Wabup Yana Tegaskan Pemda Ciamis Siap Diperiksa BPK Terkait Anggaran Covid-19

BPK anggaran Covid-19
Wakil Bupati Ciamis, Yana D PUtrsa aat mengikuti Meeting bersama BPK Perwakilan Jawa Barat. Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menegaskan kesiapan Pemda Ciamis untuk pemeriksaan anggaran pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang akan dilakukan oleh BPK.

Hal itu dikatakan Yana saat mengikuti Meeting Pemeriksan Kinerja dan Kepatuhan Pemda dan Instansi atas Penanganan Covid-19 Tahun 2020. Meeting digelar melalui video Conference. Wabup Yana mengikutinya di Ruang Vidcon Setda Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Meeting yang diselenggarakn oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat merupakan tindak lanjut atas pemeriksaan sebelumnya.

Saat ini laporan pemeriksaan kinerja dan kepatuhan Pemda sudah pada tahap ketiga. Sebelumnya dilakukan laporan pengumpulan data informasi dan laporan hasil pendahuluan kepatuhan kinerja.

Selanjutnya laporan pemeriksaan terinci kepatuhan dan kinerja terkait penanganan Covid-19 dimulai tanggal 14 Oktober. Pemeriksaan akan berakhir pada 24 November 2020.

Meeting yang digelar oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat diikuti 3 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, dan Kota Depok.

Tujuan BPK Periksa Anggaran Covid-19 di Daerah

Arman Syifa, Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat, mengungkapkan, pemeriksaan serentak dilakukan pada seluruh instansi di Jawa Barat.

Tujuan pemeriksaan tersebut, kata kepala BPK Jawa Barat ini, merupakan penilaian dari segi efektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kepatuhan secara terperinci terkait pengelolaan dan tanggung jawab anggaran dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, lanjut Arman, ada empat sasaran dalam pemeriksaan kepatuhan. Keempat sasaran tersebut adalah refocusing dan relokasi APBD, penanganan bidang kesehatan, bidang sosial, dan penanganan dampak ekonomi.

Wabup Yana sendiri menyambut baik kegiatan pemeriksaan tersebut. Ia menyebut akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan baik.

“Kami siap untuk kooperatif dalam pemeriksaan terinci kepatuhan dan kinerja. Kami juga akan mempersiapkan dengan sebaik-sebaiknya,” kata Yana.

Terkait Covid-19 di Kabupaten Ciamis sendiri, Yana menyebut saat ini total kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 165 orang. Ini berarti kasus konfirmasi Covid-19 terus bertambah setiap hari di Kabupaten Ciamis.  

“Dari 165 orang tersebut, sebanyak 110 orang sembuh, 44 orang sedang menjalani isolasi mandiri, 3 masih dirawat di Rumah Sakit, dan 8 orang lainnya meninggal dunia,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksaan tes PCR saat ini sudah mencapai 12.584 tes dari total keseluruhan penduduk Kabupaten Ciamis yang mencapai 1,4 juta. Ini berarti tes PCR sudah mendekati 1 persen dari jumlah total penduduk Ciamis. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu