Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pamarican Ciamis Perbaiki Tanggul Sungai yang Jebol

Tanggul Jebol
Warga Pamarican, Kabupaten Ciamis memperbaiki tanggul sungai Citalahab yang jebol, Jum'at (23/10/2020). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Antisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir, puluhan warga Dusun Tamansari, RT 23, RW 06, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bergotong royong membetulkan tanggul yang nyaris habis tergerus oleh aliran sungai Citalahab, Bendungan Gunung Putri Dua, Jumat (23/10/2020).

Kepala Dusun Tamansari, Kusnadi, mengatakan, puluhan warga saat ini tengah bergotongroyong memperbaiki tanggul yang jebol akibat abrasi sungai.

“Warga terpaksa memperbaiki tanggul secara swadaya. Dimana saat ini puluhan warga kami tengah merasa resah dengan adanya tanggul yang jebol dan tidak pernah ada upaya perbaikan dari pihak yang berwenang,” katanya.

Kusnadi mengatakan, belum lama ini tanggul yang berlokasi dekat Bendungan Gunung Putri Dua mengalami abrasi. Bahkan longsoran terus terjadi hingga mengancam ketenteraman warganya.

“Jika tanggul ini tidak segera diperbaiki, warga khawatir tanggul akan jebol dan mengakibatkan luapan air sungai Citalahab meluap. Air bisa masuk merendam pemukiman warga. Maka kami bersama warga sepakat untuk mengambil langkah membetulkan tanggul secara swadaya,” ujarnya.

Kusnadi juga mengatakan, selama terjadinya abrasi, pihak desa telah berusaha untuk mengajukan usulan melalui proposal ke BBWSC Banjar, namun sayang, usulan tersebut tidak pernah didengar.

Pantauan HR Online di lapangan, puluhan warga dibantu oleh TNI dari Koramil Pamarican bergotong royong membetulkan tanggul. Warga memperbaiki tanggul dengan menggunakan karung yang diisi tanah.

Sampai berita ini diunggah belum ada tanggapan dari pihak BBWS Banjar. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu