Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariSejumlah Fasilitas Pertanian di Banjarsari Ciamis Rusak Setelah Diterjang Banjir

Sejumlah Fasilitas Pertanian di Banjarsari Ciamis Rusak Setelah Diterjang Banjir

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Selasa (27/10/2020) kemarin, membuat sejumlah fasilitas pertanian mengalami kerusakan.  

Salah satunya adalah saluran irigasi yang ada di Dusun Sukahurip, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari. Tanggul saluran tersebut jebol akibat terjangan banjir, sehingga membuat hektaran sawah kini terancam.

“Jebolnya tanggul saluran irigasi di area pesawahan yang ada di Dusun Sukahurip itu,  terjadi akibat terjangan banjir,” ucap Ade Permana, warga sekitar kepada HR Online, Kamis (29/10/2020). 

Ade menambahkan, fasilitas pertanian yaitu tanggul saluran yang jebol tersebut lumayan panjang. Sehingga, menurutnya, perlu segera ada penanganan atau perbaikan.

“Saat banjir, luapan air dari sungai Ciputrahaji merendam pemukiman serta area pesawahan. Beruntung petani belum menanam padi saat kejadian banjir tersebut. Bisa dibayangkan jika petani sudah menanami padi, pastinya akan mengalami kerugian yang besar,” katanya.

Saat ini, para petani berniat akan memperbaiki sementara fasilitas pertanian yaitu saluran dengan cara swadaya.

“Mudah-mudahan kedepannya pemerintah memberikan bantuan untuk pembangunan irigasi,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -