Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda Tanda Wanita Hamil, dari Kram Perut Hingga Morning Sickness

Tanda Tanda Wanita Hamil, dari Kram Perut Hingga Morning Sickness

Tanda-tanda wanita hamil sering menjadi kabar yang sangat mendebarkan. Perempuan yang telah menikah akan selalu menantikan adanya tanda kehamilan, dari rasa mual, hasil tes pack, hingga suasana hati tak menentu.

Tanda tanda kehamilan muda yang paling umum adalah munculnya rasa mual dan muntah-muntah, khususnya pada pagi hari. Adanya ciri ini akan menjadi suatu keseruan bagi dirinya. Wanita pun akan merasakan beberapa kejadian unik.

Dalam Al Quran dan sejumlah kitab suci ada kisah tentang Imran dan istrinya yang belum mendapatkan anak. Usia mereka sudah tua. Namun mereka tetap berdoa kepada Tuhan agar bisa mempunyai anak.

Pada suatu hari Malaikat Jibril datang dan menyampaikan kabar gembira tentang hadirnya anak. Imran semula ragu karena sudah tua dan istrinya mandul. Tetapi Tuhan maha berkuasa sehingga istri Imran pun hamil dan melahirkan putranya.

Tanda awal kehamilan sebagai kabar gembira muncul pula dalam kisah Nabi Ibrahim. Beliau selalu berdoa kepada Tuhan agar memiliki anak laki-laki. Kemudian Tuhan memberikan kabar gembira. Istrinya lalu mengandung walau usianya sudah tua.

Adanya suatu tanda tanda wanita hamil pada seorang istri atau wanita merupakan kabar bahagia. Bagi suami, dia akan menjadi ayah yang sempurna dan mempunyai generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita hidupnya.

Baca juga: Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan Gratis, Hasil Terbaik

Sedangkan bagi perempuan, ia akan menjadi istri sempurna yang kelak ada seorang anak yang akan memanggilnya ibu. Namun bagi pasangan yang baru menikah bukan hal mudah mengetahui awal tanda-tanda kehamilan.

Cara memastikannya tentunya dengan memeriksakan diri ke dokter atau melakukan tes pack. Dengan cara ini jantung berdetak kencang karena rasa waswas menghantui. Rasa waswas baru berakhir ketika dokter atau tes pack memberikan hasil positif.

Tanda Tanda Wanita Hamil

Setiap pasangan suami istri pastinya mempunyai rencana untuk memiliki anak. Kebahagiaan rumah tangga semakin lengkap dengan kehadiran sang buah hati. Namun setelah lama berumah tangga tak jarang suami istri mengeluh tentang belum adanya anak.

Berbagai cara akan mereka lakukan agar bisa mendapatkan anak. Seperti dengan berobat ke dokter, pengobatan alternatif, hingga selalu berdoa. Namun pada saat yang sama, banyak wanita yang mudah untuk hamil dan melahirkan anak.

Baca juga: Fenomena Kehamilan Kriptik, Penjelasan Ibu Hamil 1 Jam dan Melahirkan

Bagi wanita yang belum pernah hamil tentunya akan kesulitan mengetahui dirinya hamil. Kita hanya bisa menduga-duga atau berprasangka berdasarkan tanda-tanda kehamilan yang sudah umum. Berikut ini berbagai tanda tanda wanita hamil yang perlu wanita ketahui.

Terjadinya Kram pada Perut

Salah satu ciri awal hamil seorang wanita dapat terasa dari perutnya yang mengalami kram. Rasa sakit kram pada perut yang ringan ini layaknya kram sejenak pada wanita sebelum haid.

Wanita seringkali tidak menyadari gejala kehamilan yang demikian. Kram pada bagian perut ini sering dengan munculnya sakit kepala dan nyeri pada bagian pinggang.

Pendarahan Ringan

Bagi seorang istri yang mengalami pendarahan ringan harus berhati-hati. Sebab ini bisa menjadi tanda tanda wanita hamil. Terjadinya pendarahan ringan karena sel telur yang sudah mengalami pembuatan oleh sperma.

Sel telur akan menempel pada dinding rahim. Penempelan ini bisa mengganggu kinerja pembuluh darah sehingga terjadi flek atau pendarahan ringan.

Payudara Tak Nyaman

Perubahan pada organ payudara seperti mengalami geli, sakit dan bengkak juga bisa menjadi tanda-tanda kehamilan berikutnya. Hal ini karena produksi hormon yang meningkat pasca pembuahan pada sel telur.

