Suara Penelpon Tidak Terdengar, Simak Cara Mengatasinya!

Suara Penelpon Tidak Terdengar
Ilustrasi Suara Penelpon Tidak Terdengar, Foto: Istimewa

Bagaimana jika suara penelpon tidak terdengar saat melakukan panggilan? Pastinya ini akan membuat anda merasa bingung bukan?.

Sebenarnya, gangguan semacam ini sudah sangat sering terjadi. Maka dari itulah, sebagai pengguna HP tak perlu resah ketika masalah ini terjadi.

Baca Juga : Kecerahan Layar Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mengatasinya!

Seperti yang kita tahu, salah satu fungsi utama dari HP yang kita gunakan yaitu untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Tidak hanya sekedar chating saja, akan tetapi juga untuk melakukan panggilan telepon.

Apa jadinya jika fungsi telepon ini mengalami kerusakan? Sudah dapat kita pastikan bahwa akan menghambat komunikasi kita.

Cara Mengatasi Suara Penelpon Tidak Terdengar

Ketika anda mendapati gangguan semacam ini, tidak perlu khawatir. Pasalnya, anda bisa mengatasinya dengan sangat mudah. Pada dasarnya, gangguan ini tidak terjadi begitu saja. Akan tetapi, ada faktor sebagai pemicunya.

Sebelum kita membahas bagaimana cara yang bisa kita lakukan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab dari kerusakan tersebut. Sehingga, selain kita dapat memberikan penanganan juga bisa melakukan pencegahan.

Terdapat kita komponen penting yang harus anda tahu. Pertama adalah microphone, speaker, dan yang terakhir adalah buzer. Antara ketiga komponen tersebut, yang memberikan pengaruh terhadap aktivitas telepon, yakni speaker dan juga microphone.

Ketika kedua komponen ini mengalami kerusakan, ada berbagai kemungkinan yang terjadi. Bisa karena perangkat kemasukan air, HP terbentur benda keras, atau terjatuh.

Baca Juga : Ganti Bahasa Android, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini

Selain itu, juga bisa karena bug pada ROM yang anda gunakan. Kerusakan pada port jack headset pun juga bisa membuat suara penelpon tidak terdengar.

Setelah kita sudah mengetahui apa saja faktor yang bisa membuat kerusakan tersebut terjadi, akan lebih baik untuk menghindarinya. Akan tetapi jika kerusakan ini sudah terlanjur terjadi, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Restart HP

Pertama, kita akan membahas cara yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu dengan restart HP. Restart ini memiliki tujuan untuk merefresh kembali sistem Android, barang kali memang terjadi error. Tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, tekan tombol power
  2. Setelah itu, silahkan anda pilih untuk matikan daya
  3. Berikutnya, coba diamkan beberapa saat. Terdapat catatan untuk anda, jika HP yang anda miliki adalah tipe removable, lepas baterai menjadi langkah terbaiknya.
  4. Jika anda melepas baterai, maka pasang kembali dan hidupkan
  5. Silahkan anda coba untuk kembali melakukan panggilan telepon, hal ini anda lakukan untuk memastikan suara penelpon tidak terdengar sudah teratasi dengan baik.

Menghapus Data Aplikasi Telepon

Hati-hati dengan aplikasi corrupt atau error. Sebab, dapat memberikan pengaruh pada kualitas suara saat melakukan aktivitas panggilan.

Jangan khawatir, solusi mudah dan cepatnya adalah dengan hapus data aplikasi telepon. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Silahkan anda masuk ke “Pengaturan” dengan ikon seperti roda bergerigi
  2. Kemudian, gulir dan temukan menu “Aplikasi”
  3. Langkah berikutnya, pilihlah seluruh menu (all)
  4. Setelah itu, anda cari “Aplikasi Telepon”
  5. Lalu, anda pilih “Hapus Data”
  6. Untuk mengetahui apakah anda sudah berhasil mengatasi suara penelpon tidak terdengar atau belum, cobalah untuk kembali menelpon orang lain. Jika anda sudah bisa mendengar percakapan penelpon, maka anda berhasil menggunakan cara ini.

Mengatur Volume HP

Ada kalanya kita sebagai pengguna, justru abai dengan hal-hal kecil terhadap HP yang kita gunakan. Suara penelpon yang bermasalah ini, ternyata bisa terjadi karena pengaturan volume tidak terlalu tinggi.

Baca Juga : Alarm HP Tidak Berfungsi, Inilah Cara Mengatasinya!

Apalagi bila suara si penelpon sangat pelan, tentu saja suara menjadi tidak terdengar melalui speaker HP anda. Ketika hal ini terjadi, anda bisa melakukan pengaturan pada volume HP-nya. Simak cara mudahnya berikut ini agar suara penelpon tidak terdengar bisa terdengar oleh anda.

  1. Silahkan anda tekan tombol volume atas ketika terdapat panggilan masuk
  2. Atau anda bisa menggunakan cara lain dengan masuk ke menu “Pengaturan”
  3. Kemudian anda pilih “Bunyi dan Getar”
  4. Setelah itu, cobalah untuk atur volume media dengan lebih tinggi ketimbang sebelumnya
  5. Terakhir anda bisa coba cek kembali apakah suara penelpon tidak terdengar masih terjadi. Bila tidak, itu artinya cara ini membuahkan hasil. (R10/HR-Online)