Warga Langkaplancar Minta Pemkab Pangandaran Turunkan Alat Berat

Warga Langkaplancar Minta Pemkab Pangandaran Turunkan Alat Berat
Material longsor yang masuk ke badan jalan. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Longsor yang menimpa badan Jalan Bojongkondang-Gunung Singkup, Langkaplancar, sampai saat ini material tanahnya masih menumpuk sekitar jalan dan membahayakan pengendara yang melintas.

Budi, salah satu warga, jalan penghubung antara Langkaplancar Pangandaran dan Cineam Tasikmalaya ini meski sudah bisa dilewati, namun material tanah yang ada sangat rawan kecelakaan.

“Apalagi sekarang hujan terus, sehingga banyak tanah yang masuk ke badan jalan,” katanya kepada Koran HR, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, karena kondisi tanahnya yang labil membuat pihak terkait agar bisa menurunkan alat berat supaya tidak lagi mengganggu pengguna jalan.

Jika pun tidak ada, ia berharap agar pemerintah melibatkan masyarakat untuk bergotong royong memindahkan tanah tersebut.

Agar tidak selalu longsor, sebaiknya pada bagian tebing terdapat tembok penahan tanah atau TPT.

“Harusnya ada TPT agar tidak lagi terjadi longsor yang tentunya sangat menghambat lalu litas. Apalagi sekitar area tersebut ada wisata alam Susukan Jero, jadi pengendara bisa lebih aman ketika akan ke sana,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)