Warga Indragiri Ciamis Minta PJU Dipasang di Setiap Titik Rawan

Warga Indragiri Ciamis Minta PJU Dipasang di Setiap Titik Rawan
Salah satu titik lokasi yang diharapkan warga dipasangi fasilitas PJU. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Warga Dusun Jotang, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas terkait segera memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Mereka berharap, fasilitas lampu PJU tersebut dipasang di setiap persimpangan jalan atau titik rawan. Pasalnya, saat malam hari kondisi persimpangan jalan sangat gelap, sehingga membahayakan warga yang lewat.

Asep Muslih, tokoh masyarakat setempat, Selasa (13/10/2020), mengatakan,  Desa Indragiri merupakan wilayah yang berbukit dan tergolong ekstrim. Sebab, selain banyak tanjakan dan tikungan tajam, juga ada tebing dan jurang.

Menurut dia, ketiadaan lampu penerangan jalan tentunya dapat membahayakan para pengguna jalan. Ia khawatir kondisi ini menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Untuk itu, Asep berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas terkait dapat memasang lampu PJU di setiap titik yang diangap rawan kecelakaan maupun kejahatan.

Yayat, warga lainnya, menambahkan, lampu PJU merupakan kebutuhan bagi warga yang sering lewat pada malam hari. Dengan begitu, warga akan merasa nyaman dan aman bila melintas di malam hari.

“Meski selama ini jarang terjadi tindakan kejahatan (kriminalitas), sebagai langkah untuk mengantisipasinya, perlu ada fasilitas PJU,” katanya.

Dengan adanya lampu PJU di setiap titik lokasi rawan, kata Yayat, dengan sendirinya bisa mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran masyarakat. Terlebih, jalan atau lingkungan Dusun Jotang RT 10 RW 08, tidak hanya sebagai akses jalan penghubung antar dusun.

“Akan tetapi merupakan akses penghubung antar desa dan penghubung antar kecamatan,” katanya. (dji/Koran HR)