Tim Satgas Kota Banjar Masih Temukan Pelanggar Prokes

Tim Satgas Kota Banjar, Jawa Barat, masih menemukan adanya pelanggar protokol kesehatan. Foto: Muhlisin/HR.
Tim Satgas Kota Banjar, Jawa Barat, masih menemukan adanya pelanggar protokol kesehatan. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Tim Satgas Kota Banjar, Jawa Barat, masih menemukan adanya pelanggar protokol kesehatan. Seperti halnya saat menggelar Operasi Yustisi Sabtu (24/10/2020) malam, Tim Satgas melakukan penindakan kepada warga yang melanggar.

Operasi Yustisi akhir pekan berlangsung pada pusat perbelanjaan dan kawasan Alun-alun Kota Banjar. Tim Satgas Penindakan Disiplin Protokol Kesehatan Kota Banjar, terus menggencarkan razia masker. Bahkan menindak setiap warga yang kedapatan masih abaikan prokes.

Satgas Penindakan yang juga Kasat Lantas Polres Banjar, AKP. Purwadi, langsung memimpin operasi gabungan tersebut. Pihaknya pun masih menemukan warga yang membandel tidak mengenakan masker.

Sejumlah anak muda yang tengah asyik menikmati malam Minggu, serta pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat, mendapat teguran dari petugas. Pasalnya, mereka kedapatan tidak memakai masker.

“Kenapa tidak mengenakan masker? Itu berbahaya. Apalagi di tengah keramaian,” ujar AKP. Purwadi, saat menegur sejumlah pelanggar.

Baca Juga : Cerita Doni Monardo Bertemu Orang Positif Covid-19 Tapi Tak Tertular

Tim Satgas Kota Banjar Berikan Sanksi Sosial

Dalam operasi penindakan yang berlangsung malam Minggu itu, Tim Satgas Kota Banjar memberikan edukasi, serta sanksi sosial kepada sejumlah warga yang melanggar prokes. Untuk sanksi sosialnya sesuai peraturan yang berlaku.

Kemudian selain itu, beberapa warga yang kurang berdisplin juga langsung diberikan surat tilang pelanggaran oleh petugas. “Mereka yang tidak membawa masker kami berikan masker, dan penindakan,” terang AKP. Purwadi, kepada HR Online.

Selanjutnya, Tim Satgas Kota Banjar juga akan terus melakukan edukasi dan penindakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menerapkan 3M. Hal ini sebagai upaya bersama memutus penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudina, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan harus menjadi kebutuhan setiap orang.

“Berdisiplin protokol kesehatan jangan hanya saat ada petugas saja. Lindungi diri dan orang-orang sekitarmu dari virus Corona. Jangan sampai abai,” tandas AKP. Purwadi.

Total Data Pelangga Prokes 1.671 Orang

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Perda Dinas Satpol PP Kota Banjar, Asep Sutarno, menyebutkan data pelanggar dari mulai Tim Satgas melakukan Operasi Yustisi.

Jumlah total pelanggar warga yang tidak mengenakan masker sebanyak 1.671 orang. Dari jumlah sebanyak itu, sampai saat ini para pelanggar masih mendapatkan sanksi ringan. Petugas belum sampai melakukan penindakan berupa penyitaan kartu identitas.

“Kami selalu mendata jumlah pelanggar menggunakan kartu tilang. Sejauh ini belum ada yang sampai melakukan pelanggaran berat. Jadi, rata-rata masih sanksi ringan,” terang Asep. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah