Sinopsis Film Detroit, Kisah Nyata Kerusuhan 1967 Terkait Isu Rasial

Sinopsis Film Detroit
Sinopsis Film Detroit. Foto Istimewa

Sinopsis film Detroit merupakan sebuah kisah film drama kriminal Amerika tahun 2017. Sutradara dari cerita film ini adalah Kathryn Bigelow serta menggandeng penulis Mark Boal. Film ini ada karena berdasarkan kisah Motel Algiers saat kerusuhan Jalan 12 Detroit tahun 1967.

Kemudian perilisan film tersebut menjadi sebuah film yang memperingati ulang tahunnya yang ke 50 tahun. Tayang perdana sejak 26 Juli 2017 di Fox Theatre. Kemudian, mulai tayang secara resmi untuk teater terbatas pada 4 Agustus 2017.

Karena kualitas sang sutradara sangat mumpuni dalam mengarahkan akting dan juga cerita dalam film, ia pun menjadi sasaran pujian dari berbagai pihak.

Film Detroit ini menampilkan banyak bintang seperti John Boyega, Algee Smith, Will Poulter, Jacob Latimore, Hannah Murray, Jason Mitchel, dan masih banyak lagi.

Sinopsis Film Detroit

Hari Minggu, 23 Juli 1967, Departemen Kepolisian Wilayah Detroit sedang melakukan penggerebekan sebuah klub yang tak mempunyai izin. Kepolisian melakukan penggerebekan tersebut selama perayaan pengembalian para veteran kulit hitam setelah Perang Vietnam.

Pada saat tertangkap, massa terbentuk kemudian mulai melempari batu ke polisi yang bertugas. Mereka lalu menjarah serta membakar toko-toko yang mereka jarah tersebut. Sehingga, kerusuhan mereka mulai di jalan ke 12.

Baca Juga: Sinopsis The Longest Yard, Aksi Pertandingan Lawan Penjaga Penjara

Kemudian, gubernur George W. Romney memberikan wewenang pada pengawal Nasional Angkatan darat Michigan serta Presiden Lyndon B. Johnson juga memberikan wewenang pada pasukan terjun payung dari Angkatan darat. Wewenang tersebut untuk memasuki wilayah Detroit dan memberikan bantuan.

Hingga pada hari kedua kerusuhan, terdapat dua orang polisi yang mengejar seorang penjarah yang kabur. Kemudian dalam sinopsis film Detroit, Philips Krauss menembak mati orang tersebut tanpa perintah. Akan tetapi, Philips tetap mendapat izin tugas hingga atasannya bisa memutuskan apakah akan ada dakwaan pembunuhan.

Awal Tragedi Motel Algeirs

The Dramatics adalah grup R&B yang berkulit hitam professional. Mereka sampai di Detroit yang berharap dapat memperoleh kontrak rekaman. Namun, beberapa detik sebelum penampilan yang mereka akan lakukan pada aula musik, pihak kepolisian pun menutup tempat itu.

Sedangkan, mereka memerintahkan The Dramatics untuk meninggalkan kota. Hingga pada waktu perjalanan, bus yang mereka tumpangi mendapatkan serangan dari perusuh dan membuat kelompok The Dramatics terpisah.

Sang vokalis larry Reed dan juga bodyguardnya Fred Temple menyewa sebuah kamar, yaitu Motel Algeirs untuk bermalam. Lalu, mereka bertemu dengan dua orang gadis kulit putih, Karen Malloy dan Julie Ann Hysell.

Kemudian, dalam sinopsis film Detroit, kedua gadis itu akhirnya mengenalkan kepada Reed dan Temple teman-temannya, yaitu Carl Cooper, Lee Forsythe, Aubrey Pollard, dan Jr. Michael Clark. Copper dan juga teman lainnya melakukan lelucon dengan menembakkan pistol starter.

Hal tersebut menjadikan mereka kesal, Hysell serta Malloy pun pergi ke kamar Karl Greene, seorang veteran perang Vietnam. Sementara itu, Reed dan Temple kembali ke kamar mereka.

Kemudian, lelucon Cooper berlanjut kepada seorang penjaga keamanan yang bertugas melindungi toko dari penjarahan. Cooper menembakkan peluru kosong kepada penjaga tersebut, akan tetapi justru menjadi satu kesalahpahaman.

Baca Juga: Sinopsis Resident Evil: The Final Chapter, Upaya Penyelamatan Terakhir

Kepolisian yang Krauss pimpin tersebut mengira sebuah ancaman penembak jitu karena terlihat kilatan senjata yang berasal dari arah Motel Algeirs. Kemudian, Krauss dan timnya mendatangi Algeirs untuk menyelidiki.

Selanjutnya dalam sinopsis film Detroit, Coper pun akhirnya terbunuh oleh pisau Krauss saat mencoba kabur. Coper mati karena kehabisan darah dengan pisau menancap pada sisi tubuhnya.

Kemudian, pada saat kerusuhan mereda, Dismukes yang bekerja sebagai karyawan pabrik, menjadi tersangka dan ia ditangkap karena pembunuhan.

Hal tersebut karena Hysell telah mengidentifikasinya sebagai orang yang ada pada kejadian Algeirs malam itu. Semua orang akhirnya telah menjalani pemeriksaan dan lolos dari dakwaan, kecuali jika Krauss mengaku.

Pemeran Film

Sinopsis film Detroit ini mendapat ulasan terbaik dengan rating 7,3 dari situs IMDb. Pemeran yang membintangi Detroit adalah John Boyega sebagai Melvin Dismukes. Lalu, Will Poulter sebagai Krauss, Algee Smith sebagai Larry Reed, dan Jacob Limore sebagai Fred Temple.

Sementara itu, sinopsis film Detroit juga menghadirkan Jason Mitchell sebagai Carl Cooper, Hannah Murray sebagai Hysell, dan Kaitlyn Dever sebagai Malloy. Lalu aktor Peyton Alex Smith sebagai Lee Forsythe. (R10/HR-Online)