Sungai Meluap, Warga Bolenglang Ciamis Waspada Banjir

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Diguyur hujan deras pemukiman warga yang berada di RT 01, RT 02 Rw 21 lingkungan Bolenglang, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tergenang air. Air berasal dari luapan Sungai Cimemen, luapan air juga ada yang merendam sebagian rumah warga yang posisinya berada persis di sisi sungai.

“Hujan turun lebat sekali sekitar pukul 15.00 WIB, sehingga sungai yang berada di tengah pemukiman tersebut meluap dengan membawa sampah, air juga masuk ke pemukiman,” ungkanp Hans Hendrayana, ketika dihubungi HR Online, Selasa (20/10/2020).

Kata Hans, akibat arus sangat tinggi, rumah warga yang berada di pinggiran sungai lantainya sudah sejajar dengan air sungai. Bahkan air sudah ada yang masuk ke rumah warga.

Akibat kejadian ini, banyak warga yang panik karena genangan air masuk pemukiman, sehingga antisipasi dilakukan warga dengan menahan beberapa lokasi supaya air sungai tidak masuk ke rumah.

“Sungai cimemen ini merupakan sungai kecil di tengah Kota Ciamis, dan di sepanjang sungai tersebut dipadati rumah penduduk. Sehingga ketika terjadi hujan lebat maka aliran sungai menjadi deres,” jelas hans.

Kata Hans, meski air sekarang berangsur surut, namun warga terus waspada karena hujan masih turun. Sehingga bisa dipastikan air sungai bisa meluap lagi, maka dari itu warga terus waspada.

“Warga yang berada di sepanjang sungai sampai sekarang terus berjaga. Karena hujan di wilayah hulu masih terjadi dan air sungai juga masih deras mengalir. Takutnya air terjadi meluap dan rumah warga tergenang banjir,” jelasnya lagi.

Hans berharap hujan segera mereda sehingga warga Bolenglang bisa tenang berada di dalam rumah. “Tidak seperti sore tadi kami khawatir ketika melihat air sungai cukup deras dan besar. Bahkan sudah ada yang masuk ke rumah warga,” katanya.

Warga Bolenglang sampai saat ini terus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga lokasi pemukiman. “Kami bersama warga lainnya terus waspada melihat aliran Sungai Cimemen. Karena takutnya air meluap kembali,” tandasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu