SsangYong Rexton 2021 Siap Debut dengan Berbagai Perubahan Terbaru

SsangYong Rexton 2021 Siap Debut dengan Berbagai Perubahan Terbaru
Ilustrasi. SsangYong Rexton 2021. Foto : Istimewa

SsangYong Rexton 2021 akan memulai debut secara global pada 2 November 2021 dan itu sudah resmi bukan sebuah rumor lagi. Sementara Australia sendiri, SsangYong telah mengkonfirmasi akan melakukan debutnya pada kuartal kedua 2021.

SUV tujuh tempat duduk ukuran penuh ini berdasarkan pada platform truk pickup Musso merek Korea Selatan. Hal ini menjadikan mobil ini sebagai konstruksi bodi tangga.

Rexton generasi kedua yang keluar pada tahun 2017, membawa perombakan desain dan teknologi yang lengkap daripada pendahulunya. Yang mana pendahulunya telah sangat ketinggalan zaman dari tahun 2006.

Kabarnya facelift Rexton 2021 akan menuju India juga dalam waktu dekat ini. Namun model yang akan meluncur ke India adalah Mahindra Alturas G4, mobilnya sama tetapi memiliki lencana berbeda.

Pembaruan SsangYong Rexton 2021

Untuk membedakannya dari model lama, facelift Rexton 2021 hadir dengan sejumlah polesan dan pembaruan fitur. Pembaruan tersebut ada pada bagian dalam maupun luar mobil.

Bagian depan Rexton 2021 terlihat mengintimidasi dan mencolok. Grilnya yang besar dan tampak canggih terdapat hiasan dengan aksen krom.

Baca Juga : Nissan Z Nextgen Akan Memiliki Konsep Identik Dengan Z Proto

Selain itu, gril tersebut terampit oleh lampu depan LED quad-beam baru dengan DRL LED khas pada pinggirannya. Bemper depan yang terlihat lebih sporty dari sebelumnya, dengan lampu kabut LED dan intake udara pada apron bawah.

Siluet samping SsangYong Rexton 2021 yang baru dan desain umum sebagian besar tidak berubah, meskipun akan ada velg baru. Itu merupakan perubahan pada bagian depan, selanjutnya perubahan yang terjadi pada bagian belakang.

Bagian belakang Rexton 2021 hadir dengan lampu belakang LED modis, spoiler atap baru, dan bumper yang sepenuhnya terdesain ulang. Desain ramping bemper belakang membuatnya terlihat tidak terlalu besar dan pas dengan sandaran mobil.

Interior Rexton 2021

Meskipun pembaruan polesan pada eksterior mungkin tidak terlalu ekstensif, namun pembaruan tersebut cukup untuk menarik perhatian. Masuklah ke dalam kabin Rexton 2021 dan akan melihat beberapa perbedaan antara model facelift serta pendahulunya.

Pertama, lingkar kemudi berbalut kulit baru lengkap dengan desain empat palang. Kelompok instrumen pengemudi juga baru lengkap dengan layar digital yang sepenuhnya modern.

Selain itu, jok-jok SsangYong Rexton 2021 sudah baru dan mendapat desain keren pada bahan kulitnya. Tuas persneling tradisional dari mobil lama telah berubah dengan pengaturan shift-by-wire kontemporer.

Tak hanya itu, segala sesuatu pada sekitar perpindahan gigi baru juga telah mengalami perubahan. Bagian atas dan bawah dari tumpukan tengah mendapat perevisian, sedangkan kontrol HVAC juga berbeda. Bagian kabin lainnya dari Rexton 2021 kurang lebih sama.

Baca Juga : Mitsubishi Xpander Mini 660cc, Harga Murah Tapi Fitur Bikin Terpukau

Kualitas bangunannya cukup bagus, begitu pula sebagian besar bahan yang ada pada interior ini. SsangYong Rexton mungkin kendaraan besar dengan tujuh tempat duduk, tetapi ruang untuk orang dewasa pada baris ketiga akan sempit.

Karena sasis tangga bodinya, ada banyak gubbin berpenggerak empat roda pada bagian bawah kabin penumpang. Inilah yang merampas baris terakhir ruang kakinya dan mengharuskan penghuninya untuk duduk dalam posisi berlutut, sehingga tidak terlalu nyaman.

Fitur dan Mesin Rextin 2021

SsangYong Rexton 2021 akan lengkap dengan lebih banyak fitur lonceng dan peluit. Mencakup sistem infotainment layar sentuh 8.0 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Selain itu, juga terdapat kamera parkir dengan tampilan surround dan kontrol iklim otomatis multi-zona. Lalu kursi depan yang dapat tersetel secara elektrik dan juga cruise control.

Facelift SsangYong Rexton juga lengkap dengan banyak kit keselamatan sebagai standar. Sebut saja airbag dengan Electronic Stability Program (ESP), Anti-Rollover Protection (ARP), dan sensor parkir.

Kemungkinan besar mesin diesel dalam mobil yang akan datang menjadi unit dan memberi daya pada SsangYong Rexton 2021. Mesin empat silinder turbocharged 2.2 liter yang memenuhi standar BS6, menghasilkan tenaga 127hp dan torsi maksimum 420Nm.

Pembakaran oli ini menggunakan kotak roda gigi otomatis 7 kecepatan dalam kondisi saat ini. Kemudian membagi daya ke sistem 4WD paruh waktu.

Dengan berat lebih dari 2,1 ton, SUV ini tidak untuk berakselerasi sangat tinggi. Tetapi masih bisa melaju pada kecepatan sekitar 185 km/jam.

Peluncuran SsangYong Rexton 2021 ini telah terkonfirmasi dengan adanya kemunculan teaser yang cukup jelas. Namun pengungkapan resminya kira-kira akan terjadi pada tanggal 4 November mendatang dan debut global tahun depan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Daihatsu Rocky 2021 Siap Meluncur ke Indonesia Tahun Depan