USB HP Tidak Terbaca, Simak Cara Mudah untuk Mengatasinya!

USB HP Tidak Terbaca
Ilustrasi USB HP Tidak Terbaca. Foto: Istimewa

USB HP tidak terbaca adalah salah satu masalah yang kerap mengganggu pengguna HP. Pada era-era seperti sekarang ini, HP memang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja.

Kemudahan proses transfer file masa kini membuat HP kerap pengguna manfaatkan sebagai alat bantu penyimpanan file-file penting. Terlebih lagi sifatnya HP yang terbilang lebih mudah kita bawa dan kita gunakan. Tentu saja membuat penyimpanan file-file dalam HP semakin banyak digandrungi.

USB HP Tidak Terbaca, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak hanya piawai dalam penyimpanan saja, bahkan HP canggih masa kini juga sudah support untuk kegiatan mengedit file tersebut. Yang kemudian menjadi masalah adalah jika file harus kita pindah ke dalam HP.

Baca Juga : Konektor Baterai HP Patah, Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya

Sudah pasti untuk pembagian filenya membutuhkan alat bantu yang bernama kabel USB. Namun bagaimana jadinya jika USB tidak terbaca saat akan melakukan transfer file? Berikut ulasan lengkap cara mengatasinya khusus untuk anda.

Cek Kondisi Kabel USB

Sebelum berspekulasi tentang masalah serius dari USB yang tidak dapat kita gunakan, pastinya perlu dilakukan pengecekan keadaan secara fisik terlebih dahulu. Pasalnya, kondisi fisik merupakan masalah yang paling awal terjadi pada USB.

Penggunaan yang terlalu sering atau kurang hati-hati tentunya dapat membuat port USB atau kabel USB rusak secara fisik. Untuk melakukan pengecekan kondisi fisik ini, tentu tidak sulit untuk anda lakukan.

  1. Pasang kabel USB dengan HP
  2. Sambungkan pada laptop atau PC yang anda gunakan
  3. Tunggu hingga keluar notifikasi dari ponsel anda
  4. Tidak adanya notifikasi yang keluar menandakan permasalahan USB HP tidak terbaca adalah dari faktor kabelnya
  5. Untuk mengatasinya, lebih baik beli kabel USB yang baru karena memperbaikinya hanya akan menambah biaya yang tidak efisien.

Cek Kondisi Perkakas Penyimpanan pada Laptop atau PC

Selain kondisi kabel USB itu sendiri, masalah yang kerap juga menjadi penyebab adalah dari segi laptop atau PC yang anda gunakan. Pada dasarnya, kerusakan pada PC atau laptop juga besar kemungkinan disebabkan oleh penggunaan secara fisik yang tidak sesuai.

Baca Juga : Menghilangkan Baret HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Selain itu, permasalahan dari sektor virus juga dapat menyerang bagian memori laptop atau PC. Kondisi tersebut pastinya bakal mengganggu sektor penyimpanan, termasuk dengan sektor pembagian file dengan USB.

Cara  pengecekan kondisi laptop jika USB HP tidak terbaca, antara lain sebagai berikut.

  1. Dengan tetap membiarkan HP terpasang pada USB laptop, masuk ke menu “Device Manager” pada PC atau laptop. Menu ini terletak pada bagian menu “Control Panel” > “System”
  2. Selanjutnya pilih menu “Universal Serial Bus Controllers”
  3. Baca betul-betul apakah HP anda sudah terdaftar dalam list yang ditampilkan menu tersebut atau belum
  4. Jika belum, maka cabut kembali colokan USB HP kemudian pasanglah kembali
  5. Andai tetap tidak ada perubahan, berarti kondisi port laptop anda yang mengalami kerusakan. Tentunya anda perlu menghubungi reparasi langganan anda untuk mengatasi hal tersebut

Ganti Mode Transfer File

Hal ini sebenarnya cukup mendasar, namun justru tidak diindahkan oleh para pengguna HP. Pada dasarnya, salah satu penyebab USB HP tidak terbaca berasal dari settingan dasar ini.

Ada beberapa laptop atau PC yang memang mempunyai kepekaan tinggi yang hanya akan membaca USB jika dalam mode yang bernama MTP atau Transfer File. Untuk itu, jangan lupa untuk mengganti ke mode ini saat mencolokkan ponsel ke laptop, caranya sebagai berikut:

  1. Colokan USB ke HP dan juga laptop atau PC yang akan anda gunakan
  2. Lihat layar HP anda, biasanya akan muncul pilihan “Charging”, “Transfer File (MTP)” atau “Transfer Photo (PTP)”,
  3. Pilih mode “Transfer File” atau “MTP”

Unduh USB Drivers Compatible

Jika ketiga cara tersebut, masih belum dapat menyelesaikan masalah USB HP tidak terbaca, cara berikut dapat anda lakukan dan tentunya paling ampuh.

Baca Juga : Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Perlu kita ketahui, pemasangan USB drivers compatible ini sama halnya menambahkan aplikasi baru pada ponsel anda. Jadi, pastikan ponsel terkoneksi internet untuk mendukung proses pengunduhan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Search pada laman pencarian anda “USB Drivers Compatible”
  2. Pastikan mengunduh yang memang khusus untuk merek ponsel anda
  3. Lakukan proses pengunduhan dan penginstalan
  4. USB Drivers Compatible siap anda gunakan dan USB HP tidak terbaca dapat teratasi dengan baik. (R10/HR-Online)