Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani
Ilustrasi starter mobil mati. Foto istimewa

Starter mobil mati bukan hanya karena pengaruh pada komponen akinya. Namun, ada beberapa penyebab yang menimbulkan starter tidak nyala.

Mobil menjadi salah satu alat transportasi pribadi yang banyak membantu pemiliknya untuk pergi ke suatu tempat. Banyak hal yang bisa anda dapatkan ketika memiliki mobil sendiri.

Akan tetapi, anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi jika salah satu komponen rusak. Jika tidak terawat secara teratur, komponen pada kendaraan yang satu ini juga bisa mengalami yang namanya kerusakan.

Salah satu yang sering terjadi yaitu pada bagian starternya. Starter mobil memiliki peranan yang cukup penting untuk berkendara.

Jika starter mati atau rusak, sebaiknya segera atasi agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kemungkinan besar komponen ini mengganggu sistem kelistrikan sehingga mengakibatkan mati.

Namun, sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya anda tahu komponen, penyebab, dan cara mengatasinya. Cara yang dilakukan pun tidak bisa sembarangan karena perlu pengetahuan khusus tentang dunia otomotif. Starter mobil mati mungkin cukup sulit untuk mengatasinya. Hal ini karena tidak semua orang tahu akan dunia otomotif.

Penyebab Starter Mobil Mati

Ketika starter mobil tidak bisa nyala, mungkin anda bingung untuk mengatasinya. Apalagi ketika hal ini terjadi saat anda sedang bepergian.

Baca Juga : Kaca Depan Mobil Seret, Rawat dan Bersihkan Karet Relnya 

Sebelum mengatasinya, alangkah sebaiknya cari tahu dulu apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi. Starter bermasalah tidak berarti karena pengaruh dari aki mobil.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan starter tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi karena kondisi aki melemah, dinamo starter bermasalah, atau bahkan businya.

Selain itu, jika kompresi silinder rendah, choke bermasalah, serta injektor kotor maupun tersumbat oleh debu juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu, selalu berikan perawatan pada mobil anda secara teratur.

Cara Mengatasi Starter Mobil Mati

Setelah anda tahu apa saja faktor starter yang tidak bisa nyala cari tahu bagaimana mengatasinya. Jika anda tahu, dapat mengurangi rasa kepanikan dan bingung ketika menghadapi masalah ini.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi starter mobil tidak nyala. Ulasannya sebagai berikut:

1. Cek Kondisi Aki

Solusi pertama yang bisa anda lakukan ketika starter mati yaitu melakukan pengecekan pada aki mobil. Komponen yang satu ini memiliki pengaruh yang cukup penting dari sistem kelistrikan.

Sehingga jika aki bermasalah, tentunya semua kelistrikan pada kendaraan akan ikut bermasalah. Lakukan pengecekan pada level air aki dan tegangan listriknya.

2. Cek Kondisi Fuel Pump

Periksa layar fuel pump dengan cara memeriksa kondisinya di layar Multi Information Display (MID). Komponen ini terletak pada dashboard mobil.

Anda bisa melihatnya dari indikator Check Engine di speedometer yang ada di MID. Cara ini merupakan yang paling mudah ketika mobil bermasalah.

Jika komponen dalam keadaan kotor, membuatnya tidak bisa menyala. Jika penyebabnya terjadi karena hal ini, lebih baik bawa ke bengkel segera.

3. Cek Karburator

Langkah yang bisa anda lakukan ketika starter mobil mati yaitu memeriksa komponen karburator. Komponen ini sama pentingnya dengan aki mobil.

Baca Juga : Memanaskan Mobil Matic, Ini Dia Tips-Tips dan Manfaatnya

Fungsi dari karburator itu sendiri yaitu untuk mengatur sirkulasi udara dan bahan bakar. Jika karburator kotor, maka akan menghambat terjadinya sirkulasi tersebut.

Sehingga berpengaruh pada proses starting mesin mobil. Lakukan pengecekan secara rutin agar komponen bisa berfungsi dengan maksimal.

4. Cek Kondisi Sekring

Saat starter bermasalah juga bisa disebabkan karena pengaruh dari kondisi sekring. Cara memeriksanya yaitu cari tahu apakah ada kabel yang terputus.

Sekring terbagi menjadi dua kutub yaitu positif dan negatif. Periksa keduanya setelah anda cek aki mobil dan karburatornya.

5. Cek Dinamo Starter

Cara terakhir yang bisa anda lakukan saat starter mobil mati yaitu mengecek dinamonya. Bagian ini mampu menggerakkan roda gila pada dapur pacu kendaraan.

Sehingga mesin akan tetap berfungsi secara normal. Dinamo starter memiliki peranan yang cukup penting pada kendaraan roda empat ini.

Perawatan pada setiap komponen kendaraan perlu anda lakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat starter mobil mati, anda bisa lakukan pengecekan pada beberapa komponen. Hal ini bisa anda lakukan sendiri tanpa harus minta bantuan jasa montir. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Idling Stop System, Mampu Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar