Strategi Pemasaran Online, Meraih Pasar dengan Lebih Efektif

strategi pemasaran online
Strategi pemasaran online yang efektif. Foto: Ist/Net

Strategi pemasaran online yang tepat merupakan kunci sukses usaha yang kita jalankan melalui internet. Apapun bentuk bisnis online yang Anda jalankan, menerapkan pemasaran online yang efektif akan mendongkrak penjualan Anda.

Menjalankan usaha secara online tak bisa asal jalan saja. Anda harus mengutamakan kepercayaan konsumen mengingat banyaknya keterbatasan transaksi melalui internet.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner, dari Soal Rasa, Konsep Hingga Pemasaran

Sebuah bisnis online sukses bukan saja akan membuat jualan Anda semakin laris namun juga akan meningkatkan loyalitas mereka. Apalagi dengan banyaknya kasus penipuan di internet yang membuat konsumen tak mudah berbelanja pada sembarang lapak.

Pentingnya Strategi Pemasaran Online

Begitu juga untuk Anda yang sudah mempunyai suatu usaha maka perlu mengembangkannya dengan membuka usaha secara online. Berikut ini berbagai keutamaan strategi pemasaran online yang sebaiknya Anda tahu.

Pasar yang Sangat Luas

Pasar konsumen internet bukan hanya masyarakat pada satu negara namun juga konsumen pada berbagai negara yang terhubung internet. Bisnis yang terpercaya akan memudahkan Anda menjangkau pasar global.

Pengelolaannya Mudah

Menjalankan dan mengelola usaha online sangat mudah. Anda tidak membutuhkan banyak staf dan tenaga kerja untuk membangun bisnis yang berhasil dengan penjualan melimpah.

Hemat Biaya

Biaya yang mesti kita keluarkan untuk membayar semua operasional bisnis online tidak besar. Biaya umumnya hanya untuk membeli domain, hosting, theme, dan membangun backlink dan itu tidak besar.

Keuntungan yang Besar

Potensi keuntungan dengan bisnis melalui internet sangat besar. Meskipun soal harga jual produk sangat sensitif bagi konsumen internet, namun jika Anda berhasil dalam strategi pemasaran online maka potensi keuntungannya tidak kecil.

Bekerja dari Rumah

Bisnis online dapat Anda jalankan dan kerjakan dari rumah saja. Bahkan Anda bisa mempekerjakan karyawan sebagai virtual asisten yang masing-masing bisa bekerja dari rumahnya. Sangat praktis dengan biaya yang rendah.

Alternatif Strategi Pemasaran Online

Mengapa Anda tertarik untuk memilih dan melakukan bisnis online dan bukan yang offline? Jika Anda yang ingin menekuni bisnis online yang berhasil perlu merancang usaha dengan matang khususnya aspek marketingnya.

Namun dalam perencanaan promosi ini sebaiknya Anda juga perlu memikirkan saluran distribusi barang yang juga berkaitan dengan sistem pengiriman. Perusahaan ekspedisi apa yang Anda percaya dan pilih untuk pengiriman barang pesanan ke konsumen.

Baca Juga: Strategi Manajemen Pemasaran yang Harus Diperhatikan

Salah satu yang harus Anda kuasai adalah memahami dan mengetahui strategi pemasaran online yang efektif. Berikut ini beberapa hal penting dalam digital marketing yang sebaiknya Anda tahu.

Teknik Copywriting

Sebuah iklan yang menarik adalah yang mampu membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Ingat Anda sedang membangun bisnis online shop yang pastinya berusaha melayani banyak orang.

Karena itu pentingnya Anda menguasai teknik copywriting atau membuat konten iklan yang menarik. Anda bisa mempelajarinya dengan mencontoh iklan yang berhasil. Ubah kalimatnya sesuai jenis produk Anda.

Untuk memasang iklan promosi Anda bisa lakukan dengan Facebook ads atau Instagram ads. Strategi pemasaran online ini tentu saja berbayar. Namun jika hasil yang kita dapatkan lebih besar tentunya lebih menguntungkan.

Teknik Marketing Funnel

Tahukah Anda apa itu teknik marketing funnel? Ini adalah teknik penjualan yang memperhatikan setiap proses dari awal sampai terjadinya penjualan. Termasuk memperhatikan bagaimana orang merespon konten promosi, melakukan klik iklan, dan membaca deskripsi penawarannya.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Pemasaran 4P dalam Bauran Pemasaran

Jika ada yang tertarik untuk membeli barang tersebut kemudian akan mengontak nomor telepon yang ada atau mengirimkan pesan. Meski hanya sekadar bertanya “barangnya apa masih ada?” atau “berapa harganya?”.

Langkah strategi pemasaran online selanjutnya adalah mengalihkannya agar calon pembeli bersedia menghubungi whatsapp kita. Dari orang yang sekedar bertanya tentunya akan ada sebagian yang akan membeli produk kita.

Dengan teknik ini Anda telah mempunyai alamat kontak sehingga bisa melakukan list building. Untuk konsumen yang tidak jadi membeli  produk, bisa tawarkan dengan produk lain sehingga terjadi penjualan beruntun.

Itulah pentingnya strategi pemasaran online yang sebaiknya Anda rencanakan dengan baik dan matang. Dengan mengandalkan pemasaran online saja, Anda tak perlu memiliki produk untuk bisnis Anda namun tetap mendapat keuntungan. (R11/HR-Online)