Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruSenter HP Tidak Menyala, Berikut Cara Mengatasinya

Senter HP Tidak Menyala, Berikut Cara Mengatasinya

Senter HP tidak menyala mungkin pernah Anda alami. Masalah senter HP yang tidak mau menyala ini pastinya juga cukup merepotkan. Karena itulah kini kita akan membahas tips HP untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang kita ketahui, HP memang dilengkapi dengan lampu senter atau flash. Biasanya komponen ini terletak pada bagian belakang ponsel, posisinya dekat dengan kamera. Sama seperti senter umumnya, senter HP juga mampu mengeluarkan cahaya yang cukup terang.

Fungsinya tentu saja untuk penerangan saat keadaan gelap sehingga kita bisa melihat. Bagi beberapa orang keberadaan senter ini memiliki peran yang sangat penting. Sehingga jika senter bermasalah maka akan sangat mengganggu mereka.

Baca Juga: Mengatasi Kamera HP Terbalik Paling Mudah, Ini Caranya!

Cara Mengatasi Senter HP Tidak Menyala

Senter HP sangat membantu kita saat mengatasi situasi gelap. Cara menghidupkannya juga sangat mudah, hanya sekali klik dan senter akan menyala. Kita bisa dengan mudah menyalakannya misal saat di malam hari tiba-tiba listrik padam dan keadaan gelap.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan senter HP saat bepergian ke luar rumah. Apalagi jika hanya berjalan kaki dan menemukan jalanan yang gelap tanpa lampu.

Kita bisa menghidupkan senter sehingga masih bisa berjalan tanpa khawatir tersandung batu.

Senter HP juga bukan hanya berfungsi untuk membantu penerangan, tapi juga membantu pengambilan foto. Kadang-kadang kita ingin mengambil foto di tempat yang gelap atau kurang pencahayaan. Agar hasilnya bisa bagus maka kita pastinya menyalakan senter atau flash HP bukan?

Akan tetapi sayangnya kadang kita tidak bisa menggunakan senter sebab senter HP tidak menyala. Hal tersebut tentu saja cukup merepotkan, apalagi jika dalam keadaan darurat. Misalnya saat membutuhkan penerangan karena listrik mati dan tidak memiliki penerangan lain.

Sebenarnya masalah tersebut bisa terjadi karena dua hal yaitu software atau hardware rusak. Jika masalah software yang rusak maka Anda bisa mengatasinya tanpa harus membongkar HP. Tapi jika hardware yang rusak maka Anda harus membongkar HP tersebut.

Jika sedang mengalami masalah ini Anda tidak perlu bingung atau buru-buru ke tempat service. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah beberapa caranya:

Baca Juga: Cara Mirror Selfie iPhone agar Hasil Foto Tidak Terbalik

Pengaturan Flash

Cara pertama yaitu dengan masuk ke pengaturan flash atau senter HP. Pertama masuk ke pengaturan dan tap kelola aplikasi, lalu klik titik tiga. Pilih setel ulang preferensi apl dan klik setel ulang apl, jika sudah maka cek senternya.

Hapus Cache

Cara mengatasi senter HP tidak menyala selanjutnya yaitu dengan menghapus cache aplikasinya. Pertama Anda bisa membuka pengaturan aplikasi dan cari aplikasi senter.

Kemudian klik Hapus Cache dan senter mungkin sudah kembali normal, Anda bisa mencoba menghidupkannya.

Paksa Berhenti

Selain menghapus data, Anda juga bisa mencoba paksa berhenti aplikasi senter. Caranya dengan masuk ke pengaturan lalu buka setelan tambahkan dan klik manajemen aplikasi.

Cari aplikasi senter dan klik paksa berhenti, selanjutnya restart HP lalu cek apakah senter sudah menyala.

Unduh Aplikasi Kamera

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba mengunduh aplikasi senter lainnya. Saat ini memang tersedia berbagai aplikasi senter di Play Store. Anda bisa memilih salah satu aplikasi tersebut agar bisa kembali menggunakan senter HP.

Restart HP

Cara mengatasi senter HP tidak menyala berikutnya dengan merestart atau mereboot HP. Tekan tombol power selama beberapa saat dan pilih mulai ulang atau restart. Meskipun sangat sederhana namun cara ini memang mampu mengatasi masalah pada HP.

Reset HP

Jika cara sebelumnya belum berhasil Anda bisa mencoba mereset HP ke setelan pabrik. Namun tentunya cara ini akan menghilangkan semua data yang tersimpan di HP. Karena itu sebelum mereset HP pastikan sudah membackup data terlebih dahulu.

Baca Juga: Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power, Simak Alternatif Mudahnya!

Bawa ke Tempat Servis

Saat semua cara tersebut tidak memberikan hasil maka bawa HP ke tempat service. Bisa saja masalahnya terletak pada bagian hardware sehingga perlu penanganan khusus. Misalnya pembongkaran yang tidak bisa kita lakukan sendiri.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi senter HP tidak menyala. Cara tersebut tentunya sangat mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Selamat mencoba dan semoga senter bisa menyala kembali. (R10/HR-Online)