Tanaman Hias Termahal 2020, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

tanaman hias termahal 2020
tanaman hias termahal 2020. Foto: Net/ist

Tanaman hias termahal 2020 kini sedang ramai menjadi perbincangan. Tanaman hias pun akhir-akhir ini tengah naik daun, apalagi ada beberapa yang memiliki harga sangat fantastis.

Sejak adanya wabah covid-19 masuk Indonesia membuat berbagai aktivitas semakin terbatas. Bahkan tidak sedikit pula pekerjaan yang harus dikerjakan dari rumah.

Untuk mengisi waktu kosong, banyak orang yang mengisinya dengan berbagai kegiatan, seperti memperbaiki rumah atau barang rusak, meditasi, kursus online, menyalurkan hobi hingga mengoleksi berbagai hal yang unik.

Sedangkan yang lagi trend akhir-akhir ini antara lain mengoleksi tanaman hias yang harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Sementara tanaman yang memiliki harga tinggi itu rata-rata karena sulit mendapatkannya alias langka. Sehingga sangat wajar bila harganya selangit.

Baca juga: Manfaat Tanaman Miana untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

Tanaman Hias Termahal 2020

Berbagai tumbuhan yang memiliki warna dan bentuk unik menjadi buruan para kolektor. Kesempatan ini juga menjadi peluang untuk mengambil keuntungan lewat bisnis tanaman hias.

Berikut beberapa jenis tanaman yang memiliki harga fantastis:

Monstera Obliqua atau Janda Bolong

Sekitar awal pertengahan 2020, janda bolong harganya mencapai Rp 15 juta untuk per satu lembar daunnya.

Jadi, ketika 1 tanaman asal Amerika ini mempunyai 7 daun bisa tembus angka Rp 105 juta. Penyebab harganya yang melambung ini karena stok masih langka waktu itu.

Sementara untuk saat ini, janda bolong banyak tersedia di marketplace, meski ada yang menyebut rata-rata harga versi murahnya merupakan jenis KW.

Adapun harganya sangat berbeda jauh, yakni mulai Rp 10 ribu hingga Rp 100 juta, sesuai jenis dan ukurannya.

Monstera King Albo Variegata

Tumbuhan ini tergolong cukup langka yang menjadikan harganya menjadi tanaman hias termahal 2020. Bahkan dalam satu marketplace ada yang mencapai Rp 8 juta.

Daunnya yang berwarna hijau dan dominan putih ini semakin menambah menarik untuk menjadi pajangan dalam ruangan.

Meskipun masih cukup sulit mendapatkannya, namun pada situ jual beli online banyak yang menjual batang atau bonggolnya dengan kisaran harga mulai Rp 350 ribuan.

Authurium Veitchii

Tumbuhan yang satu ini juga masuk dalam jajaran paling menguras dompet, terutama untuk jenis veitchii.

Menurut berbagai sumber, tanaman authurium dari keluarga araceae ini terdapat sekitar 1000 jenis dengan karakter bentuk daun yang indah, variatif dan unik.

Namun yang paling jadi incaran saat ini adalah veitchii yang memiliki harga mulai dari Rp 900 ribu untuk ukuran kecil. Sedangkan yang dewasa bisa mencapai hingga Rp 15 juta.  

Rhaphidophora Tetrasperma

Meski masuk dalam keluarga araceae, namun tanaman hias termahal 2020 ini biasa disebut monstera mini.

Mengutip dari berbagai sumber, tumbuhan ini di Selandia Baru harganya sekitar Rp 77 juta. Sedangkan untuk pasaran Indonesia pada marketplace berkisar mulai Rp 80 ribuan hingga ratusan ribu dengan berbagai ukuran.

Alocasia Azlanii

Tumbuhan yang terkenal dengan sebutan red mambo ini terbilang sangat sulit untuk mendapatkannya, bahkan pada situs jual beli online sekalipun.

Kendati begitu, pada laman etsy.com tanaman ini untuk ukuran kecilnya seharga Rp 7,7 jutaan.

baca juga: Fakta Ilmiah Janda Bolong, Tanaman Hias Harga Mahal Tapi Beracun

Philodendron Minima Variegata

Tanaman Philodendron Minimasebetulnya harganya tidak begitu mahal dan banyak yang membudidayakan. Namun untuk yang jenis variegata terbilang sangat sulit.

Bahkan, dalam situ trade me ada yang menjual jenis satu ini yang memiliki 4 daun dibandrol sekitar Rp 114 juta.

Half Moon Philodendron Pink Princess

Selanjutnya tanaman yang satu ini memang sudah populer sejak 2019 silam dan semakin tinggi hingga sekarang.

Tumbuhan yang memiliki daun berwarna pink ini dalam sebuah situs online luar negeri harganya mencapai Rp 18 juta.

Demikian beberapa tanaman hias termahal 2020 yang sedang menjadi buruan untuk menghiasi rumah supaya lebih menarik. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid