Sepatu Lari Terbaik, Gunakan 4 Tips Tepat Memilih yang Sesuai

Sepatu Lari Terbaik, Gunakan 4 Tips Tepat Memilih yang Sesuai
Sepatu lari terbaik. Foto ist/net

Sepatu lari terbaik kini mampu membantu olahraga anda semakin menyenangkan. Selain nyaman, modelnya pun beragam. Bisa anda pilih sesuai selera.

Sepatu merupakan item fashion yang melengkapi setiap penampilan seseorang. Akhir-akhir ini sepatu kerap kali muncul dengan tampilan trendi dan keren.

Alas kaki yang satu ini memiliki banyak varian jenis, desain, dan modelnya. Salah satunya sepatu lari yang hadir dengan kualitas terbaik.

Aktivitas lari dan jogging saat ini sering sekali dilakukan banyak orang. Karena alasan inilah mengapa sepatu hadir dengan berbagai produk pilihan.

Sering sekali olahraga lari banyak dilakukan untuk mengimbangi agar hidup sehat. Saat sela-sela kegiatan sehari-hari, tidak ada salahnya melakukan olahraga lari.

Baca juga: Sepatu Outdoor Wanita, Pilih yang Nyaman Agar Tidak Mudah Lelah

Sepatu adalah item fashion yang membantu penampilan semakin menarik. Selain itu, juga mampu membuat anda nyaman saat beraktivitas. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika olahraga lari.

Untuk mendukungnya, sepatu lari terbaik tentunya harus anda miliki. Alas kaki yang sesuai dapat membantu pergerakan kaki ketika menghentakkan ke tanah.

Jika tidak tepat, justru kaki akan cidera. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sepatu sesuai dengan aktivitas yang akan anda lakukan.

Tips Memilih Sepatu Lari Terbaik

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang kerap sekali dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Bagi anda yang sedang sibuk bekerja, olahraga yang tepat yaitu jogging.

Anda bisa melakukan kegiatan ini dengan waktu yang tidak lama. Meski demikian, anda perlu juga memikirkan berbagai hal yang bisa membantu aktivitas berjalan dengan nyaman.

Misalnya saja dalam pemilihan sepatu olahraga. Sebaiknya pilih alas kaki yang nyaman dan keren. Sebab, selain memiliki fungsi yang baik untuk kaki, sepatu juga hadir dengan fashion yang keren.

Memilih alas kaki harus nyaman dan tepat. Hal ini agar penggunanya tetap nyaman meski menggunakannya dalam waktu yang lama. Misalnya saja memilih alas kaki untuk olahraga.

Baca juga: Sepatu Tidak Bertali, Mampu Menemani Acara Formal dan Kasual

Anda harus memilih dengan teliti guna kenyamanan saat berlari. Jika tidak tepat dalam memilih, justru kaki anda bisa terluka. Sehingga aktivitas akan terganggu. Agar anda tidak salah pilih, berikut ini ada tips memilih sepatu lari terbaik.

1. Sesuaikan dengan Bentuk Kaki

Cara pertama yang bisa anda lakukan agar menemukan alas kaki berkualitas yaitu sesuaikan dengan ukuran kaki. Ketahui dulu seperti apa bentuk kaki anda karena setiap orang memiliki bentuk kaki yang tidak sama.

Bentuk kaki juga berpengaruh terhadap gerakan kaki saat berlari. Ada tiga jenis bentuk kaki yang bisa anda jadikan acuan dalam memilih sepatu.

Bentuk kaki tersebut yaitu normal arch, low arch, dan high arch. Ketiganya memiliki perbedaan menurut lengkungan pada dasar area telapak kaki.

2. Sepatu yang Ringan

Tips memilih sepatu lari terbaik yaitu yang ringan saat anda gunakan. Pilih alas kaki dengan bobot antara 200-300 gram. Bahkan saat ini juga tersedia sepatu dengan bobot 170 gram. Dengan sepatu yang ringan, memudahkan anda saat bergerak.

3. Material Berkualitas

Tips memilih alas kaki yang baik yaitu pemilihan bahan yang berkualitas. Jika kualitas bahannya bagus, tentu akan nyaman untuk anda pakai. Apalagi kini alas kaki yang satu ini memiliki banyak material pembuatan.

Pilih bantalan sepatu lari yang empuk dengan jahitan yang rapi. Dengan hal ini, tentunya anda bisa melakukan aktivitas lari dengan baik.

Baca juga: Sepatu Boots Wanita Korea, Trend Fashion Modern dan Kekinian

Sebaiknya saat membeli, coba sepatu dan gunakan untuk berjalan. Jika sudah terasa nyaman, kaki akan terlindungi dari cidera.

4. Ukuran dan Kelenturan

Memilih sepatu terbaik yaitu perhatikan juga dari segi ukuran dan kelenturannya. Hal ini juga perlu anda perhatikan setelah memilih bahan yang berkualitas.

Cari ukuran yang sesuai dengan kaki anda. Sebaiknya jangan memilih ukuran sepatu satu angka lebih besar, sebab kaos kaki untuk olahraga bahannya tipis.

Selanjutnya pastikan alas kaki lentur dan elastis. Sebab, saat berlari pemakaiannya akan mengalami penekukan. Jika sepatu lentur, tentu akan nyaman untuk anda kenakan.

Sepatu menjadi item fashion penting yang bisa membuat penampilan semakin kece. Begitu juga dengan sepatu lari terbaik yang hadir dengan beragam pilihan. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid