Tata Cara Sholat Hajat dan Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat

Tata Cara Sholat Hajat dan Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat
Tata Cara Sholat Hajat. Foto Ist/net

Tata cara sholat Hajat perlu anda pelajari karena sholat ini termasuk yang Alah SWT sunnahkan. Bagi anda yang memiliki keinginan dan berikhtiar, maka bisa mengirimkan do’a-do’a kepada Allah SWT melalui sholat ini.

Sholat ini sama seperti sholat Tahajud untuk orang kerjakan ketika sedang ingin meminta sebuah keinginan. Sholat Hajat merupakan sholat yang bisa anda kerjakan ketika ingin meminta sesuatu atau hajat.

Seseorang yang melaksanakan salah satu sholat sunnah ini memiliki pengharapan agar keinginannya bisa terkabul. Sehingga keinginan dalam kehidupan bisa tercapai secara baik dengan meminta do’a kepada Allah SWT.

Panduan Tata Cara Sholat Hajat Mulai dari Niat

Sholat Hajat menjadi salah satu bagian dari deretan sholat sunnah yang kebanyakan orang kerjakan dengan memohon do’a, harapan, keinginan, dan cita-cita. Seperti jodoh, rejeki, atau untuk menyelesaikan sebuah masalah yang tengah mereka hadapi.

Seperti yang pernah Rasulullah SAW jelaskan dalam sebuah hadis dengan sabdanya:

Tata Cara Sholat Hajat dan Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat

Sholat Tahajud dan sholat Hajat adalah sholat yang hampir sama, yakni untuk meminta pengharapan atas do’a yang mereka panjatkan agar terkabul.

Namun keduanya memiliki perbedaan, yakni pada tata cara sholat Hajat terutama untuk niatnya. Umumnya mereka yang mengerjakan sholat ini tengah menghadapi kesulitan mengenai suatu hal.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Pengertian, Niat, Tata Cara Hingga Hikmahnya

Dengan melaksanakan sholat Hajat, mereka berharap mendapatkan sebuah petunjuk untuk masalah yang mereka hadapi cepat selesai. Apabila anda ingin mengenal lebih jauh mengenai sholat Hajat, maka simak sampai akhir artikel ini.

Untuk waktu terbaik dalam melakukan sholat Hajat, yaitu pada malam hari atau pada sepertengah dan sepertiga akhir malam. Inilah waktu yang bisa anda gunakan untuk memanjatkan do’a-do’a kepada Allah SWT melalui sholat sunnah ini.

Niat

Tata cara sholat Hajat sendiri sama seperti sholat lainnya. Hanya saja, yang membedakan bagian niatnya. Sama dengan yang lainnya, niat untuk sholat Hajat juga diucapkan dalam hati.

Karena yang paling utama adalah niat hanya untuk Allah SWT dan menyembah dengan keikhlasan hati yang mengharapkan segala keridhoan-Nya. Adapun niat yang bisa anda ucapkan ketika akan melaksanakan sholat Hajat, berikut pelafalannya.

“Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta’ala”

Niat ini berarti anda telah berniat dengan hati untuk melaksanakan sholat sunnah dua raka’at hanya karena Allah Ta’ala. Ucapkan dalam hati dengan ketulusan dan keikhlasan sebagai bagian dari tata cara sholat Hajat.

Baca Do’a

Selanjutnya, urutan kedua dalam tata cara ini adalah membaca do’a. Lebih tepatnya ketika usai takbiratul ikhram dengan selanjutnya do’a Iftitah. Lalu lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Sholat apapun jika tidak membaca surat Al-Fatihah, maka sholat tersebut menjadi tidak sah.

Baca juga: Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan Memiliki Banyak Keistimewaan

Lantaran surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib anda baca untuk setiap sholat, sehingga surat ini jangan sampai lupa dan terlewat ketika mengerjakan sholat wajib dan sholat sunnah. Surat Al-Fatihah menjadi bagian dari tata cara sholat Hajat yang wajib ada.

Baca Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, maka lanjutkan dengan membaca surat pendek, sama seperti ketika sholat lainnya. Anda bisa membaca surat pendek yang biasanya anda baca ketika melakukan sholat.

Namun akan lebih baik untuk sholat Hajat ini ketika pada raka’at pertama membaca surat Al Ikhlas atau surat Al-Kafiruun dengan jumlah 3 kali. Namun untuk raka’at kedua, anda bisa menggunakan bacaan ayat kursi.

Tata cara sholat Hajat selanjutnya adalah rukuk tuma’ninah, i’tidal dengan tuma’ninah, sujud dengan membaca bacaan tuma’ninah, duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah. Kemudian sujud yang kedua juga dengan tuma’ninah.

Untuk raka’at kedua sama dengan raka’at pertama tersebut, bedanya untuk surat pendek yang anda baca adalah ayat kursi. Meskipun anda bisa menggunakan surat lain, namun lebih baik menggunakan ayat kursi.

Apabila raka’at kedua telah selesai, maka bisa mengakhiri dengan mengucapkan salam. Namun jika anda ingin melanjutkan untuk menunaikan sholat Hajat, maka bisa langsung berdiri setelah mengucap salam. Karena dalam tata cara sholat Hajat untuk setiap 2 raka’at lalu salam.

Hal ini karena sholat Hajat bisa anda kerjakan sampai 12 raka’at dan minimal 2 raka’at. Untuk yang mengerjakan lebih dari dua raka’at, maka setiap 2 raka’at diikuti dengan salam.

Setelah selesai sholat, maka bisa melanjutkan untuk memanjatkan do’a dan akan lebih baik ketika berdoa sembari bersujud dengan tujuan tadzallul usai salam.

Dengan melakukan hal ini, anda bermaksud merendahkan diri pada hadapan Allah SWT sambil membaca “Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illah wallahu akbar walaa haula wa quwwata illa billahil aliyil adzim”.

Baca do’a sebanyak 10 kali dan lanjutkan dengan sholawat nabi sebanyak 10 kali. Terakhir tata cara sholat Hajat, anda bisa melengkapi bacaan dengan mengucapkan do’a keselamatan dunia akhirat.

Waktu Dilarang Sholat Hajat

Bagi anda yang ingin melaksanakan sholat Hajat, maka bisa memilih waktu yang tepat. Seperti yang sudah disebutkan diatas, waktu yang tepat adalah sepertengah malam dan sepertiga malam. Untuk anda yang baru mengetahui sholat Hajat, maka jangan mengerjakan sholat sunnah ini pada waktu yang dilarang.

Baca juga: Sejarah Awal Mula Puasa Daud dari Sebuah Pertobatan

Seperti selepas sholat subuh sampai munculnya matahari dan setelah Ashar sampai matahari terbenam. Sehingga kerjakan sholat ini pada waktu anjuran untuk mencari keberkahan Allah SWT.

Keutamaan Sholat Hajat

Banyak orang yang melakukan tata cara sholat Hajat. Nah, adapun keutamaan yang anda dapat dengan mengerjakan sholat hajat seperti Allah SWT akan mencintai mereka yang mengerjakan sholat sunnah.

Hal ini sudah tertera dalam HR. Bukhori jika mereka yang memusuhi Allah SWT akan berperang, sedangkan mereka yang mendekat akan Allah SWT cintai.

Lalu mereka yang mengerjakan sholat Hajat akan memiliki derajat yang lebih tinggi. Hal ini juga telah tertulis dalam HR. Bukhori jika mereka yang memperbanyak sujudnya, maka Allah SWT akan meninggikan derajat orang tersebut serta menghapuskan dosanya.

Oleh karena itu, mereka yang lebih dekat dengan Allah SWT akan mendapat pengampuan dosa. Hal inilah keutamaan sholat Hajat. Dimana sekaligus permintaan penghapusan dosa.

Karena semua do’a yang ada dalam sholat Hajat ini penuh dengan keampunan kepada Allah SWT mengenai dosa-dosanya. Sehingga dengan mengerjakan sholat ini, bisa menjadi pengampunan dosa untuk setiap orang. Anda bisa mengikuti tata cara sholat Hajat dengan baik untuk mengharapkan terkabulnya do’a anda.

Dengan melaksanakan sholat Hajat bisa terkabulnya do’a yang terpanjatkan untuk Allah SWT. Keutamaan sholat Hajat adalah untuk meminta harapan yang terkabul sehingga sholat ini menjembatani anda bisa menunaikan do’a yang akan Allah SWT kabulkan.

Doa Setelah Sholat Hajat

Setelah selesai melaksanakan tata cara sholat Hajat, bisa membaca do’a sesuai anjuran. Dengan bertawassul membaca surat Al-Fatihah untuk Rasulullah dan seluruh keluarganya, para sahabat nabi, ulama, guru, serta seluruh umat muslim.

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah, bisa melanjutkan dengan membaca surat Al-Falaq, An-Naas, dan ayat kursi yang masing-masing surat bisa anda baca sebanyak 3 kali. Lalu bisa dengan membaca doa sholat Hajat.

Apabila semua sudah terpanjatkan, maka bisa anda lanjutkan dengan menyampaikan keinginan anda. Bisa dengan menggunakan bahasa yang anda pahami. Karena doa terbaik adalah doa yang bisa mengerti maknanya.

Untuk melakukan sholat Hajat, tidak ada pembatasan waktu, sehingga bisa anda kerjakan sesering mungkin. Hal ini karena manusia hidup dengan banyak keinginan dan hajat. Sehingga bisa anda kerjakan sesering mungkin untuk menyampaikan keinginan.

Karena selama masih hidup, orang akan terus memiliki hajat sehingga anda harus melaksanakan sholat sunnah ini untuk beriringan dengan keinginan yang anda sampaikan. Untuk itu, sangat baik dalam memahami tata cara sholat Hajat dengan benar.

Baca juga: Kisah Rasul Menerima Wahyu Pertama dan Sejarah Nuzulul Qur’an

Semua keinginan bisa anda sampaikan kepada Allah SWT. Hal ini untuk lebih mendekatkan dan merendahkan dalam hadapan-Nya. Semua yang anda inginkan dalam waktu cepat atau lambat pasti Allah SWT kabulkan jika anda memintanya dengan keikhlasan.

Tata cara sholat Hajat bisa menjadi jalan untuk menemukan segala jawaban ketika anda berada dalam persimpangan masalah. Sehingga dengan melaksanakan sholat Hajat, bisa menemukan solusi terbaiknya. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi