Sinopsis Film Money Monster, Menguak Misteri Konspirasi Pasar Saham

Sinopsis Film Money Monster
Sinopsis Film Money Monster. Foto Istimewa

Sinopsis film Money Monster merupakan sebuah kisah film dengan genre thriller yang menampilkan George Clooney. Produksi film ini menggaet sutradara populer Jodie Foster dengan penulis naskah Alan Difiore, Jamie Linden, dan Jim Kouf.

George Clooney juga merupakan seorang aktor utama sekaligus orang yang ikut dalam produksi film box office tersebut. Money Monster menghadirkan cerita seru dengan durasi sekitar 99 menit yang berada dalam naungan Sony Pictures Entertainment.

Sinopsis Film Money Monster

Kisah film ini mengikuti seorang pakar keuangan televisi Lee gates (George Clooney) yang berada dalam edisi acara yang terakhir, yakni Money Monster. Belum sampai 24 jam yang lalu, saham dari IBIS Clear capital mengalami permasalahan.

Baca Juga: Sinopsis The Trial of the Chicago 7, Tragedi Kerusuhan Demonstrasi

Masalah tersebut merupakan hasil dari kesalahan dalam algoritma dagang yang menghabiskan biaya investor yakni lebih dari 80 juta dolar Amerika Serikat.

Lee pun memiliki rencana untuk menjadikan CEO IBIS, Walt Camby (Dominic West) hadir dalam sebuah wawancara mengenai kesalahan dan kecelakaan tersebut.

Akan tetapi, Camby justru memilih pergi ke Jenewa untuk perjalanan bisnis. Pada saat acara tengah berlangsung, seseorang yang misterius datang ke lokasi Lee melakukan syuting dan menodongkan pistol.

Ancaman Kyle

Sinopsis film Money Monster, Lee pun menjadi sandera dan terpaksa mengenakan rompi yang penuh dengan bahan peledak. Kemudian, pria misterius itu mengaku bernama Kyle Budwell (Jack O’Connell). Ia juga mengaku menginvestasikan 60 ribu dolar AS dari semua tabungannya untuk ia tanamkan ke IBIS.

Hal tersebut ia lakukan karena melihat Lee mendukung perusahaan tersebut melalui acara Monster Money. Kyle dan juga para investor lain hancur karena hal tersebut. Lalu, ia menuntut jawaban atas apa yang terjadi.

Ia juga mengancam akan mengakhiri nyawanya setelah meledakkan Lee. Polisi pun telah mengetahui kejadian tersebut dan menemukan jika rompi penuh dengan bahan peledak terdapat pada bagian atas ginjal Lee.

Dengan hal tersebut, semua pihak berusaha menangani Kyle dan mencoba menenangkannya. Patty Fenn (Julia Robert) yang merupakan sutradara lama, mencoba menenangkan Kyle dan berusaha menemukan Camby.

Baca Juga: Sinopsis Film Black Sea, Ekspedisi Lautan Kejar Harta Karun

Akan tetapi, dalam sinopsis film Money Monster, Kyle belum tenang dan puas meskipun Lee dan juga Diane Lester (Caitriona Balfe) yang merupakan kepala komunikasi IBIS menawarkan kompensasi.

Kyle juga tak puas saat Lester mendesak jika algoritmalah yang harus mereka salahkan. Meskipun ia tak puas dengan penjelasannya tersebut. Ia menghalangi rekannya saat akan menghubungi seorang programmer pembuat algoritma, Won Joon (Aaron Yoo).

Di Seoul, Joon mengungkapkan jika algoritma tak akan memiliki andil yang besar dalam kemiringan saham, kecuali terdapat seseorang yang ikut campur di dalamnya.

Kemudian, Lee pun meminta para penonton atau pemirsanya dalam mencari pemulihan investasi yang telah hilang. Akan tetapi, Lee kecewa atas tanggapan mereka. Polisi New York lantas mendapatkan seorang gadis yang tengah hamil dan merupakan kekasih Kyle, Molly (Emily Meade).

Lalu dalam sinopsis film Money Monster, mereka mengizinkannya berbicara dengan Kyle melalui panggilan video feed. Saat ia mengetahui jika Kyle kehilangan semuanya, Molly pun memaki dengan kejam kekasihnya tersebut.

Pencarian Kebenaran

Lee akhirnya merasa kasihan dengan Kyle dan setuju dalam usaha mencari tahu tentang apa yang salah dengan kondisi tersebut. Camby pun akhirnya kembali.

Saat itu, Diane memeriksa paspornya dan menemukan kenyataan jika Camby tak menuju Jenewa, akan tetapi ke Johannesburg. Dengan berbekal informasi tersebut, Patty dan juga tim dari Money Monster menghubungi peretas Islandia dalam mencari kebenaran.

Lalu seorang sniper kepolisian pun menembak Lee, namun meleset. Lalu, Lee dan Kyle memutuskan untuk menyalahkan Camby pada Federal Hall National Memorial tempat Camby berada.

Akhirnya Lee dan juga Kyle melawan Camby dengan menggunakan video yang mereka dapat dari peretas. Lantas apa yang sebenarnya yang Camby lakukan?

Berhasilkah Lee dan Kyle mengungkap kekeliruan apa yang mengakibatkan semua masalah tersebut? Saksikan kelanjutannya dalam sinopsis film Money Monster.

Film Box Office

Rilis pada 13 Mei 2016 dan langsung menerima berbagai ulasan bagus dari beberapa situs. Rotten Tomatoes memberikan skor 59 persen dan penonton 51 persen.

Selain itu, IMDb juga ikut dalam memberikan skor, yakni 6,5 dari 10 skor. Kemudian, sinopsis film Money Monster juga tercatat dalam box office dengan perolehan pendapatan 93 juta dolar Amerika Serikat. (R10/HR-Online)