Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruSuzuki Access 125 Berkonsep Retro dengan Pembaruan Fitur Canggih

Suzuki Access 125 Berkonsep Retro dengan Pembaruan Fitur Canggih

Suzuki Access 125 resmi meluncur pada awal tahun 2020 dengan berbagai pembaruan. Untuk India sendiri motor ini memiliki harga sekitar 15 jutaan, namun sayangnya belum meluncur ke Indonesia.

Access 125 telah menjadi pesaing dominan pada ruang 125cc, sejak memasuki pasar India pada tahun 2007. Pembaruan Access 125 yang kemudian menjadi kekuatan dominan absolut pada ruang skuter 125cc.

Baca Juga : Honda H’ness CB 350, Motor Bergaya Retro dengan Berbagai Fitur Terkini

Pada kenyataannya, Access merupakan skuter otomatis 125 pertama pada pasar India. Peningkatan kinerja yang signifikan tanpa banyak penurunan efisiensi dan kepraktisan telah membuat pelanggan terpikat.

Berbagai fitur canggih yang tersemat, siap menjadi pesaing motor sejenis lainnya. Selain itu, tersedia warna terbaru yang bisa jadi pilihan.

Review Suzuki Access 125

Skuter ini terlihat identik dengan model generasi sebelumnya, yaitu dengan bahasa desain melengkung. Lampu depan yang terpasang, indikator belok pada apron, jok kontras, dan trim krom semakin menonjolkan premiumnya.

Dengan nada sama, ia mempertahankan kualitas pembuatannya yang merupakan salah satu terbaik pada segmennya. Berkat celah panel yang konsisten dan plastik kokoh, semakin minat pelanggan untuk membelinya.

Pengaturan suspensi Access 125 terbaru adalah salah satu yang terbaik. Baik itu lubang atau pemecah kecepatan besar, sehingga menawarkan kualitas pengendaraan yang sangat baik.

Suzuki Access 125 lengkap dengan rem cakram depan dan rem drum belakang yang menawarkan perkembangan dan umpan balik baik. Meskipun bekerja lebih baik dari generasi sebelumnya, ia masih kurang menggigit daripada skuter dengan rem cakram depan lainnya.

Walaupun bobotnya bertambah, Access 125 tetap terasa gesit dan mampu melewati lalu lintas dengan sangat mudah. Faktornya roda depan 12 inci dan sekokoh batu, baik itu pada tikungan atau sekadar melewati jalan lurus.

Mesin dan Performa

Suzuki berhasil menambah tenaga sebanyak sebelumnya dari mesin 124cc, yang mana menghasilkan 8,7PS tetapi kehilangan torsi 0,2Nm. Untungnya penurunan ini cukup kecil, sehingga tidak membuat perbedaan nyata dalam kondisi ini.

Baca Juga : Kawasaki D-Tracker SE, Motor Sport Tangguh untuk Segala Medan

Menariknya, skuter bertambah 2kg namun masih berhasil melesat keluar dari jalur dan memiliki cukup banyak umpan cepat. Penambahan injeksi bahan bakar, membuat mesin terasa lebih mulus dari sebelumnya.

Akselerasi yang terbatas, presisi, serta motor hemat yang menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Berkat penyetelan baru, Suzuki Access 125 dapat melaju dengan nyaman antara 70-80km per jam pada jalan tol.

Keamanan dan Fitur

Agar sejalan dengan norma misi BS6, Access mendapatkan motor 125cc yang telah berubah dengan injeksi bahan bakar. Selain itu, motor ini memiliki lampu depan LED penuh daripada unit halogen konvensional pada model BS4.

Meskipun lemparan dan penyebarannya bagus dalam batas kota, intensitasnya kurang serta terlihat jelas pada jalan gelap gulita. Iluminasi bantuan Eco baru membentuk lengkungan pada sekeliling speedometer.

Warnanya tetap hijau saat pengendara tidak menekan pedal gas, tetapi secara bertahap berubah menjadi biru saat mengebut lebih keras. Bantuan ramah lingkungan pada Suzuki Access 125 hanyalah indikator dan tidak benar-benar menandu pengendara saat memasukkan gas.

Konsol instrumen analog digital dengan pembacaan konvensional seperti pengukur bahan bakar, odometer, dan dua pengukur perjalanan. Tentu mudah terbaca bahkan dalam kegelapan, tetapi konsol digital lengkap akan memberi skuter beberapa poin tambahan.

Kenyamanan lainnya datang dalam bentuk soket pengisi daya USB yang berada pada apron depan. Berguna untuk menyimpan pernak-pernik seperti ponsel atau dompet.

Namun, tetap harus berhati-hati dalam situasi seperti itu karena ponsel atau dompet akan mudah jatuh dari penyimpanan yang terbuka. Apalagi saat Suzuki Access 125 melewati lubang berukuran besar atau saat kecepatan yang besar pula.

Untuk kemudahan penggunaan, Suzuki telah melengkapi Access dengan tutup pengisi bahan bakar eksternal pada bagian belakang. Tetapi tidak seperti skuter lain yang memiliki fasilitas untuk membuka tutupnya dari jarak jauh.

Namun, mengharuskan pengendara untuk turun dari motor dan secara fisik membuka penutupnya dengan kunci. Saklar buka kunci tepat pada sebelah kunci kontak, seperti Activa 125 BS6.

Suzuki Access 125 dengan gaya Eropa ini mendapat pembaruan fitur canggih yang semakin memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara. Tentunya semakin membuat pecinta motor retro Tanah Air menjadi tidak sabar untuk bisa memilikinya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : BMW R 1250 GS 2021 Meluncur Dalam Rangka Anniversary ke-40 Tahun
- Advertisment -

Berita Terbaru