Sempat Tertangkap, Ular Sanca Kabur dan Resahkan Warga Ciamis

Sempat Tertangkap, Ular Sanca Kabur dan Resahkan Warga Ciamis
Penampakan ular sanca sepanjang 3 meter yang sempat ditangkap warga sebelum kabur dan resahkan warga. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Warga blok Tumaritis, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini resah karena ada ular sanca kabur. Ular tersebut sempat tertangkap warga setelah memangsa dua ekor ayam. Ular sanca itu memiliki panjang 3 meter dan berat 5 kilogram.

Pemilik  ayam, Maman Suhandi (66), menuturkan ia bersama warga berhasil menangkap ular tersebut karena terperangkap dalam kandang ayam.  Warga kemudian mengamankan ular sanca tersebut dengan memasukannya ke dalam karung.

“Saat mau ke kandang memberi pakan tapi ternyata ada ular sanca atau piton yang cukup besar. Akhirnya saya memanggil warga lalu menangkapnya,” ujar Maman, Kamis (1/10/2020).

Agar tidak mati kehabisan napas, warga berinisiatif membolongi karung tersebut agar ada udara masuk. Tapi sayangnya ular sanca itu kabur melalui celah karung yang bolong tersebut. Sontak warga langsung melakukan pencarian, namun sampai kini belum membuahkan hasil.

“Ada kejadian penemuan ular sanca baru pertama kali terjadi. Padahal ini termasuk wilayah perkotaan tapi bisa ada ular sanca sebesar  itu, beratnya sampai 5 kilo dengan panjang 3 meter,” ungkap Maman.

Warga lainnya, Adam (30), menduga ular sanca tersebut naik dari bawah Sungai Cipalih dekat dengan permukiman warga. Karena kelaparan kemudian mencari mangsa hingga ke kandang ayam. Ketika berhasil memangsa dua ekor ayam,  ular sanca tersebut terjebak dan warga berhasil menangkapnya.

Akibat ular sanca kabur ini, warga mengaku cemas apabila ular tersebut berkeliaran ke permukiman warga. Meski tak memiliki bisa, warga khawatir ular sanca itu menyerang anak-anak dengan lilitannya yang kuat.

“Warga sekarang lebih berhati-hati, terutama memperhatikan anaknya ketika bermain. Sampai ular sanca kabur ini berhasil ditangkap,” jelasnya. (Dang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang