Tanah Longsor Tutup Jalan Raya Cibatu-Ciwilis Pangandaran

Tanah Longsor Tutup Jalan Raya Cibatu-Ciwilis Pangandaran
Warga membersihkan sisa tanah dari longsoran tebing yang menutupi Jalan raya Cibatu-Ciwilis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Jalan raya Cibatu-Ciwilis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tertutup material tanah yang berasal dari longsoran tebing setinggi 15 meter.

Longsor tersebut menutupi badan jalan Cibatu-Ciwilis, Dusun Sindangsari, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar.

Kepala Dusun Cimanjeti, Kecamatan Langkaplancar, Edwin, mengatakan, longsor terjadi Senin (12/10/2020) sekitar pukul 02.00 WIB itu, yang diakibatkan curah hujan sangat tinggi sejak kemarin sore.

“Material longsor sempat menutup aksas jalan raya Cibatu-Ciwilis. Sehingga kendaraan yang hendak menuju Desa Pangkalan dari Desa Jayasari terpaksa putar balik,” katanya kepada HR Online, Senin (12/10/2020).

Baca Juga : Tembok Penahan Tebing Longsor Timpa Madrasah di Baregbeg Ciamis

Namun berkat kesigapan masyarakat, saat ini pengendara sudah bisa melewati jalan tersebut. Arus lalu lintas pun kembali normal.

Baca Juga : Bencana Longsor Melanda Wilayah Tasikmalaya Selatan

Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, yang langsung terjun ke lokasi memantau jalannya pembersihan material longsoran pada badan jalan tersebut.

Deni mengatakan, untuk membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan raya, dengan cara menyemprotkan air. Supaya, lumpur pada badan jalan bersih dan tidak licin.

“Alhamdulilah masyarakat sekitar antusias membersihan dan menyingkirkan material longsor. Sehingga tidak perlu mendatangkan alat berat. Kini jalan tersebut sudah kembali normal,” katanya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto