Surface Laptop Go, Produk Microsoft Terbaru Menggunakan eMMC

Surface Laptop Go Produk Microsoft Terbaru Menggunakan eMMC
Ilustrasi Surface Laptop Go. Foto: Istimewa

Surface Laptop Go merupakan produk baru dari Microsoft yang memiliki harga lebih terjangkau dari yang sebelumnya. Salah satu perusahaan besar ini mengeluarkan produk versi kedua Surface Pro X yang menjadi saingan untuk iPad Pro.

Bocoran nama produk baru Microsoft ini mulai terdengar sejak 30 September 2020 lalu. Selain mengenai nama bocoran dari perusahaan teknologi, juga berupa spesifikasi. Sumbernya sendiri berasal dari sebuah akun media sosial Twitter @rquandt.

Dalam akun tersebut mengatakan jika laptop baru ini memiliki layar 12,45 inci dengan resolusi 1532 X 1024 serta LCD PixelSense. Tentu saja laptop ini termasuk kategori ukuran kecil sehingga mudah untuk pengguna bawa kemana dan kapan saja.

Spesifikasi Surface Laptop Go

Perilisan resmi produk Microsoft ini pada tanggal 1 Oktober 2020 dengan rasio 3:2 sekaligus telah menggunakan layar sentuh. Menarik bukan laptop baru Microsoft ini dengan kemampuannya?

Baca Juga : Laptop Core i5 Terbaik, Tertarik Meminang? Berikut Pilihannya

Untuk menguatkan performa, maka menggunakan prosesor Intel Core i5-1035GI generasi 10 yang memiliki perpaduan dengan Intel UHD Graphics yang semakin kencang dalam berselancar internet. Perangkat yang Microsoft berikan untuk produknya ini menggunakan memori LPDDR4X 4GB dan 8GB.

Sedangkan untuk penyimpanannya menggunakan 64GB eMMC atau 128/256GB SSD yang membuat penggunanya tidak kebingungan dalam menyimpan berbagai file penting. Sehingga performa yang kencang dipadukan dengan penyimpanan yang memadai sangat mendukung kinerja Surface laptop Go.

Fitur-Fitur

Untuk memaksimalkan penggunaan produk terbaru Microsoft, maka perusahaan ini menyematkan fitur-fitur lainnya sehingga penggunanya akan nyaman dalam menyelesaikan tugasnya. Mulai dari webcame 720p f2.0, speaker dengan menggunakan Dolby Audio, dan mikrofon jarak jauh.

Tidak cukup hanya itu saja, ternyata Surface Laptop Go juga membekali laptopnya dengan USB Type C (1), USB Type A (1), WiFi 802.11ax, Bluetooth 5.0, port surface connect, dan jack headphone. Lengkap bukan port yang Microsoft berikan untuk memanjakan penggunanya?

Baca Juga : Laptop Gaming Honor Hunter Segera Rilis 16 September 2020

Produk yang baru rilis ini menggunakan bahan aluminium untuk bagian penutupnya serta sistem resin komposit polikarbonat yang memiliki serat kaca. Lalu ada 30 persen konten yang telah mengalami daur ulang untuk bagian alasnya.

Menariknya, produk ini menyediakan tiga warna, yaitu Ice Blue, Sandstone, serta Platinum. Konsumen Microsoft tentunya semakin dimanjakan dengan pilihan warna seperti ini. Untuk itu, bisa menyesuaikan pilihan warna dengan keinginan.

Beralih ke kapasitas baterai yang memungkinkan penggunanya bisa menggunakan laptop sampai 13 jam. Oleh karena itu, ketika menggunakan laptop di luar rumah, akan aman untuk kapasitas baterainya.

Laptop produk Microsoft hadir menggunakan Windows 10 Home dengan mode S. Untuk laptop dasar yang menggunakan memori 4GB serta 64GB eMMC, mereka hargai dengan 550 dolar AS. Sedangkan untuk produk yang menggunakan memori 8GB serta 256GB SSD akan memiliki harga 700 dolar AS.

Surface Pro X

Selain Surface Laptop Go, ternyata Microsoft juga memberikan laptop lain untuk versi keduanya yang mengalami pembaharuan dari sebelumnya. Kali ini produk Microsoft ini berupa tablet Surface Pro X premium yang menggunakan Windows 10 Home.

Pembaharuan yang Microsoft lakukan salah satunya menggunakan basis ARM dengan layar sentuh berukuran 13 inci sekaligus memiliki rasio 3:2 beresolusi 2.880 X 1920 piksel. Pihaknya mengklaim jika produknya ini merupakan yang tertipis untuk Surface Pro, namun tetap mempertahankan adanya kickstand.

Perangkat untuk produk versi kedua ini menggunakan custom chipset Microsoft SQ 1 serta SQ 2 yang menjadi buatan Qualcomm.

Pihaknya tidak memberikan secara rinci mengenai chipset yang mereka gunakan. Mengingat SQ 1 basisnya Snapdragon 8cx serta kemungkinan untuk SQ 2 basisnya Snapdragon 8cx Gen 2.

Sedangkan untuk bagian memorinya menggunakan 2 varian, yaitu 8GB serta 16GB LPDDR4X dengan memori internalnya mulai dari 128, 256, dan 512GB. Selain Surface Laptop Go, maka laptop ini juga akan meramaikan pasar Microsoft.

Fiturnya menggunakan webcame 5MP, bisa untuk video 1080p serta adanya sebuah kamera yang terpisah untuk pendeteksi wajah Windows Hello. Sementara itu, bagian belakangnya juga menggunakan kamera 10MP yang bisa untuk perekaman sampai 4K.

Miliki Surface Laptop Go dan Suface Pro X untuk menjadi laptop andalan ketika bekerja dan menyelesaikan berbagai tugas mulai ringan sampai berat. Tentu perangkat ini akan sangat memanjakan para penggunanya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Laptop MSI Modern 14, Pilihan Warna Memukau Dengan Performa Baik