Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Laku dan Menjanjikan

usaha untuk ibu rumah tangga
Jenis usaha untuk ibu rumah tangga. Foto: Ist/Net

Usaha untuk ibu rumah tangga ada banyak pilihannya. Dari yang bermodal kecil, mudah menjalankannya, hingga yang target pasarnya juga kaum perempuan. Usaha untuk ibu ini juga menjanjikan untuk menambah pemasukan keluarga.

Peluang usaha sebenarnya sangat banyak. Bahkan tak sedikit ide bisnis muncul dari lingkungan sekitar. Namun karena kita yang kurang peka dan kurang berminat sehingga banyak peluang yang lewat begitu saja.

Menggali ide bisnis yang menjanjikan juga bisa Anda lakukan dengan mengatasi tren yang ada. Baik perkembangan yang ada pada lingkungan rumah atau pergaulan Anda, maupun tren melalui internet atau media sosial.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner, dari Soal Rasa, Konsep Hingga Pemasaran

Untuk kaum ibu yang mungkin memiliki banyak waktu luang, sebenarnya ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan. Utamanya Anda yang memiliki akun sosial media seperti Facebook atau Instagram kenapa tidak Anda manfaatkan untuk berjualan.

Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Untuk Anda para ibu yang ingin mengisi aktivitasnya dengan usaha, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda jalankan. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Usaha Konveksi dan Busana

Masalah fashion lekat dengan dunia perempuan. Apalagi perkembangan busana yang demikian cepat sehingga banyak wanita yang senang berbelanja produk busana. Kebutuhan wanita terhadap produk fashion sangat besar.

Bisnis dengan memproduksi ataupun berjualan busana tak ada matinya. Apalagi segmentasi bisnis jenis produk ini sangat luas. Anda bisa memilih produk fashion wanita, anak-anak, atau pria.

Yang menarik, belakangan produk busana untuk kaum muslim juga berkembang dengan sangat pesat. Busana hijab beserta berbagai asesoris dan kelengkapannya selalu menjadi buruan wanita muslimah.

Namun agar usaha untuk ibu rumah tangga ini lebih fokus dan memiliki keunggulan sebaiknya Anda memilih segmen pasar tertentu. Apakah ingin usaha produk busana muslimah saja, busana anak-anak, atau yang lainnya.

Jika Anda tidak memiliki modal cukup, Anda bisa memilih menjadi reseller ataupun sistim dropship. Ada banyak produsen yang sering menawarkan kerja sama untuk berjualan busana.

Bisnis Produk Kecantikan dan Kesehatan

Satu lagi produk yang identik dengan dunia perempuan, yaitu usaha berbagai alat kecantikan dan kesehatan. Ini juga sangat cocok sebagai usaha untuk ibu rumah tangga dalam menambah pendapatan keluarga.

Baca Juga: Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Tak Pernah Sepi Peminat

Produk ini termasuk tinggi permintaannya dan sangat menjanjikan. Bisnis ini tak hanya dengan menjual alat make up, pemoles bibir, atau maskara saja. Anda juga bisa menawarkan sabun pemutih wajah, masker perawatan kulit, dan lainnya.

Begitu juga untuk produk kesehatan, berjualan berbagai obat herbal sangat menguntungkan. Apalagi saat ini kesadaran untuk kembali ke alam semakin tinggi sehingga herbal menjadi produk yang selalu laris dan besar peminatnya.

Untuk berjualannya Anda bisa memanfaatkan akun medsos yang Anda miliki. Ketimbang sekedar update status yang tidak jelas, kenapa tidak Anda manfaatkan saja medsos untuk menjalankan bisnis jualan Anda?

Untuk mendapatkan produk kecantikan maupun kesehatan Anda bisa cari produsen atau distribitornya yang cukup banyak melalui internet. Tawarkan kerja sama sistim dropship yang tidak membutuhkan modal untuk usaha.

Bisnis Kerajinan Tangan

Satu lagi usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan adalah bisnis kerajinan tangan. Produk ini tak hanya unik dan kreatif namun juga memiliki pangsa pasar yang luas.

Selain itu kerajinan tangan tak hanya menyangkut produk konvensional, seperti kerajinan kertas daur ulang, anyaman bambu, atau rotan. Ada banyak sekali kreasi yang bisa Anda buat menjadi produk unik yang menarik.

Baca Juga: Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Anda juga bisa membuat produk kerajinan dengan segmen perempuan, seperti sandal lukis, tas batik wanita, busana perca, asesoris pengantin, dan lainnya. Kerajinan yang fungsional akan lebih menarik minat konsumen ketimbang yang mengutamakan seni saja.

Keunggulan usaha kerajinan tangan adalah pemesanannya yang bisa sangat besar. Seperti cinderamata pengantin yang umumnya pemesanan minimal mencapai 1000 buah. Bahkan jika lebih kreatif, Anda juga bisa menembus pasar ekspor.

Itulah beberapa ide peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Selain menyasar segmen perempuan yang memang besar pasarnya, beberapa pilihan bisnis ini juga mampu memberikan keuntungan yang tidak kecil. (R11/HR-Online)