Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai, Jangan Abaikan!

Tanda gejala penyakit liver yang harus diwaspadai, jangan abaikan! Foto: Net/Ist.
Tanda gejala penyakit liver yang harus diwaspadai, jangan abaikan! Foto: Net/Ist.

Tanda gejala penyakit liver yang harus Anda waspadai. Karena pada umumnya penyakit liver tidak menimbulkan gejala secara langsung. Sehingga, sebagian besar orang tidak menyadarinya.

Kondisi tersebut terjadi lantaran gejala baru bakal muncul ketika gangguan liver memasuki tahap cukup serius. Liver atau hati merupakan salah satu organ tubuh yang berperan cukup penting pada sistem metabolisme tubuh.

Oleh sebab itulah, penting menjaga kesehatan liver dengan baik. Kalau kita tidak menjaganya dengan baik, ancaman berbagai penyakit bisa menyerang fungsi dari liver dalam tubuh.

Selain memengaruhi sistem metabolisme tubuh, gangguan pada liver juga bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh dan fungsi pencernaan.

Bahkan, berdampak pula pada penyimpanan zat gizi, serta proses tubuh memproduksi sel darah putih. Jika gangguan tersebut sudah terlanjur Anda alami, hal yang mudah Anda amati adalah adanya perubahan warna pada mata, yaitu menjadi kuning.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 8 tanda gejala penyakit liver yang perlu Anda waspadai, dan mungkin tidak Anda sadari.

Baca Juga : Bahaya Gaya Hidup “Mager” Bisa Picu Penyakit Mematikan

8 Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai

Mata Kuning

Gejala dari penyakit liver yang paling mudah diamati adalah mata kuning. Terjadinya perubahan warna pada mata jika hati tidak mampu lagi mengeluarkan kandungan empedu. Yang mana empedu ini berwarna kuning dan berupa bilirubin sel darah merah yang sudah mati.

Apabila kondisinya sudah mengalami seperti ini, segera periksakan ke dokter. Karena, hal tersebut menandakan kondisi hati atau liver sudah tidak bekerja normal dan maksimal, saat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

Perut Kembung

Tanda gejala penyakit liver yag berikutnya yaitu perut kembung. Banyak yang menganggap sepele dengan kondisi seperti itu. Padahal, perut yang kembung juga bisa menjadi indikator bahwa kesehatan liver tengah mengalami gangguan.

Pada level lebih lanjut, sirosis hati dengan kandungan air berlebih bisa terakumulasi pada rongga perut. Kondisi ini bisa menyebabkan perut kembung dan terlihat membuncit.

Baca Juga : Penyakit Mematikan Intai Mereka yang Suka Tidur Terlalu Lama

Bagian Atas Perut Terasa Nyeri

Gejala lainnya pada penyakit liver yaitu bagian atas perut terasa nyeri. Sebetulnya, organ hati itu sama sekali tak dapat mengenal rasa nyeri yang berlebihan. Tapi, rasa sakit itu berasal dari organ lain yang dekat dengan hati.

Ketika Anda merasakan ada tekanan atau sakit hingga berdenyut tepat pada bagian atas hati, kemungkinan kondisi hati Anda tengah mengalami masalah. Saat Anda mengalami hal itu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Wasir

Wasir menjadi tanda gejala penyakit liver berikutnya. Penyebab wasir biasanya terjadi saat kinerja organ hati terganggu. Ketika organ hati tidak bisa bekerja lagi dengan normal, otomatis tekanan darah akan meningkat.

Dalam kondisi itu, pembuluh vena berubah menjadi sangat lebar. Tujuannya untuk menurunkan tekanan secara maksimal menuju ke liver.

Kemudian, kondisi tersebut akan berdampak terhadap meningkatnya stres secara drastis, hingga akhirnya menyebabkan pembuluh vena rusak secara permanen. Oleh karena itulah akan timbul pendarahan yang berdampak fatal untuk kesehatan tubuh.

Gatal

Rasa gatal menjadi salah satu tanda gejala penyakit liver yang harus Anda waspadai. Penyebab rasa gatal ini akibat adanya reaksi dari liver yang berfungsi membentuk cairan empedu guna memecah lemak.

Jika aliran cairan ada yang tersumbat, hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa gatal berlebih. Karena, banyaknya asam empedu dalam darah yang bisa menyebabkan endapan pada kulit, serta memicu munculnya rasa gatal.

Baca Juga : Awas! Sering Begadang di Akhir Pekan Tingkatkan Risiko Penyakit Mematikan

Kelelahan

Kelelahan juga bisa menjadi tanda gejala penyakit liver. Sebab, peran hati befungsi penting untuk mengubah glukosa yang kemudian menjadi glikogen.

Glikogen merupakan senyawa yang fungsinya sebagai sumber energi agar tubuh bisa menjalankan semua sistem metabolisme.

Tapi, jika hati bekerja berlebihan dan tidak bisa menghasilkan glikogen, maka tidak akan ada energi. Padahal tubuh membutuhkan energi. Inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan tubuh merasa lelah yang berlebihan.

Berat Badan Naik Drastis

Tanda gejala penyakit liver selanjutnya yaitu naiknya berat badan secara drastis. Hal ini bisa menjadi indikator yang mudah guna menentukan kondisi liver yang sedang tidak sehat.

Karena, hati yang stres berlebihan akibat asupan makanan dalam jumlah banyak. Juga mengandung lemak berlebih. Akibatnya, hati tak mampu menyaring kembali semua racun, malah justru menyimpannya dalam sel lemak.

Gangguan Hormon

Gangguan hormon menjadi tanda gejala penyakit liver yang mudah dikenali pada wanita. Sebab, mengetahui penyakit hati itu ketika adanya perubahan saat wanita menstruasi.

Bisa berupa waktu menstruasi yang bergeser, atau tidak mengalami menstruasi sama sekali selama kurun waktu tertentu. Penyebabnya lantaran ada perubahan hormonal, dan yang menjadi pemicunya masalah ada pada organ liver.

Itulah beberapa tanda gejala adanya penyakit liver yang harus Anda waspadai. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah