Taman Minimalis Samping Rumah Berikan Nuansa Lebih Segar dan Asri

Taman Minimalis Samping Rumah Berikan Nuansa Lebih Segar dan Asri
Taman Minimalis Samping Rumah. Foto Istimewa.

Taman minimalis samping rumah mampu membuat suasana hunian terasa lebih segar dan cantik. Apalagi dengan ide desain taman yang saat ini semakin beragam dan variasi.

Banyak yang memilih taman samping karena lebih privat daripada membuatnya ada depan rumah. Dengan menambahkan meja serta kursi kecil, taman bisa menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat.

Ada banyak ide desain taman samping yang bisa menciptakan area sisi rumah lebih indah dan natural. Desain-desain ini bisa anda aplikasikan, bahkan pada lahan yang sempit sekalipun.

Baca Juga: Menata Taman Depan Rumah Sederhana yang Unik dan Menarik

Desain Taman Minimalis Samping Rumah

Membuat taman samping yang minimalis bisa menjadi ide tepat untuk membuat hunian terlihat lebih asri dan cantik. Meskipun dengan lahan terbatas, anda bisa menyiasatinya dengan melakukan penataan yang tepat.

Dengan mencari inspirasi desain taman yang kini banyak beredar, bisa memudahkan anda membuat taman samping sesuai keinginan. Berikut ini beberapa desain taman samping yang dapat menjadi ide untuk hunian anda.

Taman Samping Vertikal

Membuat taman ini dapat menjadi solusi untuk bagian samping rumah yang biayanya tidak terlalu luas. Anda bisa menambahkan susunan pot-pot tanaman pada area tembok samping rumah anda.

Anda bisa menambahkan beberapa tanaman pada pot dengan model sesuai keinginan pada taman minimalis samping rumah. Tidak ada salahnya bila anda juga memilih pot yang sesuai dengan konsep rumah agar tampak lebih serasi.

Selain itu, anda juga bisa membuat rangka shading jendela yang dapat pot-pot tanaman tersebut tempati. Sehingga mampu memberikan tampilan lebih unik dan cantik pada halaman samping rumah.

Taman Samping dengan Kolam

Menghadirkan unsur air pada taman tentunya dapat menambah kesan sejuk pada sebuah hunian. Anda bisa membuat kolam koi sederhana pada taman minimalis. Lalu berbagai tanaman dengan berbagai jenis dan warna yang mampu memberikan kombinasi menarik.

Anda bisa menggunakan pot tembok ataupun pot gantung sebagai tempat penyimpanan tanaman. Memanfaatkan beberapa batu yang terletak pada pinggir kolam membuat taman minimalis samping rumah terlihat natural.

Untuk membuat suasana taman yang lebih hidup, anda juga bisa menambahkan air terjun atau air mancur buatan. Dengan gemercik suara air dari taman mampu membuat suasana rumah yang lebih tenang.

Taman Kering Samping Rumah

Padatnya aktivitas harian mungkin membuat anda tidak memiliki waktu untuk mengurus taman. Namun anda tetap bisa menghadirkan sebuah taman samping yang cantik dengan menggunakan konsep taman kering.

Dalam segi perawatan taman ini pun cukup mudah. Sebab taman kering menggunakan bebatuan seperti koral, pasir, serta tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Sehingga anda tidak perlu sering-sering dalam menyiramnya.

Baca Juga: Taman Rumah Sederhana Cantik, Menambah Keindahan Lahan Sempit

Taman minimalis samping rumah ini juga tidak kalah cantik dengan konsep taman lainnya. Anda bisa menambahkan ubin kayu sebagai akses jalan. Lalu memasang lampu taman untuk penerangan malam hari yang lebih indah.

Taman Samping dengan Area Lapang

Jika anda ingin memiliki taman yang lapang meskipun dengan lahan terbatas, maka dapat menyiasatinya dengan desain satu ini. Anda bisa menghadirkan area lapang sebagai sentral atau titik fokus pada desain taman minimalis.

Pada sekeliling area lapang, tambahkan aneka macam tanaman yang akan semakin mempercantik taman anda. Menambahkan sebuah kursi malas pada susut taman juga bukanlah ide yang buruk.

Taman minimalis samping rumah ini bisa menjadi tempat relaksasi sempurna setelah seharian beraktivitas. Anda juga bisa memanfaatkan area lapang sebagai tempat piknik mungil bersama keluarga. Sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar rumah untuk refreshing ataupun liburan.

Taman Samping dengan Desain Modern

Desain taman modern dengan dasar taman berupa rumput hijau serta paving block berjejer bisa menjadi ide menarik. Anda bisa menambahkan aneka tanaman hijau atau bunga-bunga cantik. Yang mana akan semakin membuat suasana taman lebih cantik dan hidup.

Pemasangan lampu taman juga bisa menjadi pilihan sebagai penerangan ketika malam hari. Lalu juga mampu memberikan nuansa lebih indah dan menawan pada taman minimalis anda.

Itulah beberapa ide desain taman minimalis samping rumah dengan konsep unik. Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk membuat taman minimalis pada hunian. Jadi, desain manakah yang menjadi favorit anda? (R10/HR-Online)