Tipe Perut Buncit Wanita dan Cara Mudah Mengatasinya

Tipe perut buncit wanita dan cara mudah mengatasinya. Foto: Net/Ist.
Tipe perut buncit wanita dan cara mudah mengatasinya. Foto: Net/Ist.

Tipe perut buncit wanita dan cara mudah mengatasinya yang mungkin perlu kamu ketahui. Terutama bagi yang memiliki perut buncit. Karena, salah satu masalah kesehatan yang dihadapi wanita adalah bertumpuknya lemak di perut.

Tak hanya akan memengaruhi penampilan, kondisi perut yang buncit juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan diabetes.

Apalagi bagi orang Asia yang rata-rata mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, namun rendah serat dan protein.

Lemak yang ada pada bagian perut bukan hanya akibat kelebihan berat badan, tapi ada juga beberapa penyebab lain. Seperti stres, hormon, kondisi pasca melahirkan, atau kebiasaan konsumsi makanan yang buruk.

Merangkun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tipe perut buncit pada wanita, berikut cara alami untuk meratakannya.

Baca Juga : Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Kenali 5 Tipe Perut Buncit Wanita

Akibat Kelebihan Berat Badan

Pada umumnya, penyebab kelebihan berat badan terjadi akibat mengonsumsi banyak kalori ketimbang lemak. Namun, tidak ada pembakaran lemak melalui aktivitas fisik dan fungsi tubuh. Sehingga, lemak akan bertumpuk pada bagian perut dan mengakibatkan perut menjadi buncit.

Cara mengatasinya, kamu harus rajin bergerak atau berolahraga. Karena itu merupakan salah satu cara yang utama untuk membantu menurunkan berat badan.

Agar tubuh menjadi bugar, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk nge-gym hingga berjam-jam. Tapi kamu cukup bergerak aktif menghabiskan waktu mulai 45 menit sehari, misalnya dengan berjalan kaki. Hal ini secara perlahan akan menurunkan berat badanmu.

Selain itu, untuk mengurangi lemak yang menumpuk pada bagian perut akibat kelebihan berat badan, kamu harus mengurangi konsumsi kalori. Ini adalah kunci utamanya.

Perut Buncit Pasca Melahirkan

Tipe perut buncit wanita yang berikutnya yaitu perut buncit setelah melahirkan. Karena, kehamilan akan mengubah tubuh perempuan, khususnya bagian perut.

Bahkan, beberapa waktu setelah melahirkan, perut akan tetap terlihat seperti masih hamil. Mungkin kamu ingin menghilangkannya dengan cepat, namun butuh waktu panjang untuk mengembalikan ke bentuk semula.

Cara mengatasinya, kamu tak perlu terburu-buru menurunkan berat badan karena harus fokus merawat bayi. Yang bisa kamu lakukan adalah tetap menjaga asupan makanan, dan jangan mengonsumsi kalori berlebihan.

Baca Juga : Cara Diet Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Berlebihan

Ketika menyusui, keinginan makan pastinya akan besar, jadi kamu yang memiliki tipe perut buncit seperti ini harus bisa menjaga nafsu makan. Apalagi makanan yang manis dan ingin ngemil.

Perbanyak konsumsi lemak sehat seperti protein, alvokat, kacang-kacangan, dan banyak minum air putih. Pilihlah makanan yang tinggi serat untuk membantu menurunkan berat badan, sekaligus memberi energi dalam merawat bayi kamu.

Hormon Tidak Seimbang

Selanjutnya adalah tipe perut buncit wanita akibat hormon yang tidak seimbang. Hal ini akan menyebabkan perut membuncit sekitar perut bagian bawah, dan melebar ke samping.

Tipe perut buncit seperti itu juga penyebabnya bisa dari kebiasaan kamu mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Cara mengatasinya, kamu harus mengurangi kebiasaan konsumsi makanan dan juga minuman manis. Jangan terlalu banyak asupan karbohidrat seperti nasi, pasta, dan roti.

Perbanyak konsumsi protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, telur, daging tanpa lemak, serta sayuran. Kemudian, rutin berolahraga seperti berjalan kaki, atau olahraga kardio sambil melakukan gerakan yang dapat mengencangkan perut pada bagian bawah.

Perut Buncit Akibat Stres

Untuk tipe perut buncit wanita yang seperti ini, lemak lebih banyak menumpuk sekitar area pusar dan bagian depan. Stres dapat menyebabkan kadar kortisol atau hormon stres meningkat.

Peningkatan kadar hormon tersebut akan berkontribusi terhadap penyimpanan lemak. Keberadaan lemak perut paling sulit dihilangkan.

Selain itu, stres juga bisa menyebabkan turunnya oksidasi lemak, yakni proses yang memungkinkan adanya pembakaran lemak sebagai energi.

Baca Juga : Manfaat Teh Bunga Telang, Turunkan Berat Badan Sampai Tingkatkan Kesuburan

Stres bisa memengaruhi nafsu makan serta metabolisme, dengan demikian kemungkinan kamu akan melewatkan waktu makan dan banyak minum kopi.

Keinginan ngemil juga semakin besar, sehingga kamu menjadi lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau garam yang tinggi.

Cara mengatasinya, kamu harus hindari minum kopi berlebihan. Ketika muncul keinginan untuk ngemil, cepatlah minum air putih. Ini untuk mengetahui apakah kamu benar-benar lapar, atau cuma ingin mengunyah.

Kamu juga harus memiliki cukup waktu tidur dan olahraga. Karena selain bisa meredakan stres, olahraga juga sangat bermanfaat untuk pembakaran kalori dalam tubuh.

Perut Buncit karena Kembung

Ada beberapa alasan untuk tipe perut buncit wanita yang satu ini jika kamu mengalaminya. Seperti alergi makanan, BAB tidak teratur, serta adanya ketidakseimbangan bakteri dalam usus.

Banyak orang yang punya intoleransi laktosa dan alergi gluten, sehingga mereka harus menghindari minuman atau makanan yang mengandung pemicunya.

Cara mengatasinya, kamu harus membiasakan BAB setiap hari, konsumsi makanan kaya serat, seperti halnya sayuran dan buahan. Kemudian, kurangi asupana makanan yang memiliki kandungan karbohidrat olahan maupun gula. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah