciamis

Sementara Supriyatna Gumilar mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan kepadanya. Sehingga, sekarang bisa menjadi anggota DPRD Ciamis, setelah sekian lama melalui proses yang cukup panjang.

“Syukur alhamdulillah, prosesi pelantikan saya menjadi anggota DPRD berjalan lancar,” katanya kepada HR Online.

“Kini saya mengemban tugas baru menjadi anggota DPRD Ciamis yang tentunya menjadi wakil rakyat. Sehingga harus menjadi wakil yang baik tentunya,” imbuhnya.

Supriyatna melanjutkan, meski menjadi anggota DPRD Ciamis, akan tetapi ia meminta kepada masyarakat Ciamis untuk mengingatkan, jika dalam menjalankan amanah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Saya sangat berharap warga masyarakat memberikan masukan, kritikan atau koreksi,” ucapnya.

Menurutnya, seoran difabel itu bukan jaminan tidak mampu bersaing dengan yang normal fisiknya. Dan itu, ia buktikan sekarang menjadi anggota DPRD Ciamis.

“Ini menjadi sebuah sejarah baru keterwakilan kaum difabel di kancah politik dengan menjadi anggota DPRD. Sehingga saya bisa juga berperan membangun Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik, tanpa dipandang sebelah mata,” pungkasnya (Es/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto