Sinopsis The Trial of the Chicago 7, Tragedi Kerusuhan Demonstrasi

Sinopsis The Trial of the Chicago 7, Tragedi Kerusuhan Demonstrasi
Sinopsis The Trial of the Chicago 7. Foto Istimewa

Sinopsis The Trial of the Chicago 7 merupakan film dengan genre drama, sejarah, dan juga thriller. Film bisa kita saksikan melalui tempat menonton film terkenal yaitu Netflix.

Genre film ini akan membuat anda para penikmat cerita seru merasa tegang dan terbawa suasana. Film garapan sutradara sekaligus penulis berbakat Aaron Sorkin ini sangat cocok untuk menemani waktu senggang anda.

Baca Juga: Sinopsis Film Bastille Day, Mengungkap Misteri Ledakan Bom

Sutradara tersebut juga sudah menyutradarai banyak film, salah satunya Molly’s Game tahun 2017. Ia juga turut andil dalam menulis naskah film Moneyball, The Social Network, hingga Steve Jobs.

Dalam film ini terdapat beberapa aktor dan aktris dengan kemampuan akting yang terbaik. Mulai dari Alex Sharp, Eddie Redmayne, Sacha Baron Cohen, Jeremy Strong, dan masih banyak bintang lainnya.

Sinopsis The Trial of the Chicago 7

Film ini termasuk ke dalam jenis film drama hukum sejarah Amerika yang rilis tahun 2020. Dalam sinopsis film ini menceritakan kisah tujuh orang yang mendapat tuduhan mengenai pemberontakan pada Konvensi Nasional Demokrat tahun 1968 Chicago.

Pada konvensi tersebut, mereka mendapat tuduhan telah melakukan konspirasi dan pelanggaran batas negara dengan maksud menghasut kerusuhan. Selain itu, film ini menunjukkan bagaimana keputusan politik oleh pemerintah baru Richard Nixon.

Tengah menggelar uji coba pertunjukan untuk mengintimidasi hippie, aktivis perdamaian, dan juga gerakan kekuatan hitam. Yang mana sedang berada dalam penentangan mereka terhadap perang Vietnam.

Pada sinopsis The Trial of the Chicago 7, akhirnya mereka memerintahkan dua jaksa federal untuk mengejar kasus ini. Walaupun sebenarnya terdapat keraguan pada salah satu dari mereka bertujuh.

Para terdakwa berasal dari spektrum luas gerakan kiri dan radikal. Mereka memiliki sedikit kontak antara satu sama lain.

Dalam film ini terasa suasana mengenai proses dan manuver pada ruang sidang. Sebagian besar tergambarkan sebagai satir yang pihak terdakwa sengaja lakukan atau tentang ketidakmampuan seorang hakim.

Mereka juga mengikuti acara pada markas tim pertahanan, tempat pemutusan sebuah taktik. Lalu juga tempat pengambilan gambaran yang lebih luas dari budaya kontra.

Baca Juga: Sinopsis Film Cadaver, Kisah Mayat Wanita yang Hidup

Pada sinopsis The Trial of the Chicago 7, terlihat bahwa Yahya Abdul-Mateen II berperan sebagai Bobby Seale. Selain itu, Joseph Gordon berperan sebagai Richard Schultz dan Eddie Redmayne sebagai Tom Hayden.

Tentang Film

Sebenarnya ide awal menggarap film ini sudah ada sejak tahun 2004, namun baru saja tayang tahun 2020 ini. Sutradara dari film ini, Aaron Sorkin telah merencanakan pembuatan film ini dengan sangat matang.

Film yang berdasarkan dari kisah nyata ini, ternyata terdapat dua aktor bukan berasal dari Amerika. Meskipun The Chicago 7 merupakan orang Amerika, Sacha Cohen dan Eddie Redmayne berasal dari Inggris.

Film ini menjadi film Aaron Sokrin yang banyak menampilkan adegan aksi cukup intens. Karena pada dasarnya, latar belakang dari The Trial of the Chicago 7 ini adalah kerusuhan yang kacau.

Aaron merupakan sutradara yang cerdas, sehingga mampu memilih kata-kata yang tepat pada setiap momennya. Hal inilah yang menjadi kekuatan dari film ini, sehingga banyak yang menunggu penayangannya.

Perencanaan Pembuatan Film

Padahal sebenarnya pembuat ide awal film ini, Spielberg menginginkan film ini tayang pada tahun 2008. Karena pada tahun 2007 terdapat peristiwa Writers Guild, film ini tidak terselesaikan.

Karena masalah anggaran, Spielberg keluar dari tugasnya sebagai sutradara pada sinopsis The Trial of the Chicago 7. Kemudian pada tahun 2018, Aaron Sorkin yang keluar sebagai sutradara untuk menggantikannya.

Pada saat itu pula, mulai banyak pemeran yang bergabung untuk membintangi film ini. Waktu berlangsungnya syuting film ini adalah pada saat musim gugur Chicago dan sekitar New Jersey pada 2019.

Fakta lainnya yaitu rencananya akan rilis secara teatrikal oleh Paramount Pictures. Nah, karena masalah pandemi Covid-19, Netflix membeli hak distribusi film ini.

Kabar baiknya, film ini mendapat ulasan yang positif dari para kritikus. Mereka memuji pertunjukan, skenario, dan juga kesejajaran modern dengan 1960-an.

Sinopsis The Trial of the Chicago 7 ini telah tayang pada bioskop tertentu pada tanggal 25 September 2020. Namun, anda sudah bisa menyaksikan film ini melalui aplikasi Netflix sejak tanggal 16 Oktober kemarin. (R10/HR-Online)