Senter HP Tidak Menyala, Gunakan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Senter HP Tidak Menyala
Ilustrasi Senter HP Tidak Menyala. Foto: Istimewa

Senter HP tidak menyala, tentu saja menjadi permasalahan bagi kita sebagai penggunanya. Seperti yang kita tahu, senter HP ini dapat berfungsi sebagai penerangan.

Sehingga, semakin membuktikan bahwa HP merupakan salah satu perangkat elektronik yang multifungsi. Bukan hanya itu saja, senter atau flash ini juga memudahkan kita untuk mengambil gambar saat malam hari.

Bayangkan saja jika salah satu fitur HP ini tidak ada atau berhenti berfungsi. Pastinya kita akan kesulitan dalam mengambil gambar ketika kondisi gelap.

Senter HP Tidak Menyala, Jangan Panik! Lakukan Cara Berikut Ini!

Ketika gangguan ini menimpa anda, hal yang harus dilakukan adalah jangan panik. Rasa khawatir inilah sering kali membuat tindakan yang ceroboh.

Baca Juga : USB HP Tidak Terbaca, Simak Cara Mudah untuk Mengatasinya!

Bila kita salah dalam mengambil keputusan untuk memperbaiki kerusakan ini dapat berakibat fatal. Bukan tidak mungkin jika kerusakannya akan semakin parah.

Berikut ini adalah cara tepat yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki senter HP tidak berfungsi. Silahkan memilih cara yang paling mudah dan efektif untuk anda lakukan.

Menghapus Cache pada Aplikasi Lampu Senter

Ketika senter HP tidak menyala, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan hapus cache pada aplikasi lampu senter. Tidak hanya sekedar untuk memperbaiki kerusakan ini saja.

Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk memastikan apakah kesalahan yang terjadi hanya pada bagian cache aplikasi yang corrupt. Apabila benar demikian, maka anda dapat melakukan pengecekan pada pengaturan aplikasi.

Kemudian anda cari aplikasi lampu senter tersebut. Barulah setelah itu, anda menekan tombol “Hapus Cache”.

Untuk lebih sikatnya, berikut ini kami berikan step-step yang lebih ringkas. Sehingga, anda akan lebih mudah untuk memahami setiap langkahnya.

  1. Buka pengaturan aplikasi
  2. Cari aplikasi lampu senter
  3. Tekan tombol “Hapus Cache”
  4. Senter HP tidak menyala pun dapat anda atasi dengan baik

Jangan khawatir ketika anda menggunakan cara yang satu ini untuk mengatasi senter HP bermasalah. Pasalnya, ini sangat aman untuk anda lakukan.

Selain itu, juga tidak berdampak pada kondisi maupun komponen HP lainnya. Akan tetapi, jika anda sudah menggunakan cara ini sesuai langkah-langkah dan senter HP masih saja mati, maka gunakan cara lain.

Menyalakan dan Mematikan Senter Secara Berulang Kali

Selain cara pertama, terdapat cara lainnya yang terbilang sederhana untuk anda lakukan. Anda dapat menyalakan dan mematikan senter tersebut secara berulang kali.

Baca Juga : Cek Processor HP, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Ini dapat memperbaiki kerusakan pada senter HP anda karena terdapat malfungsi sistem. Sehingga menyebabkan senter atau flash HP tidak berfungsi dengan baik.

Senter HP tidak menyala, memang sangat merepotkan. Maka dari itulah, mau tidak mau anda harus mengatasinya agar dapat berfungsi seperti semula.

Apalagi cara ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai HP Android dengan besaran RAM rendah. Ketika HP dengan RAM kecil kemudian terlalu banyak menyimpan aplikasi, maka akan sering lambat respon terhadap sentuhan.

Atau lebih tepatnya kita sebut sebagai lag. Terkadang pengguna HP kurang menyadarinya, jika HP yang lambat juga dapat menyebabkan senter mati meskipun senter HP tersebut sudah kita hidupkan.

Karena responnya yang lambat, maka harus menunggu dalam beberapa detik bahkan menit untuk menghidupkan senter HP kembali.

Menggunakan Aplikasi Senter yang Lain

Bisa jadi senter HP tidak menyala ini memang karena aplikasi itu sendiri mengalami gangguan. Ketika terjadi kerusakan atau masalah pada aplikasinya sering kali tidak berdampak pada bagian yang lain.

Seperti halnya bagian hardwarenya. Sehingga, masih bisa kita atasi melalui pengunduhan aplikasi senter lainnya. Tentu saja ini terdengar lebih simpel dan praktis bila kita bandingkan dengan cara lainnya.

Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah Super Bright LED Flashlight. Sebenarnya ini masih dalam tahap pengecekan. Terutama untuk melihat dan membuktikan, apakah benar kerusakan berasal dari aplikasi senter itu sendiri.

Jika dengan menggunakan aplikasi yang baru ini, senter HP tidak menyala dapat teratasi dengan baik, berarti memang kerusakan terjadi pada aplikasinya. Dengan demikian, anda tidak perlu bingung lagi jika gangguan ini terjadi pada HP anda. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!