Tiga Fitur Baru Telegram Telah Diluncurkan, Ada Mode ‘Batman’

Tiga fitur baru Telegram telah diluncurkan, ada mode ‘Batman’. Foto: Telegram.
Tiga fitur baru Telegram telah diluncurkan, ada mode ‘Batman’. Foto: Telegram.

Tiga fitur baru Telegram telah meluncur, pengguna pun sudah bisa menikmatinya. Telegram yang menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer ini menyematkan mode bernama ‘Batman’.

Dalam blog resminya, pihak Telegram menginformasikan mengenai tiga fitur barunya yang telah rilis. Pengguna pun dapat menjajalnya saat menggunakan aplikasi Telegram.

Berikut ini keterangan dari pihak Telegram mengenai fitur baru untuk melengkapi kebutuhan pengguna setianya.

Tiga Fitur Baru Telegram

Baca Juga : Fitur Baru Aplikasi Telegram, Ada File Sharing Hingga 2GB

Mode ‘Batman’

Telegram menjelaskan, mode ‘Batman’ ini memungkinkan pengguna yang menjadi admin dalam sebuah grup dapat menyembunyikan identitasnya.

Mode ‘Batman’ ini untuk melindungi admin saat membagikan informasi yang bersifat sensitif. Jadi, pesan yang admin kirim nantinya bakal ditandai sebagai nama grup. Ini sama seperti halnya Channel.

Agar yang nampak tetap anonim, maka admin cukup mengaktifkan mode ‘Batman’ saja. Kemudian, setelah mengaktifkan mode tersebut, identitas admin akan tersembunyi secara otomatis.

Channel Comments

Channel Comments menjadi salah satu dari tiga fitur baru Telegram. Menurut pihak Telegram, fitur ini berfungsi untuk membuka ruang berdiskusi secara online lebih luas. 

Dengan fitur baru Telegram Channel Comments ini, nantinya pengguna yang tengah berdiskusi bisa membubuhkan balasan dalam komentar pengguna lainnya. Ini mirip seperti dalam komentar yang ada pada media sosial Facebook.

Jadi, semua orang bisa mengomentari kirimannya, termasuk ikut nimbrung dalam diskusi. Baik itu anggota grupnya atau Channel, maupun bukan anggota grup.

Baca Juga : Keunggulan Aplikasi Telegram yang Tak Dimiliki WhatsApp, Apa Saja?

Bagi mereka yang bukan termasuk anggota grup tetap akan menerima notifikasi balasan dalam komentar lewat chat baru yang bernama ‘Replies’.

Sebagai salah satu dari tiga fitur baru Telegaram, pengguna bisa dengan mudah mengaktikan Channel Comments ini. Pengguna cukup klik “Channel Settings”, lalu pilih “Discussion”. Namun, fitur tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba terbatas.

Filter Pencarian

Fitur baru yang ketiga yaitu filter pencarian. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan penggunanya saat melakukan pencarian. Baik kiriman berupa file, media, link, atau lainnya.

Filter pencarian yang ada dalam tiga fitur baru Telegram ini juga akan membantu pengguna melakukan pencarian yang lebih spesifik lagi.

Baca Juga : Telegram Bisa Video Call dengan Cepat dan Aman, Yuk Cobain!

Misalnya akan mencari file yang telah pengguna terima atau telah terkirim tanggal 04 Oktober, cukup ketik dalam kolom pencarian “04 Oktober”, atau ketik “kemarin”. Maka file yang dicari akan segera muncul.

Selain itu, pengguna aplikasi Telegram juga dapat membubuhkan nama grup, channel, nama seseorang, atau bot guna memudahkan dalam pencarian file.

Tak hanya menghadirkan tiga fitur baru saja, tapi Telegram juga menambahkan sejumlah fitur keren lainnya, seperti fitur smooth animations.

Pengguna pun kini dapat memperbesar serta menyembunyikan keyboard, melihat pop up animasi saat menghapus pesan, mengubah tema dari gelap menjadi terang. Kemudian, mengubah notifikasi, serta menyimpan media.

Sedangkan, bagi pengguna yang punya dua akun dengan satu aplikasi dapat melihat cuplikan dari daftar chat pada kedua akun memakai account switcher.

Dalam keterangan tertulisnya, Telegram juga menyebutkan bahwa, sekarang pihaknya tengah membuat animasi dari setiap emoji yang saat ini sudah ada.

Editor : Eva Latifah