Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruTutup Pentil Ban, Jangan Sepelekan Komponen Kecil yang Satu ini

Tutup Pentil Ban, Jangan Sepelekan Komponen Kecil yang Satu ini

Tutup pentil ban memiliki ukuran kecil, namun justru bertanggungjawab besar. Terkadang masih banyak orang yang menyepelekan komponen ini pada kendaraan.

Padahal fungsinya cukup penting agar dapat membuat drat dan sil yang ada pada pentil ban tidak mengeras. Komponen ini pada umumnya terletak pada roda kendaraan.

Komponen kendaraan cukup banyak dan fungsinya juga berlainan. Roda adalah salah satunya yang mampu membuat mobil bergerak.

Baca Juga : Box Motor Terbaik, Sesuaikan Kapasitas dengan Mesin Kendaraan

Ketika ban kendaraan difungsikan, ada komponen kecil yang melengkapinya. Komponen inilah yang dinamakan penutup pentil ban.

Banyak orang yang masih menganggap sepele komponen kecil ini. Karena kecil, komponen ini sering terabaikan ketika hilang. Padahal sebenarnya justru memiliki peranan yang cukup penting. Dalam pentil ban terdapat beberapa komponen kecil.

Komponen tersebut meliputi sil berbahan karet, penonjok, dan per. Lapisan karet tersebut yang berfungsi sebagai penyumbat udara agar air dan debu tidak masuk.

Fungsi Tutup Pentil Ban

Pada umumnya pemilik kendaraan hanya fokus pada komponen yang memiliki pengaruh besar pada kendaraan. Misalnya saja bagian mesin, transmisi, radiator, dan lain sebagainya.

Padahal selain komponen tersebut, masih banyak komponen kecil lainnya. Dengan bentuknya yang kecil terkadang terabaikan, padahal fungsinya juga tidak kalah penting.

Komponen tersebut salah satunya yaitu karet pentil ban. Meski kecil, namun fungsinya cukup besar. Bagi anda yang belum mengetahui komponen yang satu ini, sebaiknya tahu apa fungsinya.

Terbuat dari bahan plastik sehingga mudah getas dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar anda tidak menyepelekan keberadaannya. Fungsi karet pada petil ban meliputi:

Mencegah Udara Keluar dari Ban

Pertama, berfungsi sebagai pencegah udara yang ada dalam ban untuk tidak keluar. Biasanya udara bisa keluar melalui celah kecil katup pentil. Tanpa adanya tutup pentil, ban akan kempes.

Mencegah Debu dan Air Masuk

Fungsi karet pentil ban yang kedua yaitu mencegah masuknya debu, air, dan benda kecil ke dalam pentil. Jika tidak anda tutup, maka kotoran akan mudah masuk ke dalam pentil.

Apalagi jika anda sering berkendara pada kondisi jalan berlumpur dan berair. Debu dan air masuk ke dalam pentil sehingga berujung kerusakan pada bagian katupnya.

Jika hal ini anda biarkan dan terus terjadi, maka berpotensi korosi dan ujung-ujungnya katup bocor. Oleh sebab itu, gunakan tutup pentil untuk mencegah terjadinya masalah tersebut.

Menambah Estetika Eksterior

Membuat kendaraan terlihat lebih kece adalah pilihan semua orang. Hal ini bisa anda tambahkan berbagai aksesoris terbaik. Seperti adanya komponen yang satu ini. Fungsi yang ketiga yaitu menambah estetika eksterior kendaraan.

Baca Juga : CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Ban mobil yang memiliki tutup pentil justru akan terlihat keren. Selain itu, kendaraan juga tampak lebih menarik saat anda lihat.

Hal ini karena tutup pentil merupakan salah satu aksesoris kendaraan yang cukup populer. Tutup pentil juga mampu membuatnya terlihat lebih rapi.

Jenis Tutup Pentil Ban Kendaraan

Selain memiliki fungsi yang vital pada ban kendaraan, kini jenisnya pun beragam. Ada beberapa jenis tutup pentil yang bisa anda pilih.

Jenis yang pertama yaitu dengan bahan plastik. Model dan ketahanannya cukup kurang karena tidak tahan lama. Namun, tutup pentil yang satu ini memiliki bentuk paling sederhana.

Pada pilihan jenis kedua terbuat dari bahan metal. Bagian bodi dari logam, sedangkan bagian dalam terdapat seal karet. Seal karet tersebut berfungsi untuk menyumbat dengan maksimal lubang masuknya udara.

Tidak hanya itu saja, kotoran dan airnya pun bisa terhalang oleh seal karet. Pada jenis yang ketiga tutup pentil ban dengan indikator tekanan air ban.

Jika indikator menyala hijau, menandakan tekanan air normal. Sedangkan jika lampu indikator berwarna kuning, itu pertanda tekanan air berkurang.

Beda lagi jika lampu indikator berwarna merah, menandakan ban dalam kondisi tidak aman untuk anda kendarai. Ada juga jenis tutup pentil dengan fungsi dekoratif.

Komponen ini bertujuan untuk mempercantik desain eksterior mobil. Desain dan modelnya bervariasi, ada yang berbentuk kepala tengkorak, dadu, bola basket, dan masih banyak jenis lainnya.

Tutup pentil ban hadir dengan berbagai jenis dan fungsi yang cukup penting. Dari sekarang sebaiknya perhatikan komponen tersebut yang bisa memberikan kesan menarik pada kendaraan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak
- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img