Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh Pada Transmisi Kendaraan
Ilustrasi umur kampas kopling mobil. Foto : istimewa

Umur kampas kopling mobil, kapan waktunya perlu anda ganti? Bagi pemilik mobil manual masih perlu memperhatikan pergantian kampas kopling.

Sebab, sudah seharusnya dalam perawatan kendaraan jenis yang satu ini kampas kopling memiliki masa sendiri. Oleh karena itu, komponen yang satu ini perlu anda rawat dan ganti ketika sudah tidak layak untuk digunakan.

Sebenarnya semua komponen pada kendaraan perlu anda lakukan perawatan secara rutin. Bahkan ada beberapa komponen yang perlu pergantian ketika usianya sudah lama dan tidak layak pakai.

Baca Juga : Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Sebenarnya kampas kopling mobil tidak memiliki umur penggantian yang pas. Semua bisa terlihat dari kondisi lamanya komponen ini saat berfungsi.

Berdasarkan yang sudah sering terjadi, umur kampas kopling bisa anda perkirakan 4-5 tahun. Namun, jika anda hitung dengan kisaran kilometer menunjukkan angka 80.000-10.000 km.

Asalkan semua umur tersebut dalam catatan penggunaannya baik. Semua tergantung dari kondisi kampas kopling. Agar usia kampas kopling mobil bisa bertahan lama, pasti perlu perawatan yang baik.

Rawat dan gunakan komponen tersebut sebagaimana mestinya. Semua bisa mempengaruhi dari usia kampas kopling.

Umur Kampas Kopling Mobil

Sebagian besar pemilik mobil hanya melakukan perawatan pada bagian mesin, padahal kopling juga butuh perawatan. Semua komponen kendaraan perlu perawatan yang tepat.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

Sebab, fungsi dari setiap komponen kendaraan penting dan saling berkesinambungan. Seperti halnya fungsi kampas kopling pada mobil yang cukup vital.

Komponen ini menjadi jembatan antara mesin dan transmisi. Jika komponen ini bermasalah, tenaga ke transmisi akan berkurang. Sehingga akselerasi dan power pada mobil melemah.

Untuk itu, anda harus memperhatikan usia pemakaian komponen ini. Ketika sudah perlu anda ganti, sebaiknya segera ganti dengan komponen yang baru.

Sebenarnya ada kondisi yang bisa membuat kampas kopling berumur lama. Jika anda tahu, ada beberapa hal agar umur kampas kopling mobil bisa bertahan lama, yaitu:

Penggunaan Normal

Agar kampas kopling dalam kondisi yang baik dan memiliki penggantian yang lama, sebaiknya gunakan dengan sewajarnya. Jangan gunakan komponen tersebut terlalu tergesa-gesa saat melepasnya.

Apalagi ketika RPM tinggi juga bisa merusak komponen tersebut. Gunakan juga pada posisi gigi yang tepat terhadap kondisi kecepatan dan jalan.

Perawatan

Agar umur kampas kopling mobil lebih lama, anda juga perlu lakukan perawatan secara rutin dan tepat. Hal ini bertujuan agar mencegah kopling keras akibat adanya lumpur yang menempel dalam master kopling.

Kondisi Jalan

Ketika kendaraan anda gunakan pada medan jalan yang landai seperti aspal dan beton, maka akan lebih baik. Berbeda ketika kendaraan anda gunakan pada medan jalan yang rusak bahkan menanjak, tentunya kampas kopling akan sangat berperan.

Muatan

Kendaraan roda empat memang banyak untuk mengangkut beban. Sebaiknya bawa barang atau muatan yang sesuai agar kendaraan tidak merasa berat.

Jangan sampai beban melebihi batas maksimal yang dianjurkan oleh pihak pabrik pembuatan. Sehingga akan cukup boros pada penggunaan kampas kopling.

Jika komponen tersebut anda gunakan melebihi beberapa hal tersebut, tentunya umur kampas kopling mobil memiliki jangka waktu penggunaan yang pendek.

Sebenarnya mengetahui kondisi komponen tersebut bisa tahu kapan harus menggantinya. Ada beberapa gejala yang timbul ketika kampas kopling bermasalah.

Jangan gunakan patokan kilometer atau periode waktunya saat ingin mengganti komponen tersebut. Sebaiknya ganti kampas kopling ketika kondisinya sudah menipis.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda rasakan ketika kampas kopling mobil akan mulai habis. Ada ciri-ciri yang bisa anda ketahui, antara lain menurunnya kecepatan akselerasinya.

Putaran RPM menjadi lebih tinggi ketika dalam keadaan normal. Kendaraan akan sulit dalam kondisi menanjak, tercium bau gosong, dan saat pindah transmisi gigi terasa keras.

Selain itu, jarak injak pedal kopling terasa lebih pendek ketika kampas kopling perlu anda ganti. Hal ini karena komponen pada mobil ini sudah menipis.

Jika anda tahu ciri-cirinya perlu penggantian, tentunya akan lebih berhati-hati ketika berkendara. Jika tidak, mungkin sewaktu-waktu bisa timbul masalah saat perjalanan.

Umur kampas kopling mobil berpengaruh pada anda saat mengemudi. Sebaiknya tahu bagaimana kondisi komponen tersebut sehingga penggantiannya tepat waktu. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Noken As Mobil Memiliki Fungsi yang Penting Bagi Kendaraan