Kondisi ini biasanya berlangsung satu atau dua minggu setelah melakukan hubungan suami istri.

Keputihan

Keputihan menjadi tanda tanda wanita hamil yang sering tak menyadarinya. Penyebabnya adalah pasca pembuahan pada bagian dinding vagina yang mengalami penebalan. Ini karena tumbuhnya sel-sel pada vagina hingga mengeluarkan cairan warna putih atau keputihan.

Baca juga: Jenis dan Penyebab Hamil Anggur yang Wajib Anda Tahu

Peristiwa keputihan ini akan terus berlangsung selama kehamilan. Namun peristiwa ini tak membahayakan bagi ibu hamil. Anda harus bisa membedakan antara keputihan sebagai tanda awal hamil dengan peristiwa keputihan sebagai penyakit.

Keputihan sebagai tanda kehamilan tak perlu pengobatan. Sedangkan keputihan sebagai penyakit memiliki ciri bau tak enak dan menimbulkan gatal atau seperti terbakar. Anda harus segera mengobati keputihan penyakit ini dan memeriksakan ke dokter.

Mengalami Sembelit

Sembelit pada seorang wanita bisa menjadi tanda tanda wanita hamil. Namun hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang, apa hubungan sembelit dengan kehamilan? Apa yang bisa membuat wanita yang sakit sembelit sebagai ciri kehamilan?

Kehamilan akan membuat wanita mempunyai hormon progesteron yang besar. Ini dapat memicu perempuan hamil merasakan sakit sembelit. Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi makanan berserat, sering olahraga dan cukup minum air putih.

Mudah Kelelahan

Rasa lemah, lesu atau kelelahan juga bisa menjadi pertanda wanita sedang hamil muda. Karena wanita hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron. Hormon ini membuat tekanan darah rendah dan kadar gula darah juga menurun.

Jadi jika istri mengalami kelelahan terus menerus bisa jadi ia hamil muda. Untuk mengatasi kelelahan tersebut sangat penting agar banyak makan makanan yang mengandung zat besi, protein dan banyak istirahat.

Morning Sickness

Apa sebenarnya pengertian morning sickness? Ini adalah gejala mual-mual yang menjadi tanda tanda wanita hamil seseorang. Ibu yang sedang hamil umumnya mengalami kondisi ini yaitu pada waktu pagi hari mengalami rasa mual.

Hal tersebut biasanya berlangsung sekitar 13 minggu pada permulaan ibu hamil. Yang menjadi penyebab gejala ini belum jelas. Tapi sebagian ahli medis menduga mual karena meningkatnya hormon hamil.

Kerap Buang Air Kecil

Sering buang air kecil juga menjadi suatu tanda tanda wanita hamil seorang wanita. Gejala ini biasanya terjadi pada perempuan hamil setelah minggu keenam pasca pembuahan.

Baca juga: Konsumsi 10 Buah Penyubur Kandungan Ini Jika Ingin Cepat Hamil

Namun sering buang air kecil pada seorang wanita tak menjamin ia hamil. Sebab orang yang sering buang air kecil juga bisa karena sakit diabetes, infeksi saluran kemih, atau masalah diuretik lainnya.

Timbul Bercak

Pasca sel telur mengalami pembuahan maka akan terjadi proses penempelan bakal janin pada bagian dinding rahim. Dinding rahim kemudian mengalami gangguan hingga menimbulkan bercak darah.

Munculnya bercak darah pada wanita bisa menjadi tanda tanda wanita hamil muda. Namun berbeda sekali tekstur dan warna bercak darah tanda kehamilan dengan bercak darah haid. Warnanya terlihat lebih kecokelatan atau kekuningan.

Sakit Punggung dan Sakit Kepala

Ibu hamil akan memproduksi hormon kehamilan yang tinggi dan memicu terjadinya sakit kepala ataupun sakit pinggang. Karena itu ini juga bisa menjadi ciri atau tanda awal kehamilan yang banyak terjadi.

Demikianlah tanda-tanda kehamilan yang bisa Anda kenali. Jika Anda mengalami atau merasakan tiga atau lebih ciri permulaan kehamilan tersebut, sebaiknya segera ambil tes pack untuk mengujinya.

Namun untuk lebih memastikan tanda tanda wanita hamil Anda dapat memeriksakan ke dokter kandungan terdekat. Apabila dokter menyatakan Anda sedang mengandung, maka Anda dapat menjaganya agar kandungan selalu sehat. (R11/HR-Online) Editor: Achmad Muhafid