Wiper Kaca Mobil, Berfungsi Mengusap Noda dan Air Hujan

Wiper Kaca Mobil, Berfungsi Mengusap Noda dan Air Hujan
Ilustrasi wiper kaca mobil. Foto: istimewa

Wiper kaca mobil adalah salah satu komponen pelengkap kendaraan yang memiliki fungsi cukup penting. Sistem wiper hanya terdapat dalam tipe mobil tertentu pada bagian kaca depan maupun belakang.

Semua komponen yang ada pada kendaraan pastinya memiliki peranan masing-masing. Sebaiknya anda cari tahu apa saja komponen pada mobil agar bisa memanfaatkan fungsinya dengan tepat.

Selain itu, ketika terjadi kerusakan anda akan lebih mudah memperbaiki atau menggantinya. Kaca mobil merupakan komponen kendaraan yang langsung bertatapan dengan pengemudi.

Jika kaca kotor dan banyak debu yang menempel, pastinya akan mengganggu pandangan saat mengemudi. Maka dari itu, wiper terpasang untuk menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga : Idling Stop System, Mampu Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar

Wiper kaca mobil merupakan piranti penting yang berfungsi untuk membersihkan dari kotoran dan hujan. Dengan kondisi kaca yang bersih, akan membantu jarak pandang pengemudi.

Komponen pada kaca ini biasanya terpasang pada bagian depan dan belakang dengan fungsi yang sama. Jika tidak memiliki wiper, maka saat kondisi hujan akan menghalangi pandangan pengemudi.

Hal ini karena air hujan yang mengembun akan membuat kaca tidak terlihat bersih. Pandangan yang terhalang akan membahayakan, bahkan bisa terjadi kecelakaan dalam berkendara.

Komponen Wiper Kaca Mobil dan Fungsinya

Kaca mobil jika tidak sering anda rawat, justru mempengaruhi kinerjanya. Apalagi beberapa kendaraan saat ini sudah memiliki kelengkapan wiper yang membantu membuat kaca menjadi lebih bersih.

Jika kaca dalam kondisi kotor dan tidak terawat, pandangan pengemudi pun bisa terganggu. Wiper tersebut memiliki fungsi yang cukup penting dalam jarak pandang ketika berkendara.

Wiper berfungsi untuk membersihkan kotoran, debu, minyak, dan air hujan. Fungsi tersebut cukup mempengaruhi bagi keselamatan.

Oleh sebab itu, piranti ini wajib ada pada semua kendaraan roda empat. Untuk mengusap kotoran atau hujan, pada kaca mobil juga memiliki kelengkapan komponen.

Blade dengan bahan karet merupakan komponen yang mampu mengusap dan menyapu air hujan pada kaca kendaraan. Sebenarnya pada wiper juga terdapat berbagai komponen pendukung lainnya yang ikut ambil bagian dalam kerjanya.

Sehingga kinerja piranti ini bisa berfungsi dengan maksimal. Berikut ini ada beberapa komponen wiper beserta fungsinya.

Wiper Switch

Komponen pertama yang bisa anda ketahui dari komponen ini yaitu wiper switch. Komponen ini juga biasa dengan sebutan sebagai saklar wiper kaca mobil untuk mengaktifkan dan mematikan pembersih kaca tersebut.

Biasanya saklar ini terletak menjadi satu dengan saklar kombinasi pada mobil. Namun, memiliki fungsi untuk komponen yang berbeda.

Motor Wiper

Komponen selanjutnya yaitu motor wiper. Fungsi komponen ini yaitu sebagai penggerak motor magnet dengan gigi reduksi. Pada bagian ini terdapat dua tipe yang bisa menimbulkan medan magnet pada motor.

Baca Juga : Power Window Macet, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tipe tersebut yaitu wound rotor dengan lilin coil untuk menghasilkan elektromagnet. Sedangkan tipe kedua yaitu tipe ferrite magnet yang menggunakan magnet permanen.

Pada umumnya tipe yang sering terlihat pada mobil keluaran terbaru yaitu tipe ferrite magnet. Sebab, tipe ini memiliki ukuran kecil sehingga beratnya lebih ringan dengan menggunakan motor DC.

Pada komponen ketiga wiper kaca mobil yaitu wiper link. Tuas wiper ini berfungsi sebagai perubah gerak putaran dari motor wiper menjadi gerak bolak-balik kanan kiri.

Pada bagian wiper depan menggunakan dua blade dengan sistem penggerak pararel tandem. Saat wiper nyala, maka motor wiper memutar crank arm sehingga batang penghubung akan tarik dorong.

Sehingga wiper akan bergerak setengah lingkaran mengelilingi poros pivot. Batang penghubung yang terdapat pada kedua arm wiper akan membuat blade bekerja bersamaan.

Wiper Arm

Lengan wiper adalah salah satu komponen yang ada pada wiper kaca mobil. Fungsi dari komponen yang satu ini yaitu mengikat wiper arm dengan wiper shaft.

Pegasnya berfungsi untuk menahan blade. Sedangkan arm piece juga bisa bermanfaat untuk pemasangan blade serta menahan keseluruhannya.

Ketika piranti ini tidak beroperasi, maka dapat mengganggu pandangan saat berkendara. Maka dari itu, dengan adanya concealed wiper dapat anda gunakan untuk tempat penyimpanan.

Itulah beberapa komponen wiper kaca mobil dan fungsinya. Piranti ini wajib ada pada kendaraan untuk membantu membuat jarak pandang lebih jelas. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata